Aqiqah Jogja

Aqiqah Jogja – Ayah dan Bunda yang di muliakan Allah di manapun berada, taukah kita? Bahwa Allah subhanahu wa ta’ala yang maha pemurah telah memberikan kelapangan kepada kaum muslimin dengan menjadikan “mudah” urusan dalam agama. Dikisahkan dalam Al-Qur’an yang kemudian di rincikan oleh lisan Nabi Muhammad sallallahu’alaihi wa salam, bahwa sebelum menjadi 5 waktu, sebenarnya Allah yang maha tinggi sempat memberikan perintah sholat 50 waktu dalam sehari semalam, sebelum akhirnya atas nasihat Nabiullah Musa alaihisalam, baginda Nabi Muhammad sallallahu’alaihi wa salam akhirnya meminta keringanan kepada Rabbul alamin Allah azza wa jalla menjadi 5 waktu sholat.

Bisa di bayangkan jika sampai hari ini perintah tersebut di tetapkan oleh Allah

Menghidupkan Sunnah Nabi di masa fitnah.

Tahun-tahun berlalu, menit demi menit  tak terasa sudah habis di nikmati. adakah dari kaum muslimin yang tidak pilu melihat keadaan ini? Sunnah Nabi di kebumikan oleh orang-orang Islam sendiri,orang-orang telah jauh daripada perintah Agama. Hanya kepada Allah lah tempat peraduan. Wahai saudara/i kaum muslimin,maukah mengambil sebuah jalan,yang apabila jalan tersebut di tempuh,maka tidak akan ada kesengsaraan selama-lamanya. Jalan tersebut ialah jalan yang di tempuh oleh para Nabi dan para Rasul. Allah menyebutnya dengan ‘Shirathal Mustaqim’ dalam surah Al-Fatihah,yang berarti jalan (yang) lurus.

Adapun jalan yang di tempuh para Nabi dan Rasul tersebut,tidaklah menarik kecuali bagi orang-orang yang hatinya terpaut kepada Allah. Jalan tersebut bukanlah jalan yang penuh dengan kesenangan seperti jalannya orang-orang fasik. Jalan tersebut adalah sebaik-baik sebuah jalan. Panjangnya adalah sejauh mata memandang. Lebar jalannya adalah seluas langit yang membentang. Tidak terdapat kegelapan disana,bahkan sebesar dzarrah sekalipun.

Di sepanjang jalan tersebut,terdapat kalimat-kalimat bertuliskan tinta yang terbuat dari emas. Setiap hurufnya setara dengan 10 kali lipat dunia dan seisinya,bahkan 100 kali lebih baik. Setiap Nabi dan Rasul telah membawa bagian mereka masing-masing dari tulisan tersebut. Salah satunya ialah Muhammad Rasulullah,ia telah mewarisi bagian yang paling sempurna dari tulisan-tulisan itu.

Kalimat tersebut berisi perintah untuk menyembelih hewan Qurban. Dalam Islam,hewan Qurban di sembelih pada dua hari yang besar. Yakni pada 1 hari di bulan haram,yaitu Idul Adha dan pada hari ke-7 kelahiran yang di kenal dengan Ibadah Aqiqah. Nah,pada kesempatan yang mulia ini,kami dari Aqiqah Jogja Al-Kautsar ingin menyampaikan informasi seputar Ibadah Aqiqah. Yakni terkait pelaksanaan,tata cara,dan waktu pelaksanaannya.

Hukum melaksanakan Ibadah Aqiqah

Seperti Ibadah-Ibadah lainnya,Aqiqah juga memiliki hukum. Hukum Aqiqah adalah Sunnah muakkadah menurut jumhur Ulama. Selain salah satu bagian dari Sunnah Nabi yang wajib kita imani pelaksanaannya,Ibadah Aqiqah ini memiliki beberapa manfaat yang dapat mendatangkan kebaikan. Di antaranya,Aqiqah dapat menyelamatkan Bayi dari gangguan syaitan. Aqiqah juga sebagai penebus jiwa Bayi yang tergadai,sehingga apabila sang Bayi meninggal dunia sebelum memasuki usia baligh,insya Allah bayi tersebut dapat memberi syafaat bagi kedua Orang Tuanya pada hari Kiamat kelak.

“Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, maka Allah bertanya kepada malaikat, ‘Apakah kalian mencabut nyawa anak hamba-Ku?‘ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apakah kalian mencabut nyawa buah hatinya?‘ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apa yang diucapkan hamba-Ku?‘ Malaikat menjawab, ‘Dia memuji-Mu dan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raajiun‘. Kemudian Allah berfirman, ‘Bangunkan untuk hamba-Ku satu rumah di surga. Beri nama rumah itu dengan Baitul Hamdi (rumah pujian)‘.”

(HR. Tirmidzi 1037, Ibu Hibban 2948 dihasankan al-Albani)

Ketika mendengar hukum Sunnah pada sebuah Ibadah,apa yang  kira-kira terbayang dalam fikiran anda?Mungkin sebagian dari kita,ada yang memiliki pandangan bahwa “meninggalkannya tidak berdosa“. Memang demikian asal dari hukum tersebut. Hanya saja,tidak-kah pandangan ini membuat kedudukan Ibadah tertentu menjadi di anggap remeh? Sesungguhnya janganlah demikian,hal tersebut walau di bolehkan,namun menjadi lemahnya mental seorang mukmin.

Setiap Muslim bertanggung jawab atas syahadah-nya. Dimana ada ikrar “La ilaha ilallah, Muhammad Rasulullah”. Maka setiap orang yang mengucapkan syahadah,berarti ia telah mererelakan hidupnya bernaung di bawah hukum Allah dan Rasul-Nya. Sudah sewajarnya pula setiap muslim hidup dalam keyakinan tersebut.

Aqiqah adalah bentuk rasa syukur

Di beberapa Suku dan Agama,terdapat beberapa ritual peribadatan dalam rangka memperingati peristiwa tertentu. Ritual atau Ibadah pada setiap Agama dan Suku tentu berbeda-beda pula bentuknya. Ritual ini biasanya di lakukan di hari-hari yang memiliki nilai sakral bagi mereka. Misalnya saja penyembelihan hewan ternak pada acara ‘Marbinda’ yang di miliki oleh suku Batak Toba,Sumatera Utara. Marbinda ini di lakukan sebagai simbol perekatan hubungan silaturahmi di antara sesama suku batak,khususnya yang ada di daerah Toba. Berbagai macam hewan ternak seperti Sapi dan Domba di sembelih pada acara Marbinda tersebut. Mirip dengan pelaksanaan hari raya Idul Adha yang di lakukan kaum Muslimin setiap tahunnya.

Telah umum diketahui oleh seluruh orang di dunia ini,bahwa dalam agama Islam,ada banyak sekali ritual-ritual Ibadah yang di lakukan

Fasilitas dan Layanan Persalinan di RSKIA Bhakti Ibu Jogja

Fasilitas dan Layanan Persalinan di RSKIA Bhakti Ibu Jogja

Fasilitas Kesehatan – Halo Ayah dan Bunda, bagaimana kabarnya? semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT, aamiin. Pada kesempatan ini kita akan membahas rekomendasi rumah sakit dengan layanan bersalin di Jogja yaitu RSKIA Bhakti Ibu Jogja.

Kehadiran buah hati adalah waktu yang sangat Ayah dan Bunda nantikan sebagai orang tua. Setelah lama mengandung dan menunggu selama 9 bulan lamanya, akan sangat lengkap kebahagiaan sebagai orang tua ketika si kecil hadir. Maka dari itu sebagai orang tua, Ayah/Bunda harus menyiapkan yang terbaik untuk menyambut kelahiran sang buah hati.

Dari sekian banyaknya persiapan, hal pertama yang perlu Ayah dan Bunda pikirkan adalah rumah sakit tempat Bunda nantinya akan melakukan proses melahirkan. Memilih rumah sakit bersalin jangan sampai disepelekan lho Ayah/Bunda. Sebab ketepatan bunda memilih sebuah rumah sakit sangat mempengaruhi kenyamanan dan kelancaran selama proses bersalin.

Nah, bagi Ayah/Bunda yang berada di daerah Jogja, kami punya rekomendasi rumah sakit yang terpercaya sebagai tempat bersalin, yaitu RSKIA Bhakti Ibu Jogja.

A. Sekilas Tentang RSKIA Bhakti Ibu

RSKIA Bhakti Ibu JogjaRumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Bhakti Ibu berawal dari rumah tinggal yang dipakai untuk  praktek dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Pada awalnya rumah praktek ini hanya terdiri dari satu ruang periksa. Seiring berjalannya waktu rumah tersebut menjadi sebuah klinik, sehingga mampu melayani rawat inap. Klinik tersebut kemudian dinamakan klinik bersalin Bhakti Ibu. Semakin lama klinik ini dikenal masyarakat Yogyakarta secara luas dan mempercayai pelayanan kesehatan yang disediakan.

Pelayanan kesehatan klinik ini berfokus kepada pelayanan terkait kebidanan dan kandungan. Pelayanannya seperti konsultasi ibu hamil, melahirkan hingga konsultasi penyakit yang berhubungan dengan kehamilan dan kandungan.

Berkat banyaknya kepercayaan dari masyarakat, klinik bersalin Bhakti Ibu perlahan-lahan menambah fasilitas layanan, sarana prasarana kesehatan dan juga menambah karyawan baik medis dan non medis. Berawal dari situ klinik ini mengajukan ijin untuk menjadi Rumah Sakit Bersalin. Pengajuan bentuk klinik ke rumah sakit tersebut bertujuan agar dapat lebih melayani secara maksimal untuk para pasien yang berkunjung.

Setelah berubah status menjadi rumah sakit, RSK Bhakti Ibu mampu melakukan tindakan operasi yang berhubungannya dengan penyakit kandungan. Dan pada waktu itu RSK Bhakti Ibu merupakan salah satu rumah sakit terpercaya dengan dukungan tenaga medis dan non medis yang profesional. Kepercayaan tersebut membuat RSK Bhakti Ibu meningkatkan status menjadi Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Bhakti Ibu. Dengan begitu pelayanan semakin meluas dan dapat melayani masalah kebidanan dan kandungan hingga melayani poli anak dan rawat inap anak.

B. Fasilitas Umum Kesehatan Ibu dan Anak

  • Pelayanan Medis

Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak “Bhakti Ibu” selalu memberikan kemudahan bagi para ibu beserta keluarganya. Hal tersebut terbukti dari adanya fasilitas antar jemput baik dengan menggunakan kendaraan ambulans atau dengan kendaraan biasa. Selain itu, ada juga kemudahan pembayaran dengan menggunakan transfer rekening atau credit card. Hal Sehingga para ibu akan lebih mudah dan bisa segera memeriksakan kesehatannya begitu merasakan ada keluhan.

