3 Mitos Unik Seputar Pendidikan Anak di Jogja ~ Mitos Jogja

Mitos Jogja ‘Bener’ atau enggak sih? Tentang mitos-mitos mistis yang ‘katanya’ banyak terdapat di jogja. Sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi para pelancong – wisatawan lokal, untuk membicarakan mitos-mitos mistis yang ada di jogja. Berbagai mitos pun senantiasa menarik untuk diperbincangkan. Sehingga, dengan sendirinya mitos-mitos tersebut tanpa disadari telah menciptakan beragam mitologi dari banyak sudut pandang masyarakat adat di yogyakarta. Opini yang paling mashyur adalah mitos- mitos seputar tempat wisata di jogja. “Katanya”… sampai ada larangan-larangan tertentu yang tidak boleh dilanggar ketika berkunjung ke tempat wisata di jogja. Salah satu contoh misalnya, anjuran agar tidak memakai baju berwara hijau saat memasuki area pantai. Anjuran ini tidak masuk ke dalam larangan perundang-undangan ya ayah bunda. Menurut cerita masyarakat, anjuran tersebut dikhawatirkan akan melanggar ‘asas kesopanan’ terhadap keberadaan Nyi Roro Kidul. Sosok wanita mistis yang sering digambarkan dalam rupa cantik jelita itu diyakini akan marah apabila ada yang menyainginya dalam berpakaian.

Mitos Pohon Beringin di Alun-Alun Jogja

Masih seputar cerita mistis tempat wisata di jogja. Situs wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup viral di jogja, alun-alun kidul. Tempat wisata yang terkenal dengan mitos pohon beringin kembarnya. Meski di Jogja ada banyak pohon beringin, sepertinya duo beringin kembar inilah yang paling menyita perhatian wisatawan. Konon katanya, apabila sepasang kekasih berhasil melewati persimpangan dua pohon ini dengan mata tertutup, berarti hubungan keduanya akan berlangsung langgeng selamanya. Wah… wah… seperti ujian kesetiaan saja ya ayah bunda!? Sampai hari ini pun apabila ayah bunda mengunjungi alun-alun kidul, masih banyak pasangan muda-mudi yang antusias untuk melewati pohon tersebut dengan mata tertutup.

Selain kedua mitos tadi, masih banyak mitos-mitos lain yang menyelimuti daerah istimewa yogyakarta. Seperti mitos di kawasan malioboro yogyakarta, mitos tugu jogja, mitos taman sari jogja, dan mitos seputar kraton jogja, dimana mitos seputar kraton jogja ini termasuk salah satu diantara mitos-mitos  paling populer di indonesia. Baru-baru ini, seperti diberitakan oleh salah satu portal berita online nasional. Bahwa MENKOPOLHUKAM kita, Bapak Mahfud MD. Mengutip dari portal berita tersebut, bahwa Pak Mahfud MD. memaparkan, ketika ia berkuliah di UGM dulu, ia sering mendengar suara drumband malam hari di jogja. “Yang aneh-aneh juga di Yogya banyak, nggak aneh, agak-agak mistis. Gini, saya tidak tahu apa semuanya sama dengan saya,” kata Pak Mahfud MD, Minggu (17/11/2019).

Latar Belakang Kemunculan Mitos

Mitos Jogja – Sejatinya mitos adalah buah pikir masyarakat atas kejadian-kejadian spektakuler yang terjadi di masa lampau. Adalah fitrah kita sebagai manusia, bahwa ketika kita melihat, ataupun mendengar suatu kejadian berunsur traumatik, maka secara psikologis diri kita akan merespon dengan melakukan mitologi praktis untuk menafsirkan kejadian tersebut. Kita ambil salah satu contoh. Katakan saja… telah terjadi pencurian di rumah ayah bunda malam tadi. Saat terbangun dari tidur, dan menyadari bahwa salah satu barang berharga yang ada di rumah telah hilang. Pintu terbuka, lalu ada jejak telapak kaki yang mencurigakan. Secara alamiah, saat itu fikiran ayah bunda pasti akan bereaksi, dan mulai menganalisa kejadian tersebut bukan?! Hingga akhirnya… ayah bunda menyimpulkan, bahwa “ada maling yang berhasil masuk kerumah”.