  • Layanan Rawat Jalan dan Rawat Inap

Pelayanan rawat jalan yang tersedia di poliklinik Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak ”Bhakti Ibu”. Pelayanannya terdiri dari layanan klinik KB, Klinik Kebidanan, Klinik Penyakit Kandungan, Layanan Konsultasi Ingin Anak, hingga Senam Hamil. Sedangkan untuk layanan rawat inap, Rumah Sakit ini memiliki layanan Persalinan, Operasi Kecil, Operasi Sedang, Operasi Besar, Hingga Operasi Khusus.

  • Layanan Klinik Kebidanan

RSKIA Bhakti Ibu JogjaPemeriksaan kehamilan yang secara teratur bisa bunda lakukan di RSKIA Bhakti Ibu. Mulai dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan. Pemeriksaan tersebut sangat membantu bagi para Bunda untuk mengetahui kebutuhan gizi, menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin yang dikandung, serta pertumbuhan janin di dalam kandungannya. Sebab dengan pemeriksaan teratur dokter dapat melakukan tindakan medis yang tepat ketika terdapat kelainan yang berhubungan dengan kesehatan ibu atau janin yang dikandung. 

C. Fasilitas Layanan Spesial Ibu dan Anak

  • Layanan Klinik KB

Klinik KB RSKIA Bhakti Ibu dapat membantu pasangan suami istri yang menjadi calon peserta KB untuk menentukan keputusan. Dokter spesialis akan memberikan layanan konseling, mengedukasi mengenai metode alat kontrasepsi, bagaimana kelebihan dan kekurangannya, serta dapat melakukan tindakan medis untuk pemasangan alat kontrasepsi. Selain itu, bagi PASUTRI peserta/akseptor KB, juga akan mendapatkan layanan konsultasi, pemeriksaan rutin hingga penanganan medis sehubungan dengan keluhan-keluhan yang ada.

  • Layanan Klinik Penyakit Kandungan

Biasanya para bunda yang berusia di atas 30 tahun memiliki resiko tinggi terhadap tumor atau kanker leher rahim dan payudara, karena itu sebisa mungkin memeriksakan kesehatan kandungannya paling sedikit 1 (satu) kali dalam setahun. Pemeriksaan kandungan tidak hanya penting bagi kesehatan ibu tapi juga penting bagi kesehatan bayi dalam kandungan baik yang berasal dari infeksi ataupun adanya kelainan.

Pemeriksaan oleh ahli kebidanan & penyakit kandungan di klinik penyakit Kandungan Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak “Bhakti Ibu” dapat mengetahui sejak dini adanya berbagai penyakit kandungan yang mungkin pasien derita, sehingga tindakan medis dapat segera dilakukan. Dokter ahli juga menganjurkan para ibu agar dapat melakukan pencegahan ataupun mengetahui lebih dini adanya gejala tumor dan kanker dengan langkah – langkah yang dapat bunda lakukan sendiri.

  • Layanan Konsultasi Ingin Anak

RSKIA Bhakti Ibu JogjaTuhan belum mengaruniai kehamilan bukan untuk menghukum umatnya, melainkan supaya untuk beriman, bersabar, dan berusaha. Hikmahnya ilmu kedokteran telah berkembang maju sehingga dapat membantu kehamilan melalui berbagai metode metode misalnya melalui metode bayi tabung. Banyak keberhasilan melalui ilmu kedokteran, namun prosesnya membutuhkan kesabaran dan ketekunan karena harus melalui berbagai pemeriksaan dan tindakan medis. Dokter ahli di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak “Bhakti Ibu” dengan penuh perhatian siap membantu pasangan suami istri yang mendambakan kehamilan.

  • Layanan Senam Hamil

Senam hamil dapat bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu beserta janin serta memperlancar persalinan secara normal. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan melaksanakannya.

Senam hamil di Rumah Sakit Khusu Ibu dan Anak “Bhakti Ibu” diselenggarakan setiap hari Rabu pukul 15.00 – 17.00 dan Sabtu pukul 10.00 – 12.00, di bawah pimpinan Ny.Utami. Setiap saat peserta senam dapat konsultasi kepada ahli mengenai gizi, perkembangan kandungan, keluhan yang dialami dan masalah lainnya.

Layanan Kandungan di Rumah Sakit Panti Nugroho Jogja

Layanan Kandungan di Rumah Sakit Panti Nugroho Jogja

masa perubahan

Halo Ayah dan Bunda, bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’ala ya, aamiin. Kembali lagi dalam artikel yang membahas mengenai rekomendasi rumah sakit bersalin yang ada di Jogja. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai layanan kandungan dan kesehatan ibu dan anak di Rumah sakit Panti Nugroho.

Semakin mendekati HPL, apa saja yang sudah Ayah dan Bunda persiapkan untuk menyambut kehadiran si kecil? Tentu Ayah dan Bunda semakin sibuk mempersiapkan banyak keperluan. Sebagian besar adalah keperluan untuk menghadapi masa persalinan nantinya.

  • Sekilas Tentang RS Panti Nugroho Jogja

Rumah sakit Panti Nugroho merupakan rumah sakit yang menyediakan layanan kesehatan umum juga layanan kebidanan dan kandungan. Nah Bunda yang sedang dalam masa hamil dan mendekati HPL mungkin sudah mulai mencari-cari lokasi rumah sakit untuk melahirkan. Rumah sakit Panti Nugroho ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok untuk Bunda. RS Panti Nugroho berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dengan berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Semakin hari kebutuhan untuk menyambut kelahiran si kecil semakin bertambah. Banyak hal yang harus Ayah dan Bunda persiapkan dan salah satunya adalah menentukan rumah sakit mana yang akan menjadi lokasi bersalin sang Ibu. Sembari menentukan lokasi rumah sakit, Bunda juga perlu mempersiapkan fisik dan mental agar siap menghadapi proses persalinan nantinya. Pastikan untuk melakukan olahraga kecil dan menjaga pola makan. Mengkonsumsi makanan yang baik dapat membantu menutrisi tubuh Bunda dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, pastikan Bunda istirahat yang cukup dan menjaga pola tidur agar pikiran bisa menjadi lebih tenang dan tidak gampang stres.

Untuk rumah sakit bersalin, bagi Bunda yang berada di wilayah Jogja, salah satu rumah sakit yang direkomendasikan untuk tempat persalinan adalah RS Panti Nugroho. Fasilitas yang lengkap dan pelayanannya yang profesional membuat rumah insakit i menjadi salah satu pilihan yang pas. Untuk membantu Ayah/Bunda, berikut kami berikan informasi singkat mengenai RS Panti Nugroho beserta fasilitas dan layanan persalinannya untuk Ayah/Bunda.

  • Layanan Ibu dan Anak Rumah Sakit Panti Nugroho Jogja

Rumah Sakit Panti Nugroho memiliki layanan khusus untuk masalah kesehatan ibu dan anak. Beberapa layanan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Poli Kebidanan dan Penyakit Kandungan

Bagi Bunda yang memiliki keluhan terkait masalah kandungan, RS Panti Nugroho menyediakan layanan kebidanan dan penyakit kandungan yang siap mengatasi keluhan Bunda. Di poli ini Bunda bisa berkonsultasi dan memeriksakan masalah kehamilan, masalah kesehatan kandungan hingga saat proses persalinan tiba. Bunda juga bisa meminta saran untuk program hamil, nutrisi ibu hamil dan berbagai masalah seputar kehamilan lainnya.

  1. Poli Penyakit Anak

Sedangkan untuk keluhan mengenai masalah kesehatan si kecil, Bunda bisa berkunjung ke Poli Penyakit Anak. RS Panti Nugroho memiliki dokter spesialis anak yang siap menangani keluhan dan masalah kesehatan sang buah hati.

  1. Klub Bunda

Klub Bunda adalah suatu komunitas yang menghimpun ibu hamil, ibu nifas dan ibu yang memiliki balita. Tujuannya adalah untuk mempermudah penyampaian informasi mengenai sarana prasarana serta jenis pelayanan yang ada, dan berharap bisa menjalin hubungan yang akrab antara Rumah Sakit dan pelanggan

Jenis Kegiatan yang bisa Bunda lakukan ketika ikut dalam Klub Bunda RS Panti Nugroho ini antara lain Seminar, peningkatan pengetahuan, penyuluhan dan workshop untuk ibu hamil, Hypnobirthing, dll. Kegiatan untuk ibu nifas berupa penyuluhan dan pelatihan mengenai perawatan pada ibu pasca melahirkan  dan bayi baru lahir, senam nifas, memandikan bayi dan pijat bayi. Kegiatan untuk ibu yang memiliki balita berupa seminar dan penyuluhan mengenai tumbuh kembang anak dan imunisasi, pijat bayi, demo masak membuat menu seimbang bagi balita.

  • Layanan Unggulan Rumah Sakit Panti Nugroho Jogja

Selain memiliki fasilitas dan layanan kesehatan umum serta layanan kandungan, ada beberapa layanan dan fasilitas unggulan yang ada di Rumah Sakit Panti Nugroho, antara lain:

  1. Klub Diabetes Melitus

Klub Diabetes Melitus atau Klub DM merupakan kelompok khusus yang anggota-anggotanya adalah penderita penyakit kencing manis/(Diabetes Melitus). Penyakit ini akan diderita seumur hidup, sehingga Bukan hanya dokter maupun ahli gizi saja yang berperan dalam pengelolaannya, tetapi juga keikut sertaan pasien sendiri dan keluarganya

Tujuan terbentuknya klub ini adalah untuk dapat merubah perilaku dan meningkatkan pemahaman bagi penderita DM terkait hidup sehat secara optimal dan menjaga kualitas hidup yang lebih baik.

Beberapa kegiatan yang ada di Klub DM ini antara lain, Senam setiap Rabu sore, pemeriksaan kesehatan secara rutin, penyuluhan kesehatan tentang penyakit DM dan penyakit lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pasien. Nantinya kadar gula pasien dapat terkontrol dan dipantau. Pasien dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari.

  1. Home Care

Layanan Home Care RS Panti Nugroho bertujuan untuk membantu dan mendampingi pasien dalam merawat keluarga atau kerabat yang sedang sakit di rumah, tanpa harus ke rumah sakit. Pelayanan yang hangat dan ramah dari tenaga perawat yang memiliki keahlian sehingga penderita tetap dekat dengan keluarganya. Ayah/Bunda tinggal menghubungi RS Panti Nugroho jika membutuhkan tenaga perawat yang bisa mengunjungi penderita di rumah.

  1. Klub Jantung Sehat

Klub Jantung Sehat RS Panti Nugroho berawal dari Kelompok Senam Lansia yang beranggotakan 20 orang. Kmudian berkembang pesat sehingga jumlah anggota semakin bertambah dan mencapai hampir 100 orang. Maka pada tahun 2004 diresmikan menjadi Klub Jantung Sehat RS Panti Nugroho. Sampai saat ini anggota terus bertambah hingga mencapai lebih dari 200 orang. Klub ini berada langsung dalam pengawasan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan antara lain Senam Jantung Sehat setiap Sabtu pagi, pemeriksaan Kesehatan (tes kebugaran) setiap 3 bulan sekali, Seminar/Sarasehan dan Penyuluhan Kesehatan. Ada juga kegiatan Pemeriksaan EKG, Jalan Sehat, Cross Country hingga wisata olahraga dan Outbond.

  1. Radiologi, CT SCAN dan Ultrasonografi

Fasilitas Radiologi RS Panti Nugroho antara lain melayani pemeriksaan foto X-Ray/Rontgen polos. Dapat pula melakukan pemeriksaan rontgen dan zat kontras seperti saluran pencernaan, pemeriksaan yang meliputi OMD, colon in loop atau saluran kencing, pemeriksaan yang ada antara lain: BNO-IVP, Sistografi, APG

CT SCAN (Computerized Tomografi Scanning) merupakan pemeriksaan dengan alat X-Ray yang berkombinasi dengan komputer sehingga dapat melihat potongan organ dengan jelas. Macam pemeriksaan yang ada diantaranya adalah CT Scan kepala Abdomen, Vertebra/Tulang belakang, dan Thorax.

USG (Ultrasonografi) adalah alat untuk mendeteksi kelainan kelainan dalam rongga abdomen (perut)/organ organ tertentu dengan menggunakan gelombang ultrasound. Pemeriksaan yang dapat dilakukan dengan USG: USG Abdomen, Kandungan, Mammae/payudara, Testis, Thyroid /kelenjar gondok, USG Doppler/Colour pembuluh darah.

Layanan Kebidanan & Kandungan di Rumah Sakit Panti Baktiningsih Jogja

Fasilitas Kesehatan – HPL sudah dekat Bun, apa saja kebutuhan-kebutuhan yang sudah Bunda persiapkan? Pastinya semakin kesini semakin banyak kebutuhan dan hal-hal yang harus Ayah dan Bunda persiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil. Termasuk kebutuhan layanan kebidanan & kandungan.

Menunggu waktu persalinan selama masa mengandung merupakan salah satu momen yang mendebarkan bagi Ayah dan Bunda sebagai orang tua. Detik-detik menjelang hari lahir memang sangat menyibukkan. Banyak persiapan yang harus ayah dan bunda lakukan, mulai dari pemeriksaan kandungan secara rutin dan juga berbelanja kebutuhan si kecil ketika telah lahir nanti.

Tapi jangan sampai melupakan hal penting lainnya ya Ayah/Bunda. Karena sebenarnya banyak persiapan lain yang perlu Ayah dan Bunda perhatikan juga. Tidak hanya mempersiapkan kebutuhan si kecil setelah dia lahir, tetapi Ayah/Bunda juga perlu menyiapkan keperluan untuk waktu persalinan nantinya. Ayah/Bunda perlu menentukan rumah sakit mana yang menjadi lokasi melahirkan dan mempersiapkan biaya persalinan.

  • Sekilas Tentang Rumah Sakit Panti Baktiningsih

Layanan Kebidanan & Kandungan Rumah Sakit Panti Baktiningsih Jogja
Sumber website Asialova

Untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Kelurahan Sendangmulyo Kabupaten Sleman, Pemerintah kelurahan menyediakan tanah seluas 3.000 m2 sebagai tempat pembangunan pusat pelayanan kesehatan yang memadai. Tahun 1960-an penawaran tersebut diterima oleh kelompok masyarakat dan berdirilah sebuah Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Rakyat Santo Fransiskus yang beralamat di Dusun Klepu Sendangmulyo, Minggir, Sleman.

Perlahan pembangunan gedung dan fasilitas mulai semakin berkembang agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih lengkap. Sehingga pada tahun 1971 Kepala Dinas Kesehatan Rakyat Kabupaten Sleman meresmikan langsung tempat pelayanan kesehatan tersebut dengan nama BP dan BKIA Panti Baktiningsih. Kehadiran rumah sakit tersebut menghadirkan sebuah tempat pelayanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat sekitar.

Seiring bertambahnya kebutuhan layanan kesehatan, BKIA Panti Baktiningsih terus menambah jenis layanan. Setahun setelah diresmikan, Kepala Dinas Kesehatan Rakyat memberikan izin untuk rawat inap khusus bagi pasien bersalin. Status pelayanan kesehatan BKIA Panti Baktiningsih ini pun menjadi Rumah Bersalin.

Dengan visi ingin rumah sakit unggulan di Kabupaten Sleman yang dipercaya dan dipilih masyarakat sebagai mitra pelayanan kesehatan. Rumah sakit ini berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan prima secara menyeluruh dengan sentuhan kasih dalam semangat kegembiraan dan kesederhanaan. Sampai saat ini layanan dan fasilitas penunjang semakin lengkap, BKIA Panti Baktiningsih telah mendapatkan izin pemerintah untuk menyandang status sebagai Rumah Sakit Umum.

  • Layanan Ibu dan Anak Rumah Sakit Panti Baktiningsih

Bagi Bunda yang HPLnya sudah dekat, RSU Sakina Idaman memiliki fasilitas layanan untuk kebutuhan proses persalinan. Berikut beberapa fasilitas layanan kesehatan ibu dan anak yang tersedia di RSU Sakina Idaman:

  1. Layanan Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan

RS Panti Baktiningsih memiliki layanan khusus terkait kebidanan dan masalah kandungan. Dengan layanan ini Bunda bdapat berkonsultasi mengenai kandungan atau memeriksakan keluhan kesehatannya. Bunda juga bisa melakukan proses persalinan ketika waktu kehadiran si kecil tiba. Didukung oleh fasilitas dan sarana penunjang yang modern dan canggih seperti fasilitas layanan USG  untuk mengetahui perkembangan janin Bunda. Di alayanan ini Bunda juga bisa konsultasi kehamilan, program hamil, konsultasi seputar sistem reproduksi wanita, dan berbagai konsultasi seputar kehamilan lainnya.

  1. Layanan Spesialis Kesehatan Anak

Bagi bunda yang memiliki keluhan masalah kesehatan untuk si kecil, RS Panti Baktiningsih juga memiliki layanan khusus terkait masalah kesehatan anak. Dokter spsialis anak yang profesional dan berpengalana akan menangani langsung keluhan dari Bunda tentang masalah kesehatan anak. Selain itu Bunda juga bisa mengkonsultasikan mengenai maslah gizi dan tumbuh kembang anak. Layanan ini dapat membantu Ayah dan Bunda untuk lebih optimal merawat dalam proses pertumbuhan si kecil.

  • Layanan dan Fasilitas Penunjang Kesehatan Umum

Sebagai rumah sakit umum, tentunya layanan dan fasilitasnya senantiasa terus dikembangkan. RS Panti Baktiningsih memiliki layanan dan fasilitas kesehatan umum yang cukup lengkap. Sehingga berbagai macam keluhan kesehatan dapat dilayani dengan baik. Beberapa fasilitas penunjang tersebut antara lain:

  1. IGD & Ambulans

Unit pelayanan ini tidak hanya memberikan layanan yang nyaman dan optimal, tetapi juga lengkap dengan peralatan modern yang memenuhi standar internasional, Unit Gawat Darurat rumah sakit ini juga buka 24 jam nonstop. Beberapa layanan kesehatan yang bisa Ayah/Bunda dapatkan misalnya terhadap pasien gawat darurat karena sakit, cidera atau akibat bencana yang memerlukan pertolongan medis segera untuk menyelamatkan jiwanya dan mencegah kecacatan (to save life and limb) tanpa meminta uang muka.

Pelayanan langsung oleh tenaga medis dan paramedis yang kompeten, terlatih dan terampil, sertifikasi dalam Penanggulangan Penderita Gawat Darurat. Ada pula dokter spesialis dan dokter subspesialis dari berbagai bidang keilmuan. Memiliki sarana penunjang medik yang lengkap dan modern seperti Laboratorium, ECG, CT Scan, MRI, USG dan Rontgen. RS Panti Baktiningsih juga melayani berbagai macam asuransi dengan memperlihatkan kartu tanggungan pada saat mendaftar. Tersedia layanan Ambulance 118 melayani transportasi pasien.

  1. Medical Check up

Layanan ini merupakan program pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Pemeriksaan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan fisik, darah, serta pemeriksaan penunjang lainnya. Bagi Ayah dan Bunda yang ingin mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi dini bila terdapat gejala penyakit yang kelihatan, RS Panti Baktiningsih menyediakan layanan one stop service Medical Check Up. Fasilitasnya lengkap dengan tenaga kesehatan profesional sehingga memberikan keakuratan dan ketepatan.

Saran jika Ayah dan Bunda ingin melakukan Medical Check Up adalah minimal 1 tahun sekali. Hal tersebut agar begitu ada gejala penyakit yang muncul dapat langsung diatasi sebelum penyakitnya mulai mengganggu tubuh. Penyakit tersebut bisa berupa penyakit yang timbul dari pengaruh gaya hidup maupun faktor genetik.

  1. USG

USG atau Ultrasonografi merupakan salah satu dari produk teknologi dalam dunia kedokteran yang berfungsi untuk mencitrakan bagian dalam organ atau jaringan tubuh manusia dengan menggunakan gelombang suara ultra. Pemeriksaan ini tidak memerlukan pembedahan, hanya dilakukan di atas permukaan kulit atau di atas rongga tubuh. Sehingga ketika melakukan pemeriksaan ini pasien tidak akan merasakan sakit dan relatif aman.

Pemeriksaan USG dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan masalah kesehatan yang yang terjadi pada organ rongga perut. Misalnya saja hati, limpa, kandung empedu, ginjal, pankreas, aorta dan kandung kemih. Sedangkan untuk bunda yang sedang dalam masa kehamilan dan membutuhkan layanan kebidanan dan kandungan, pemeriksaan USG dapat berfungsi untuk mengecek kondisi kehamilan dan posisi janin dalam kandungan.

  1. Home Care

Layanan Home Care adalah merupakan layanan perawatan pasien di rumah yang juga melibatkan anggota keluarga dalam proses perawatan dan penyembuhanya. Nantinya proses perawatan akan dibantu oleh tim medis profesional seperti dokter, perawat, atau fisioterapis yang datang ke rumah pasien sewaktu waktu jika perlu.

Dengan layanan Home Care ini pasien bisa lebih dekat dengan keluarganya. Sehingga akan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pasien tersebut. Selain itu dengan menggunakan layanan ini, pasien dapat menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya kamar untuk rumah sakit. Di sisi lain pasien juga menjadi terpenuhi kebutuhan dasar Psikologi, Sosial dan Spiritual secara mandiri.

Menemani Si Pintar Belajar

Menemani Si Pintar Belajar

Pintar Belajar – Tahukah Anda, otak anak kita mempunyai potensi yang sama dengan otak Albert Einstein? otak Einstein maupun otak anak – anak kita terdiri atas tiga bagian dasar yang sama yaitu batang otak, ” Otak reptil”, sistem limbik, ”otak mamalia”, dan neokorteks. Masing – masing bagian otak akan berkembang dalam waktu yang berbeda, memiliki struktur saraf tertentu dan bertanggung jawab atas fungsi yang berbeda – beda.

1. Batang otak (otak reptilia)

  • Mengatur fungsi motor sensorik, pengetahuan tentang realitas fisik yang berasal dari panca indera
  • Mengatur insting mempertahankan hidup (makan, tempat tinggal, reproduksi, keamanan lingkungan hidup.
  • Menghadapi atau lari dari masalah. Ketika merasa ada bahaya yang mengancam maka otak akan segera meresponnya dengan dua pilihan yaitu menghadapinya atau segera lari.

2.Sistem limbik atau otak mamalia

Bagian otak ini merupakan panel kontrol utama yang menggunakan informasi dari panca indera sebagai input. Input inilah yang kemudian diteruskan ke otak pemikir atau neokorteks. Tugas Sistem limbik adalah:

  • Mengatur perasaan emosi (menyimpan kenangan yang menyenangkan, kemampuan belajar juga menyimpan pengalaman buruk dan memalukan).
  • Bioritme (mengatur pola makan, pola haus, pola tidur, detak jantung, denyut nadi, gairah seksual dan amarah)
  • Pusat pengaturan sistem kekebalan tubuh

3.Neokorteks atau otak berpikir adalah tempat bersemayamnya kecerdasan Anda.

Bagian ini akan menerima dan memberikan reaksi atas input yang dari sistem limbik. Neokortek bertanggung jawab atas:

  • Berpikir intelektual
  • Penalaran
  • Perilaku yang wajar
  • Bahasa
  • Kecerdasan yang lebih tinggi

Menurut Ibnu Khaldun, bayi itu diumpamakan sebuah bahan mentah yang harus diberi isi yang baik supaya menjadi orang dewasa yang berguna kelak. Jika dirawat oleh tubuh yang sehat, selalu diberikan makanan yang bergizi seimbang serta berada di lingkungan yang selalu memberinya stimulus cerdas, maka otak ini akan terus aktif dan berkembang.

Semua otak sangat berpotensi menjadi generasi cerdas penerus Einstein, Ibnu sina, Ibnu Tufail, Al-Khawarizmi, bahkan imam Syafii yang menciptakan karya – karya baru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

 

A. Kecerdasan spiritual

Seorang anak terlahir dengan berbagai kecerdasan, selain 7 kecerdasan yang diungkap oleh Howard Gardner. Kecerdasan ini adalah kecerdasan spiritual. Merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan keberadaan Tuhan, sebuah kecerdasan dimana untuk menghadapi dan memecahkan persoalan selalu dikaitkan dengan makna dan nilai. Kecerdasan spiritual merupakan puncak kecerdasan seorang muslim.

Menurut Robert A Emmons, orang yang memiliki kecerdasan spiritual memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Kemampuan untuk mentransendensikan yang fisik dan material
  • Kemampuan untuk mengalami tingkat kesadaran yang memuncak
  • Keahlian untuk mensakralkan pengalaman sehari – hari
  • Kemampuan untuk menggunakan sumber spiritual untuk menyelesaikan masalah dan kemampuan untuk berbuat baik
  • Memiliki rasa kasih yang tinggi pada sesama makhluk tuhan.

 

B. Jenius tidak hanya milik Plato

1. Mungkin saja Bayi anda Jenius

Anda pasti membayangkan sosok Thomas Alpha Edison, Einstein, atau Plato beserta hasil temuannya ketika mendengar kata ’jenius’.

Padahal jenius tidak hanya milik mereka. Mereka hanya memiliki kemauan untuk berpikir mendalam tentang sebuah fenomena, mempelajari seluruh tanda – tanda alam (global learning) serta berani untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang berbeda dengan orang – orang di zamannya. Anda, bayi mungil yang sedang Anda gendong atau janin yang masih dalam kandungan itu semua bisa menjadi jenius.

Dengan bekal mengetahui kecenderungan kecerdasan anak- anak kita, kita dapat mengoptimalkan kecerdasan mereka dan menjadikan mereka para generasi jenius.

2. Belajar dari para penemu

Perhatikan perjuangan para penemu berikut ini:

  • Edison ternyata melakukan ribuan kali percobaan yang gagal sebelum menemukan bola lampu listrik yang hari ini kita nikmati hasilnya.
  • Merry currie yang meninggal di laboratorium rumahnya akibat keracunan zat kimia, yang ternyata telah menemukan mercury yang bermanfaat.
  • Otto Lilienthal yang melakukan 2000 kali percobaan penerbangan yang akhirnya meninggal karena terjatuh dalam percobaan penerbangannya. Dia yang telah mempelopori penemuan pesawat terbang modern.
  • Ibnu Rusydi yang telah dikucilkan dan diusir dari kampungnya karena dianggap aneh. Akibat pemikirannya dalam bidang filosof dan kedokteran muslim.

3. Manfaatkan ketika masih bayi

  • Usia balita merupakan tonggak awal sebuah proses global learning. Di usia ini otak bayi seperti spons yang akan menyerap banyak hal, fakta – fakta, sifat fisik, memahami emosi, dan mengartikan berbagai bahasa.
  • Semakin bervariasi rangsangan yang diterima si kecil membuat hubungan antar sel-sel otak semakin kompleks.
  • Ketika semakin sering dan teratur rangsangan yang bayi terima, maka semakin kuat maka hubungan antar sel-sel otak tersebut.
  • Semakin kompleks dan kuat hubungan antar sel-sel otak, maka semakin tinggi dan bervariasi kecerdasan anak.
  • Bila dikembangkan terus menerus, anak akan mempunyai banyak kecerdasan. Penciptaan pola asuh yang aman dan nyaman memberikan ruang yang luas untuk melihat banyak hal.
  • Dengan selalu menstimulasi dan melayani setiap pertanyaan yang terlontar dari si kecil, maka Anda telah menjadi seorang guru jenius yang dapat melahirkan para jenius baru.

 

C. Deteksi dini tumbuh kembang

Manusia lahir dengan rasa ingin tahu yang besar dan tidak pernah terpuaskan. Panca indera, dan seluruh anggota tubuh merupakan modal utama untuk memuaskan rasa ingin tahu ini.

Melalui anggota tubuh tersebut anak akan belajar memahami dan menerjemahkan semua informasi yang ia temukan. Secara tidak langsung otak akan terus terasah, semakin banyak hal baru yang ia temukan maka otak akan semakin banyak menyimpan informasi baru.

Pertumbuhan dan perkembangan seluruh anggota tubuh si kecil patut Anda perhatikan. Berikut adalah hal – hal yang harus Anda waspadai, sebagai rambu pertama untuk mengetahui ketidaknormalan dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Anda harus mewaspadai hal – hal berikut menurut usianya

2 bulan
– Mata terlihat selalu bergerak – gerak atau juling

4 bulan
– Belum bisa menggerakan kepala
– Masih memiliki refleks genggam
– Sewaktu menyusui jarang menatap wajah ibunya

6 bulan
– Tidak berceloteh ketika diajak berbicara
– Tidak mampu memalingkan mata dan kepala terhadap sumber suara yang datang

8 bulan
– Belum bisa tengkurap

10 bulan
– Tidak bereaksi saat namanya dipanggil

12 bulan
– Belum bisa duduk
– Tidak berceloteh, tidak menunjuk, tidak memberikan ekspresi

15 bulan
– Tidak bereaksi dengan kata larangan, dada atau boleh

16 bulan
– Tidak bisa mengucapkan kata yang bisa dimengerti orang lain

18 bulan
– Tidak dapat menunjuk bagian tubuh bila ditanya
– Perbendaharaan kata terbatas
– Belum dapat berjalan
– Tidak dapat menyebutkan 10 kata tunggal

21 bulan
– Tidak bereaksi terhadap perintah (duduk, kemari,ambil)

24 bulan
– Tidak bisa menyebutkan bagian tubuh
– Belum bisa mengucapkan frasa (dua buah kata)
– Belum mampu mengucapkan 2 kata spontan

30 bulan
– Anggota keluarga sulit mengerti ucapannya

36 bulan
– Tidak bisa bertanya menggunakan kalimat tanya sederhana

3, 5 tahun
– Belum dapat menyebutkan kata akhiran dengan benar

4 tahun
– Belum lancar berbicara/ gagap

 

[Yazid Subakti]

Minggu 52, Makna Sebuah Tudingan

Minggu 52, Makna Sebuah Tudingan

Kelahiran – Pada minggu ke 52 ini si buah hati mulai bisa memahami makna sebuah tudingan. Dengan beberapa pengalaman baru, ia mulai bisa menjadi semakin lincah.

A. bayi

Salah satu keterampilan penting dengan berkembangnya motorik halus bayi anda adalah pada pekan ini tangannya dapat menuding dengan tegas. Setiap menemukan objek yang menarik, ia menudingnya dan memanggil anda untuk bersama menyaksikan obyek itu. “Meong!” teriaknya sambil tangannya menuding si Pusy yang lewat.

Tudingan juga bermakna arah yang ia inginkan untuk mendatanginya bersama anda. Misalnya mengajak anda ke pintu atau masuk kamar.

Di ulang tahun pertama ini, ia mulai mencoba berdiri sendiri tanpa pegangan, tanpa batuan tiang atau tangan anda. Dalam waktu beberapa hari kedepan ia terbiasa melakukan ini hingga bulan berikutnya mencoba melangkahkan kaki.

Beberapa bayi yang lain mungkin sudah benar-benar berjalan pada usia ini, sementara bayi yang lain lagi mungkin masih terus merangkak. Ini semua normal di usia satu tahun.

B. Gambar KMS dan pengertian dari garis pertumbuhan

Contoh hasil pencatatan pada KMS:

1. Pencatatan dengan pertambahan berat badan normal

Balita tumbuh baik bila garis berat badan anak naik setiap bulannya

makna sebuah tudingan

2. Pencatatan dengan berat badan tidak naik selama tiga bulan berturut-turut

Berat badan balita tiga bulan berturut-turut tidak naik (3T), artinya balita mengalami gangguan pertumbuhan, sehingga harus langsung dirujuk ke Puskesmas/Rumah Sakit.

makna sebuah tudingan

3. Berat badan tidak naik selama berbulan-bulan

Balita Tidak naik berat badannya bila :

  • Garis pertumbuhan-nya turun, atau
  • Tanda Garis pertumbuhan-nya mendatar, atau
  • Garis pertumbuhan-nya naik, tetapi pindah ke pita warna dibawahnya.

4. Berat badan selalu di bawah garis merah

makna sebuah tudingan

Berat badan balita di bawah garis merah artinya pertumbuhan balita mengalami gangguan pertumbuhan dan perlu perhatian khusus, sehingga harus langsung dirujuk ke Puskesmas/ Rumah Sakit.

C. Evaluasi setahun pengasuhan

Sudah setahun anda melakukan praktek pengasuhan. Bayi anda sekarang sudah besar dan akan merayakan ulang tahun pertamanya.

Teliti kembali status pertumbuhannya. Amati berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepalanya. Pengukuran ini penting untuk menyimpulkan apakah ia termasuk anak yang normal, di bawah normal, atau melebihi anjuran.

Amati perkembangannya. Ia seharusnya sudah berbicara, melakukan banyak gerakan (setidaknya merangkak atau mencoba berdiri), dan dapat bermain sendiri.

Mintalah bantuan suami untuk mengoreksi gaya pengasuhan anda selama ini. mungkin ia melihat ada sesuatu yang harus disempurnakan di tahun berikutnya.

Ingat-ingat peran suami. Apakah ia sudah terlibat dengan baik dalam pengasuhan? Ia adalah seorang ayah, kesibukan tidak selayaknya menjadi alasan untuk tidak menyentuh bayi selama setahun ini.

Berikan apresiasi kepada nenek, kakek, paman dan bibi, serta keluarga lain atas bantuannya selama ini. mereka ini adalah orang-orang penting yang menjadi bagian dari keberhasilan pengasuhan anda.

Buka kembali catatan medis si kecil. Anda perlu mengingat kembali apa keluhan yang pernah bayi alami setahun ini, dan bagaimana anda harus mengantisipasinya di tahun mendatang.

Diskusikan dengan suami tentang dokter yang selama ini menangani si kecil. apakah dokter telah melayaninya sesuai kebutuhan? Mungkin anda mendapat informasi tentang dokter lain yang lebih layak menjadi langganan anda.

Mungkin anda harus menata ulang setting kamar dan ruangan rumah anda. beberapa benda sepertinya tidak dalam posisi yang nyaman atau keberadaannya sudah membosankan sehingga perlu digeser atau ditukar.

Periksa mainannya. Banyak ibu lupa dengan mainan bayinya yang sudah tidak sesuai dengan usianya, sudah lusuh dan berdebu, atau sudah pecah dan retak sehingga membahayakan. Benda seperti ini sesungguhnya adalah sampah yang harus anda singkirkan.

Sortir pakaian bayi. Beberapa baju dan celananya sudah kekecilan dan tidak layak pakai lagi. Sebentar lagi ia akan berjalan dan anda harus memikirkan jenis sepatu yang nyaman untuk awal-awal belajar berjalan.

Mungkin anda harus mengganti kasur atau menyiasati kasur lamanya yang sudah tidak mencukupi lagi bagi gerakannya setiap kali tidur. Ia bergerak ke segala arah dan membutuhkan hamparan busa lebar kasur orang dewasa.

Teliti kembali daftar makanannya selama ini. ingatlah bahwa selain bergizi, makanan harus beragam dan berimbang. Anda mungkin baru sadar selama ini bayi terlalu sering mendapat bubur instan karena alasan kepraktisan.

Pertimbangkan tentang asuransi, terutama asuransi kesehatan dan pendidikan. Anda tidak hanya memenuhi kewajiban mendaftar dan membayar tetapi mencari tahu perkembangan kemajuan perusahaan asuransi yang telah anda percayai. Jangan sampai anda terjerat oleh perusahaan asuransi yang berada di ambang ke bangkrutan dan premi anda sia-sia.

Cek rekening bank anda. Berapa saldo tabungan anda? uang bukanlah tujuan hidup, tetapi sarana penting untuk kehidupan selanjutnya. Kebutuhan si kecil (dan juga anda bersama suami) di tahun mendatang akan meningkat, mungkin mendekati dua kali lebih tinggi dibandingkan tahun ini.

Evaluasi kembali spiritualitas anda. Setahun menjadi ibu dan ayah seharusnya telah meningkat ikatan batinnya dengan sang pencipta. Pastikan tahun berikutnya anda lebih bersyukur dan rajin beribadah dibanding tahun ini.

TIPS
Permainan Tunjuk Boneka

Ketika bayi mulai menuding dengan telunjuknya, ia sebenarnya telah belajar fokus dan mengarahkan teman caranya untuk sama-sama fokus dengan apa yang ia perhatikan.
Kumpulkan berbagai boneka atau mainan lain yang ringan. Ada boneka beruang, bola, sendok plastik, boneka kelinci, kubus berwarna, bantal bintang, boneka jeruk, dan sebagainya.

Beri tali benda-benda itu dan gantungkan di langit-langit kamar. Sebagian mungkin cukup di taruh di atas lemari atau tergantung di di dinding.

Matikan atau redupkan lampu kamar hingga agak gelap.

Ambil senter kecil yang cahayanya fokus ke satu arah saja, lalu tunjuk dengan senter satu macam benda dan sebutkan namanya. “Beruaaaang” sambil telunjuk anda juga menudingnya. Matikan senter dan sorot kembali benda yang lain: “Bolaaa” dan seterusnya sampai semua benda disorot.

Nyalakan atau terangkan lampu hingga semua benda kelihatan dengan jelas. Tunjuk satu persatu enda itu dan biarkan bayi anda mengikutinya.

REVIEW
Kompetensi dan performansi, bahasa pertama bayi

Chomsky menyebutkan bahwa ada dua proses yang terjadi ketika seorang anak memperoleh bahasa pertamanya. Proses yang dimaksud adalah proses kompetensi dan proses performansi.Kedua proses ini merupakan dua proses yang berlainan.

Kompetensi adalah proses penguasaan tata bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik) secara tidak disadari. Kompetensi ini dibawa oleh setiap anak sejak lahir. Meskipun dibawa sejak lahir, kompetensi memerlukan pembinaan sehingga anak-anak memiliki performansi dalam berbahasa.

Performansi adalah kemampuan anak menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Performansi terdiri dari dua proses, yaitu proses pemahaman dan proses penerbitan kalimat-kalimat. Proses pemahaman melibatkan kemampuan mengamati atau mempersepsi kalimat-kalimat yang didengar, sedangkan proses penerbitan melibatkan kemampuan menghasilkan kalimat-kalimat sendiri

ANDA PERLU TAHU
Makanan untuk kecerdasan

Zat gizi untuk mengoptimalkan kecerdasan anak adalah :

Asam lemak esensial yang banyak terkandung dalam ikan laut (omega-3 dan omega-6), yang penting untuk koordinasi gerak dan daya ingat anak, lalu berperan cukup besar pada pertumbuhan otak yaitu untuk pembentukan dan fungsi sel otak, sekaligus untuk perkembangan retina/penglihatan. Sumber DHA (Omega-3) adalah ikan laut, mka menu ikan laut adalah menu wajib untuk Ananda

vitamin A yang dapat memperlancar fungsi otak. vitamin B-12 untuk pertumbuhan sarung saraf sel otak bayi yang berfungsi sebagai bahan penghantar rangsang (impuls). Zn (seng) untuk melancarkan pertumbuhan sel otak.

WARNING
Menimbang tawaran dari sales asuransi

Asuransi itu penting, dan baik untuk perencanaan masa depan bayi anda. di luar negeri, asuransi adalah kebutuhan yang mendekati primer. Tetapi di Indonesia, asuransi baru berkembang dan oleh karenanya anda masih perlu berpikir untuk menerima tawaran mendaftarkan bayi anda.

Banyak sales asuransi yang hanya sampingan, seperti kutu loncat untuk kepentingan sesaat. Setelah ia merayu anda dan anda mendaftar, ia keluar dari perusahaannya dan urusan asurans anda menjadi kurang jelas. Ketika anda tanyakan ke perusahaan, urusan menjadi panjang dan melelahkan.

Sebagian asuransi di indonesia masih kurang terpercaya. Pastikan anda memilih perusahaan yang sudah jelas bonafid.

Anda harus kembali berpikir tentang ‘keinginan’ dan ‘kebutuhan’. Jika akhirnya anda memutuskan untuk bergabung, pastikan itu bukan karena terpengaruh oleh kata-kata sales, tetapi memang sebelumnya anda sudah merencanakan demikian.

AGENDA
Isilah ceklis evaluasi

Hingga usia satu tahun ini, bayi anda telah memiliki banyak kemampuan, isilah ceklis ini. item yang belum terpenuhi segera konsultasikan ke dokter anda.

  • Bisa merangkak dengan tumpuan lututnya
  • Dapat mengambil sendiri barang yang berada di depannya
  • Mampu mengucapkan sepatah kata
  • Dapat menirukan gerakan sederhana yang anda contohkan
  • Berhasil melambaikan tangan
  • Dapat menggelengkan kepala meskipun tidak selalu bermaksud penolakan.
  • Bisa menunjuk/menuding barang atau gambar yang menarik perhatiannya

 

[Yazid Subakti]

Minggu 51, Mengucap Kata Pertama

Minggu 51, Mengucap Kata Pertama

Kelahiran – Pada minggu ke 51 ini si buah hati mulai bisa mengucap kata. Dengan beberapa pengalaman baru, ia mulai bisa menjadi semakin lincah.

A. bayi

Pekan ini, luangkanlah lebih banyak waktu di rumah. Anda tidak ingin kehilangan momentum penting bukan?

Bayi anda mengucap kata pertamanya. Anda kan mendengar panggilan ‘mama’ untuk pertama kali dan melihat raut mukanya amat puas dengan kemampuan bicaranya ini.

Selain memanggil anda, ia akan memanggil ayahnya dan menyebut benda-benda lain atau kata kerja yang memiliki kosakata sederhana. Misalnya ‘opa’, ‘oma’, ‘nenen’, ‘maem’, ‘meong’, ‘cicak’, ‘cicit’, dan sebagainya.

Hari-hari selanjutnya adalah belajar berbicara. Ia terus mengumpulkan kosakata lain untuk diucapkan. Jangan heran jika satu kosakata ia ucapkan tidak semakin baik di hari selanjutnya. Sebab ia mungkin belum nyaman mengucapkannya dan sedang berkonsentrasi memilih kosakata lain yang lebih menarik perhatiannya.

 

B. KMS, cara pemantauan yang lebih mudah

Beberapa hal yang anda dapatkan dengan KMS adalah:

  • Dalam kartu ini akan terlihat apakah pertumbuhan (berat dan tinggi badan) sesuai dengan umurnya
  • Dapat juga digunakan untuk memantau kesehatan dan pertumbuhan anak. Memantau tumbuh kembang anak, agar tidak terjadi kesalahan atau ketidakseimbangan pemberian makan pada anak.
  • Catatan penting lainnya yaitu tentang imunisasi, penanggulangan diare, pemberian kapsul vitamin A, kondisi kesehatan anak, pemberian ASI eksklusif dan Makanan Pendamping ASI, pemberian makanan anak dan rujukan kerumah sakit

 

C. Pembelajaran gender kepada bayi

Bagaimana seharusnya anak laki-laki dan perempuan bersikap dan berperilaku?

Anda dapat membiasakan sejak ia masih bayi, bahkan ketika masih dalam kandungan.

Saat USG menunjukkan jenis kelamin bayi anda, anda sudah mulai membuat keputusan untuk belanja pakaian sesuai jenis kelaminnya. Mungkin anda menyiapkan baju biru untuk bayi laki-laki dan baju pink untuk bayi perempuan. Meskipun sebenarnya warna ini tidak mutlak mewakili jenis kelaminnya.

Secara psikologis, anak laki-laki dan perempuan memiliki kecenderungan perilaku yang berbeda karena penggunaan bagian otak yang berbeda. Anak laki-laki lebih banyak menggunakan sisi kanan otak (sisi praktis) yang membuatnya cenderung aktif secara fisik dan agresif dalam berinteraksi.

Bayi perempuan lebih responsif terhadap lingkungan sosial, mereka lebih dapat mengenali wajah dan cepat akrab, sedangkan bayi laki-laki, untuk membedakan antara wajah orang dengan mainan saja sulit.

Anak laki-laki dianggap lebih aktif, kompetitif, dan lebih senang bermain dalam grup besar. Anak perempuan memilih bermain berdua, tidak selalu ingin menang, dan lebih menikmati proses permainan daripada mendapatkan hasil akhir.

Mainan alat dapur dan boneka dianggap mewakili naluri perempuan, sedangkan mobil-mobilan dianggap mewakili mainan laki-laki.

Sebenarnya, pembedaan perilaku anak-anak seperti baik asalkan tidak dimaksudkan untuk membatasi.

Ketika besar nanti, perempuan menyetir mobil bukanlah perbuatan tercela. Demikian pula laki-laki memasak di dapur adalah hal umum di restoran.

 

TIPS
Meng-install kosakata

Ajak bayi ke kebun binatang. Pilih hewan yang namanya menggunakan dua suku kata. Setiap mengunjungi jenis hewan ini, sebutkan namanya :”unta”, “gajah”, “rusa”, “ular”, “panda”, “monyet” dan sebagainya.

Ajak si kecil ke warung sayuran. Tunjukkan jenis sayuran yang namanya mnggunakan dua suku kata :”sawi”, “Wortel”, “kentang”, “Bayam” dan sebagainya.

Setiap kali membersamainya, sebutkan nama-nama perbuatan yang ia lakukan. “Pipis”, “duduk”, “Makan”, “Minum”, “Bobok”, dan sebagainya.

Sebutkan nama benda-benda sederhana di rumah. Iarkan ia memegangnya samil anda menye but namanya :”Meja”, :”Kursi”, “pintu”, “Buku” dan sebagainya.

Ajak berbicara sebanyak-banyaknya selama anda bersama dengannya. Tidak mengapa jika sepintas anda sudah menganggapnya sebagai teman dewasa yang benar-benar dapat anda ajak berdialog.

 

REVIEW
Language Acquisition Device

Chomsky menyimpulkan dari penelitian yang dilakukannya bahwa anak dilahirkan dengan dibekali semacam piranti pemerolehan bahasa (LAD, language acquisition device).

LAD adalah suatu modal awal yang membekalinya untuk bisa berbahasa. Anak yang baru dilahirkan merespon ketidaknyamanan dengan menangis. Dari hari ke hari perkembangan bahasa anak mengalami perkembangan seiring pertumbuhan fisiknya, mulai dari bunyi yang sederhana karena pergerakan-pergerakan kecil di ujung rongga, berupa dekutan, menangis, satu kata, dua kata, banyak kata (multiple words) sampai pada bagaimana anak mengekspresikan apa yang dia rasakan (marah dan senang), apa yang diinginkan, dan bagaimana bentuk penekanan (pitch/stress).

 

ANDA PERLU TAHU
Munchausen’s Syndrome by Proxy

Munchausen Syndrome by Proxy (MSbP) adalah gangguan mental yang biasanya dialami oleh wanita, dalam hal ini seorang ibu terhadap anaknya (biasanya pada bayi atau anak-anak di bawah usia 6 tahun) dan biasanya berakibat sang anak harus mendapatkan perawatan serius di rumah sakit.

Pada kasus yang parah, sang anak akan secara terus menerus menghadapi situasi yang mengancam keselamatan jiwanya; dan sang ibu yang melakukannya dari luar justru kelihatan lemah lembut dan tulus.

Gangguan jiwa yang berbahaya ini bisa berakibat pada kematian anaknya karena pada banyak kasus terungkap bahwa sang ibu sampai hati menyekap (atau mencekik) dan meracuni anaknya

 

WARNING
Hati-hati dengan labeling

Labeling adalah memberi label atau julukan kepada seseorang. Label ini merupakan predikat yang akan melekat kuat pada bayi. pada awalnya ia tidak memahami artinya, tetapi kelak ia akan mencari tahu.

Label yang baik tidak menjadi masalah, tetapi label negatif dapat berdampak :
Pemalu, jika label itu bermakna kekurangan atau keterbatasan. Misalnya “Si pendek”, “si kurus” dan sebagainya.

Rasa putus asa, bila label itu bermakna celaan. Misalnya “Si cedal”, “Si kidal”, si “lemek’ dan sebagainya.
Rasa mendapat vonis jika label itu bermakna sifat tertentu yang negatif. Misalnya “si nakal,”, “Si usil” dan sebagainya.

Sebaiknya anda menggunakan label positif kepadanya. Label ini akan memberikan kepercayaan diri, rasa semangat untuk berjuang, dan pengakuan akan sifat baiknya. Misalnya “Si cerdas”, “Si Pintar”, “Si soleh”, “profesor cilik” dan sebagainya.

 

AGENDA
Ajarkan kalimat toyibah mulai saat ini

Bayi anda sudah mulai berbicara. Sekarang saatnya anda kenalkan kalimat kebaikan yang akan menjadi bagian dari akhlaknya.

Tasbih. Ajak ia bertasbih ‘subhanallah’ ketika anda melihat sesuatu yang mengagumkan.
Tahmid. Ajak si kecil membaca ‘Alhamdulillah’ ketika mendapat kegembiraan.

Tahlil. Bimbing si kecil mengucap ‘laa ilaaha illallah’ tan menyesuaikan momentum khusus, kapanpun anda sempat.

Takbir. Bacalah bersamanya ‘Allahu Akbar’ ketika anda bersama menjumpai kejadian yang luar biasa atau ingin menyemangatinya.

 

[Yazid Subakti]

Minggu 50, Belajar Bersosial

Minggu 50, Belajar Bersosial

Kelahiran – Pada minggu ke 50 ini si buah hati mulai belajar bersosial. Dengan beberapa pengalaman baru, ia mulai bisa menjadi semakin lincah.

A. Bayi

Pekan ini adalah pekan yang asyik untuk bersosialisasi. Bayi anda mulai terlibat dalam hubungan sosial ketika bertemu orang-orang. Ia mengenali orang di sekeliling anda: ada sepupu, paman jauh, tetangga, teman kantor ayah, dokter, dan sebagainya. Orang-orang ini dinilai berdasarkan ‘kebaikannya’ kepadanya.

Keterampilannya mengolah emosi semakin meningkat. Ia marah dengan dahsyat ketika dikecewakan atau merasa disakiti. Tetapi ia amat ramah dan tertawa lepas ketika ‘orang baik’ mengajaknya bercanda. Ia menampakkan kesedihan dengan wajah murung. Ia melampiaskan kegembiraan dengan senyum lebar dan menggerak-gerakkan tangannya.

Kadang-kadang ia gemas dengan boneka dan menggigitnya keras-keras.
Ia masih asyik dengan merangkak, sesekali mengangkat pantatnya dengan lutut diluruskan.

Ketika berdiri sambil berpegangan tiang, ia mencoba melepaskan tangannya beberapa detik.

 

B. Cara menilai Status gizi

Status gizi adalah tingkat keadaan gizi seorang anak. Status gizi merupakan salah satu indikator kesehatan anak. Pengukuran status gizi pada anak umumnya dilakukan dengan mengukur berat badan dan tinggi badan (antropometri).
Status gizi dibagi atas tiga kategori, yaitu :

  • Baik
  • Kurang
  • Lebih

Menilai status gizi dengan cara antropometri berdasarkan
Berat badan / umur, untuk lebih mudahnya dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Rumus sederhana penentuan status gizi:

Berat Badan (Kg)
Lahir => 3,25
3 – 12 bulan     => {Usia(bulan)+9} : 2
1 – 6 tahun       => {Usia tahun)x2+8}
6 – 12 tahun     => {Usia(tahun)x7-5} :2

Nelson textBook Of Pediatrics, 14th ed, WB Saunders co.1992

Tinggi badan (cm)
Lahir                 => 50
0-1 tahun         => 75
02 – 12 tahun => Usia(tahun)x6+77

Nelson textBook Of Pediatrics, 14th ed, WB Saunders co.1992

 

C.Manfaat jangka panjang pijat kesehatan pada bayi

Selain manfaat jangka pendek seperti telah kita bicarakan sebelumnya, keuntungan jangka panjang pemijatan bayi adalah :

  • Membuka ikatan yang kuat antara orang tua dengan anak yang terbentuk atas dasar cinta dan keterbukaan komunikasi.
  • Menurunkan hiperaktifitas dan meningkatkan kelembutan sifat anak.
  • Memudahkan pembelajaran terhadap kesigapan, perkembangan fisik menjadi optimal, dan peningkatan koordinasi otot. Ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian.
  • Bagi orang tua dan kakaknya, pemijatan meningkatkan kesadaran akan manajemen pengelolaan mental dan teknik meredakan stress.
  • Memudahkan acara pelenturan setiap hari baik bagi orang tua maupun anak. Kemampuan untuk relaksasi dengan adalah mekanisme yang sangat bagus untuk mengatasi stress.
  • Menawarkan keuntungan kepada orang tua akan pemahaman mengenai sifat anak dan menemukan keuntungan tersendiri dalam meningkatkan komunikasi verbal dengannya.
  • Menciptakan suasana dan pemahaman akan pentingnya kreativitas dalam merawat anak.
  • Mengajarkan anak mengenai perbedaan sentuhan baik dan buruk.
  • Mengenalkan kepada bayi mengenai kontrol badan mereka.

Anak-anak yang memiliki hubungan dekat dengan orang tuanya cenderung memiliki hubungan lebih baik dengan sesamanya dan kepada yang lebih dewasa.

Manfaat ini akan berlanjut ketika kelak ia besar dan menjadi orang tua.

 

TIPS
Memulai pemijatan bayi

Banyak momentum dapat anda gunakan untuk memijat bayi, misalnya sehabis mandi, menjelang tidur, atau di saat santai. Yang perlu anda perhatikan adalah persiapannya.

Pastikan tangan anda bersih. Cuci menggunakan sabun atau obat anti kuman.

Pastikan kuku anda dalam keadaan terpotong pendek dan lembut. Kuku yang panjang atau kasar akan menggores kulit bayi.

Lepas cincin di jemari anda, cincin ini adalah logam yang dapat melukai kulit bayi, bahkan orang dewasa.

Gunakan minyak pelumas. Minyak zaitun, minyak kelapa murni, atau minyak bayi (baby oil) cukup mewakili.

Sediakan ruangan yang nyaman dan tidak banyak angin. Ruangan yang berangin membuat bayi cepat kedinginan dan masuk angin.

Beri alas yang lembut dan cukup lear. Saat proses pemijatan mungkin bayi banyak melakukan pergerakan sambil ingin tetap bermain.

Siapkan pakaiannya. Agar   dia tidak kedinginan setelah pemijatan maka pakaikan pakaian tersebut.

 

REVIEW
Aaa,eee, uuu

Dora dan Raffler Engel menyatakan bahwa sejak lahir, bayi dimanapun sudah mampu menghasilkan bunyi-bunyi vocal “aaa”, “eee”, atau “uuu.” Pada usia selanjutnya ujaran-ujaran tersebut sudah memiliki fungsi untuk menyatakan perasaan tertentu.

 

ANDA PERLU TAHU
Pentingnya belajar makan

Pada usia mendekati 1 tahun biasanya bayi kecil Anda menunjukan keinginannya untuk makan sendiri. Hal ini dapat membantu merangsang motoriknya, mengasah koordinasi antara gerakan tangan dan mata, juga meningkatkan rasa percaya diri.

Persilahkan si kecil makan sendiri setelah Anda suapi dengan porsi yang cukup

 

WARNING
Hati-hati membawa bayi ke dukun pijat

Sampai saat ini, keberadaan dukun pijat tradisional masih banyak. Bukan hanya di desa, tetapi di kotanya ramai, terutama di permukiman padat penduduk. Tukang pijat ini melayani pijat keseleo atau pegal-pegal.

Salah satu kebiasaan orang tua jaman dahulu adalah memijatkan bayinya ke dukun pijat ketika ia terserang penyakit atau rewel. Di ruang praktek pijat, bayi diurut dan ditekan dengan energi seperti memperlakukan orang dewasa. Minyak urutnya terdiri atas ramuan antara minyak kelapa dan rempah yang panas. Bayi meraung-raung seperti mengalami siksaan dan setelah itu ia meminum jamu juga dengan paksaan. Sepulang dari pijat ia tertidur dan tukang pijat mengklaim pasiennya ‘sembuh’ dari kerewelan.

Padahal, sesungguhnya ia tidur karena kelelahan dan pasrah setelah tangis protes dan rasa sakitnya tidak mendapat pembelaan. Bagi bayi, mungkin tukang pijat itu adalah penjahat yang menyakitinya, kemudian heran dengan anda yang lebih membela penjahat daripada dirinya.

Bila anda ingin memijat bayi, tidak demikian caranya. Beberapa Rumah Sakit telah membuka kursus pijat bayi, ikutilah kursus-kursus tersebut. Atau, baca buku-buku praktis pijat kesehatan untuk bayi.

 

AGENDA
Buat jadwal silaturahmi

Untuk bersosialisasi ajaklah bayi anda bersilaturahmi . Buatlah jadwal kunjungan kepada teman, tetangga, saudara, atau kerabat anda. manfaatkan hari libur (setiap akhir pekan atau hari besar). Misalnya, akhir pekan ini pergi ke rumah paman. Pekan depan ke rumah teman sekantor, pekan depannya lagi ke rumah sepupu, dan sebagainya.

 

[Yazid Subakti]

Minggu 49, Peningkatan Memori

Minggu 49, Peningkatan Memori

Kelahiran – Pada minggu ke 49 ini si buah hati mulai mendapatkan peningkatan memori. Dengan beberapa pengalaman baru, ia mulai bisa menjadi semakin lincah.

A. Bayi

  • Dengan otot yang kuat, ia mengisi hari-harinya dengan latihan berdiri. Akhir dari petualangan merangkak adalah menemukan tiang atau benda lain yang bisa untuk berpegangan, lalu mengangkat badan dan berdiri.
  • Memori untuk mengingat makin kuat dengan bertambahnya kemampuan kerja sel-sel otak. Ia mengingat jenis makanan dari bentuk dan aromanya.
  • Organ pencernaan di pekan ini sedang menyesuaikan dengan aneka makanan yang harus ia cerna. Dengan jenis makanan yang berbeda, ia akan mengeluarkan feses yang berbeda.
  • Karena tangannya yang makin terampil, anda bisa jadi menemukan gulungan kertas di fesesnya. Itu adalah sesuatu yang ia pungut dan ia telan kemarin.

 

B. Tanda – tanda anak sehat

Anak yang sehat memiliki tanda – tanda sebagai berikut :

  • Berat badan dan tinggi badannya selalu naik setiap bulannya
  • Tampak aktif/ lincah, gembira.
  • Matanya bersih dan bersinar
  • Bibir dan lidahnya merah
  • Rambut hitam
  • Bersih dan tidak mudah dicabut
  • Kulit bersih
  • Pencernaannya baik
  • Nafasnya segar
  • Gusi berwarna merah muda

 

C. Cupping (bekam) untuk kesehatan anda

Ini adalah prosedur kesehatan yang sangat efektif, mudah dan murah. Cupping adalah cara detoksifikasi dengan pengambilan darah yang kemungkinan mengandung racun. Darah di bagian tubuh tertentu dialirkan atau disedot menggunakan vakum, agar diganti oleh darah baru yang lebih segar dan bersih.

Keuntungan cupping paling umum adalah:

  • Menghilangkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Penyedotan darah dapat menghilangkan nyeri sakit gigi, sakit kepala, nyeri di rahim, dan sebagainya.
  • Menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Cupping dapat mengatasi hiperkolesterol, tekanan darah tinggi, asam urat, dan berbagai gangguan darah.
  • Terapi pengeluaran racun yang aman. Racun dikeluarkan dengan cara yang aman tanpa efek samping.
  • Tidak sakit dan tidak perlu persiapan khusus. Tusukan jarum sangat lembut dan kapanpun dapat dilakukan.
  • Biaya relatif lebih murah. Tidak diperlukan bahan atau pemeriksaan rumit sehingga biayanya menjadi murah.
  • Cupping adalah istilah standar dalam bahasa medis. Dalam bahasa lokal, cara ini telah lama populer dengan istilah bekam atau hijamah.

 

TIPS
Mengajak si kecil membaca

Anda dapat mengajak bayi ‘membaca’ buku atau apapun tulisan yang bermanfaat. Tujuannya bukan untuk merangsang bayi segera bisa membaca, tetapi memperdengarkan banyak kosakata dan menyukai buku.

Bawalah selalu buku ringan kapanpun saat anda bersama bayi.

Dalam posisi apapun, saat santai, bacakan buku itu sambil bersuara. Bayi mendengarnya, meskipun ia seperti tidak peduli.

Tunjukkan gambar yang menarik (misalnya gambar mobil, rumah, dan sebagainya) kepada bayi. katakan dengan kalimat panjang mengenai seluk beluk gambar tersebut. Misalnya”ini mobil. Dulu papa punya mobil lucu sekali. Rodanya empat, kacanya berlapis film. Setiap pagi dipanasi mesinnya kemudian mengantar mama ke pasar….” Dan seterusnya.

Bacalah buku dengan bahasa yang berbeda. Misalnya anda membaca novel berbahasa inggris, membaca kitab berbahasa Arab, membaca puisi bahasa daerah, dan sebagainya. Ketika besar nanti, perbendaharaan kata dan kemampuan bahasa anak-anak yang sejak bayi dibacakan buku jauh lebih baik daripada anak-anak yang tidak pernah dibacakan buku sejak kecil.

 

REVIEW
Bayi lebih cerdas dengan stimulasi sejak dalam kandungan

Dari beberapa penelitian menunjukkan, bayi yang mendapat stimulasi ketika dalam kandungan memiliki tingkat intelegensi lebih tinggi 14 poin daripada yang tidak mendapatkan stimulasi

 

ANDA PERLU TAHU
Bayi sesar juga bisa IMD

Bayi sesar juga dapat menjalani IMD (inisiasi menyusu dini). Semua tergantung pada kondisi bayi dan ibunya. Kondisi Ibu setelah sesar pada umumnya masih dalam keadaan setengah sadar akibat pengaruh obat anestesi. Sedangkan beberapa bayi harus dipasang selang untuk membantu pernafasan. Namun IMD masih mungkin untuk dilakukan.

 

WARNING
Jangan menjadi korban iklan

Iklan di TV tentang susu formula dan berbagai produk bayi sangat menggiurkan. Anda melihat tayangan bayi yang cerdas dan ceria karena minum susu dengan merk tertentu.

Tentu saja itu hanyalah iklan, dan tayangan itu adalah akting. Jika anda mulai tergiur, diskusikanlah bersama suami untuk menjawab apakah bayi anda butuh akan produk tersebut. Bedakan antara ‘butuh’ dan ‘ingin’, dan pisahkan antara kehendak anda dengan kemauan bayi anda. Jangan terpengaruh dengan cerita tetangga mengenai kehebatan produk tersebut.

Jangan langsung membandingkan merk antara produk satu dengan lainnya. Jika anda harus mencari informasi tentang produk yang ditawarkan, pelajari hal-hal mendasar dari produk tersebut. Misalnya, jika itu adalah produk susu formula, pelajari dulu tentang susu sapi, susu skim, proses pembuatan susu, proses fortifikasi, dan seberapa butuh bayi anda. Mungkin Anda akan berkesimpulan bahwa semua susu formula itu kira-kira sama. Anda akan tahu bahwa zat campuran yang menjadi keunggulan merk tertentu itu tidak bisa bayi serap, atau anda akan menertawakan produk tertentu yang mengklaim dapat meningkatkan kekebalan bayi hanya dengan fortifikasi senyawa buatan.

 

AGENDA
Tempelkan aneka gambar di dinding

Bayi anda perlu melihat aneka gambar yang mewakili anda yang sesungguhnya.
Tempelkan berbagai gambar benda di dinding kamarnya. Saat a ceria ajak bermain dengan menunjuk gambar tersebut dan anda sebutkan namanya.

Tidak masalah jika anda anda juga mulai menempel huruf alfabet, huruf hijaiyah, dan angka.

 

[Yazid Subakti]

Minggu 47, Bergerak Dengan Keterampilannya

Minggu 47, Bergerak Dengan Keterampilannya

Kelahiran – Pada minggu ke 47 ini si buah hati mulai dapat bergerak dengan keterampilannya. Dengan beberapa pengalaman baru, ia mulai bisa menjadi semakin lincah.

A. Bayi

  • Pergerakan yang ia lakukan pada pekan ini dilakukan dengan begitu terampil. Ia duduk dan bergoyang ketika mendengar lagu kesukaan, atau memukul-mukul mainannya dengan tempo dan bilangan tertentu.
  • Teknik merangkak begitu sempurna. Banyak gerakan baru ia ciptakan pekan ini, baik gerak tangan, kaki, atau kepala.
  • Ia belum mengangguk tetapi sudah menggeleng. Ini sudah cukup untuk berlatih bahasa isyarat lebih jauh yang memperkuat ekspresinya untuk berkomunikasi.
  • Ketika menemukan tumpukan bantal ia sangat senang karena dapat berlatih berdiri.
  • Mungkin giginya sudah bertambah. Akibatnya, gusinya bengkak dan sedikit rewel.
  • Kenaikan berat badannya tidak secepat bulan-bulan awal karena banyak energi yang terpakai untuk pergerakan.

 

B. Sayuran penguat sistem imun

1). Tomat

  • Kandungan gizi yang terdapat dalam tomat adalah beta karoten, vitamin C, serta lycopene.
  • Tomat mengandung zat anti karsinogenik serta antioksidan. Karena kandungan antioksidan serta vitaminnya maka tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh melawan penyakit serta radikal bebas.
  • Dapat dikonsumsi segar maupun diolah

2). Wortel

  • Kandungan vitamin A yang sangat tinggi sehingga identik dengan kesehatan mata. Kadar Betakaroten yang dikandungnya merupakan zat anti oksidan.
  • Wortel mentah merupakan sumber zat gizi yang sangat baik seperti vitamin A, C, B1, B6 dan asam folat serta mineral potasium dan magnesium, sumber serat, mengandung zat antioksidan, dan antikarsinogenik.

3). Brokoli

  • Sayuran berwarna hijau gelap ini juga mengandung kalsium sangat tinggi yang tidak kalah dengan susu.
  • Mengandung pula Vitamin A, C, Asam Pantotenat dan Asam Folat serta mineral Zat besi, Zink, Magnesium, Phospor dan Potassium, flavonoid, antikarsinogenik serta antioksidan.
  • Zat gizi yzng terdapat dalam brokoli dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam brokoli lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk.

4). Bayam

  • Antioksidan, vitamin C, betakaroten dan lutein terkandung dalam banyak. Sehingga bayam dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh anak
  • Dari jenis sayuran hijau, bayam paling kaya akan zat besi. Selain itu bayam juga mengandung asam folat, kalium, kalsium, cholorofile, luthein antikarsinogenik.

5). Bokcoy (sawi Cina)

  • Sayur bokcoy termasuk golongan brokoli dengan manfaat yang tidak berbeda dengan brokoli.
  • Bokcoy mengandung beta karoten, asam folat, vitamin C, kalium, chlorophyll, isothiocynates, antikarsinogenik dan antioksidan

 

C. Sinar Biru dan kecerdasan bayi

1. Sinar Biru

Sinar biru adalah sinar dengan panjang gelombang 400-500 nanometer. Sumber terdekatnya adalah lampu neon dan tabung CRT (layar televisi atau monitor komputer).

Lensa mata bayi pada saat dilahirkan masih bening. Secara bertahap lensa ini akan berubah menjadi kuning, sejalan dengan usianya. Perubahan warna lensa ini berfungsi menghambat sinar biru yang melewati lensa. Semakin bertambah usia manusia, semakin kecil risiko gangguan.

Persentase sinar biru yang mencapai retina pada usia 0-2 tahun sebesar 70-80%, sedangkan pada usia 60-90 tahun hanya 20%.

Saat sinar ini memancar dan ditangkap oleh mata bayi, maka bayi berisiko mengalami kerusakan pada matanya.

Besarnya risiko ini tergantung pada intensitas cahaya dan durasi paparan. Misalnya jika ia terlalu lama menonton televisi dari jarak yang dekat maka resiko kerusakannya akan lebih besar.

Pada bayi, sinar biru ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti rabun jauh (myopia). Ia akan mengalami kesulitan membaca.

2. Perlindungan dari sinar biru

Perlindungan terhadap bahaya sinar biru dapat dilakukan dengan mengurangi kebiasaan menonton televisi dan menjaga jarak pandangnya tidak terlalu dekat. Selain itu, bayi harus mendapat asupan makanan yang kandungannya dapat melindungi mata, misalnya lutein.

Lutein merupakan jenis karotenoid alami yang terdapat pada ASI, sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah, orange dan kuning. Contoh sayur dan buah yang mengandung lutein adalah tomat, wortel, bayam, paprika, mangga, strawberry, dan jambu biji.

3. Hubungannya dengan kecerdasan

Selain pendengaran dan sentuhan, penglihatan adalah pintu utama bayi untuk mempelajari dunianya. Dari mata ini obyek direspon otak, kemudian sel-sel otak mulai bekerja. Sel retina pada mata berasal dari sel neuroektodermal (lapisan terluar saraf), seperti halnya sel otak. Kedua sel tersebut saling berhubungan sehingga jika penglihatan bayi bagus, maka input yang masuk ke otak akan lebih bermanfaat. Semakin banyak yang dapat dilihat oleh si kecil, semakin kuat hubungan antar sel saraf di otak. Jika penglihatannya buruk, maka pertumbuhan retina terhambat dan otak tidak merespon dengan baik.

Inilah alasannya, mengapa televisi yang tidak dimengerti programnya oleh bayi pun dapat menurunkan kecerdasannya.

TIPS
Menyiasati TV agar tidak berdampak negatif

Sejak bayi, anak-anak sudah memiliki ketertarikan terhadap TV. Ia tidak memahami isi programnya, tetapi layar bercahaya dengan suara dan gambar yang bergerak-gerak adalah pemandangan yang menarik baginya. Kelak ia semakin suka setelah tahu bahwa banyak hiburan didapat dari TV.

Jauhkan TV dari kamar bayi. Posisi T V sebaiknya tidak berdekatan dengan dinding kamar bayi.

Nyalakan TV hanya pada saat anda benar-benar membutuhkan saja. Hindari menjalankannya terlalu lama di siang hari saat bayi bermain-main.

Sebisa mungkin hindari mengajak bayi bermain di depan TV, sedangkan anda menjaganya sambil menonton TV. Ini sama saja anda mengajaknya menonton TV.

Kecilkan volume TV atau gunakan headset berkabel panjang. Bayi yang tidur dapat terbangun ketika mendengar suara TV anda nyalakan.

Hindari menaruh TV dengan meja yang terlalu rendah. Posisi rendah memudahkan bayi mendekatinya. Selain cahaya sinar biru, aliran listrik TV tidak bersahabat bagi bayi.

 

REVIEW
Stimulus dan jalinan sel otak

Peneliti otak, Dr, Marian Diamond, telah menghabiskan waktu selama 30 tahun untuk meneliti otak. Ia mengungkapkan bahwa pada umur berapa pun sejak lahir hingga mati kemampuan mental Anda dapat ditingkatkan melalui rangsangan lingkungan. Semakin terangsang otak Anda dengan aktivitas intelektual dan interaksi lingkungan maka akan semakin banyak jalinan yang dibuat antar sel – sel.

 

ANDA PERLU TAHU
Bingung puting

Bayi bingung puting adalah masalah menyusui yang timbul karena bayi yang masih terlalu kecil mengalami kebingungan antara menghisap puting dengan botol susu. Bingung puting terjadi jika ibu yang biasa memberi ASI lewat payudara, lalu beralih menyusui menggunakan botol susu. Ketika akan diberikan penyusuan lewat payudara lagi, bayi kemungkinan menolaknya. Ini lantaran dot botol lebih lancar mengeluarkan susu daripada lewat payudara. Untuk menghindari hal ini sebaiknya jika Anda memberikan ASI perah/susu formula gunakanlah sendok/pipet.

 

WARNING
Jangan gunakan baby walker

Banyak bayi di sekeliling anda menggunakan baby walker. Tampaknya mereka ceria menggunakannya dan tidak rewel ibunya tidak bersamannya. Sang ibu berharap bayinya mandiri dan sesuai dengan nama alat tersebut, bayi akan terangsang untuk belajar berjalan.

Tetapi apakah sesungguhnya yang terjadi?

Baby walker adalah alat yang dijauhi di beberapa negara maju (Misalnya di Amerika, American Academy of Pediatric telah melarangnya) karena menimbulkan dampak buruk yang serius bagi bayi. Dampak langsung adalah selangkaan bayi (yang di dalamnya terdapat anus dan alat kelamin) sering sakit, bengkak, dan meradang gara-gara baby walker ini.

Gangguan buang air (besar maupun kecil) juga menjadi penyebab alat ini mulai ditinggalkan.
Baby walker dengan roda tanpa kunci penghenti memungkinkan bayi yang ada di atasnya meluncur dan menabrak dinding, terjun dari atas tangga, atau masuk ke got depan rumah. Sementara itu fungsi sebagai alat bantu berjalan ternyata tak pernah terbukti efektif, sebab bayi akan memilih waktu sendiri kapan ia mulai berjalan.

Di Amerika, ibu-ibu membuktikan bahwa bayi yang menggunakan baby walker ternyata justru lebih lambat kemampuannya berjalan daripada bayi yang lepas secara alami (belajar berjalan tanpa alat)

 

AGENDA
Buat aturan tentang menonton TV

Sekarang mulailah membuat aturan mengenai TV agar tidak terus menerus menontonnya (Oleh anda sendiri, suami, atau orang lain yang hadir di rumah anda)

Bicarakan dengan suami mengenai posisi TV, volume saat menonton TV, jam-jam yang aman untuk menonton televisi. Tuliskan kesepakatan di komputer dengan huruf ukuran agak besar. Cetak dan tempelkan di ruangan dekat TV anda.

 

[Yazid Subakti]