Pola penafsiran semacam itulah yang terjadi pada masyarakat dimasa lalu, terkait mitos. Hasil dari penafsiran tersebut kemudian dibawa, diperkuat, lalu dibubuhi dengan opini-opini yang multi perspektif, oleh tokoh serta kaum adat kelompok masyarakat tertentu. Begitulah sebuah mitos sampai kepada generasi kemudian. Maka tidak heran, jika sekarang kita mendapatkan ada banyak mitos di berbagai wilayah Nusantara.

MITOS-MITOS SEPUTAR PENDIDIKAN ANAK

Mitos Jogja – Adanya mitos tidak hanya terdapat pada situs-situs wisata saja. Namun jika disadari, ternyata  ‘mitos’ juga terdapat pada pola pengasuhan anak. Yap! Berbagai mitos seputar pengasuhan anak secara turun temurun telah diwariskan oleh generasi-generasi lampau kepada kita. Apa saja mitos-mitos tersebut?

1. Bayi Menangis Pada Malam Hari Karena Diganggu Hantu

Ayah bunda pasti pernah mendengar mitos seperti ini. Tapi, kira-kira benar tidak ya, kalau anak bayi yang menagis ditengah malam itu karena gangguan hantu? Jawabannya… tidak selalu demikian. Memang benar adanya, bahwa makhluk halus atau Jin, kerap mengganggu manusia tak terkecuali anak bayi. Namun perlu kita ketahui bahwa tidak selalu pula, anak bayi yang menangis pada malam hari dikarenakan gangguan Jin. Penyebab yang membuat bayi menangis pada malam hari bisa juga karena faktor kehausan, atau gangguan kesehatan.

2. Bayi yang Memiliki Dua Unyeng-Unyeng, Berpotensi Menjadi Anak Nakal

Tidak benar, bahwa bila dikatakan anak yang memiliki dua unyeng-unyeng di kepalanya berarti akan menjadi anak yang nakal dikemudian hari. Unyeng-unyeng adalah gumpalan atau pusaran rambut yang tumbuh dengan arah berbeda dari rambut lainnya (memutar spiral). Unyeng-unyeng ini dapat ditemukan di setiap kepala manusia. Pusaran tersebut memiliki beberapa mitos yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, diantaranya unyeng-unyeng sebagai titik pusat nyawa dan penentu sifat anak. Anak yang unyeng-unyengnya dua atau lebih akan tumbuh jadi anak keras kepala atau nakal. Tidak jarang juga orang tua mempercayai bahwa unyeng-unyeng mempengaruhi masa depan. Makin banyak unyeng-unyeng, semakin nakal pula si anak di masa mendatang. Hal ini jelas adalah mitos.

3. Bayi yang sering Digendong Akan Jadi Anak Manja

Jangan sering menggendong bayi agar tidak manja. Menggendong adalah kebiasaan yang sudah turun-temurun antara ibu dengan bayinya. Kini, telah ditemukan bahwa ‘menggendong’ memiliki manfaat yang sangat besar baik bagi bayi, maupun ibunya.
Ada banyak yang didapatkan oleh bayi dari manfaat gendongan ibunya. Di antaranya adalah,

  •  Meningkatkan Berat badan bayi

Penelitian mengungkap bahwa bayi yang digendong mendapat pertumbuhan berat badan lebih cepat daripada bayi yang hanya ditidurkan. Selain itu, risiko gangguan apnea (terhentinya napas secara tiba-tiba) ditemukan berkurang pada bayi yang digendong.
Para spesialias anak di Amerika Serikat telah menggunakan terapi peningkatan berat badan, terutama bagi bayi prematur, dengan merubah kebiasaan menidurkan bayi di inkubator menjadi gendongan yang diberikan kepada ibu

  • Memperbaiki perkembangan

Selain itu, kedekatan dengan ibu ketika ia digendong membantu bayi untuk berkembang lebih baik. Dekat dengan ibu akan menarik bayi untuk lebih sering menyusu. Kehangatan ibu menjaga bayi tetap hangat, dan gerakan ibu menenangkan bayi, sehingga bayi bisa mengalihkan tenaganya yang digunakan untuk menangis ke proses pertumbuhan. Gerakan dan tarikan napas ibu menstimulasi bayi untuk bernapas sehingga bayi-bayi ini jarang mengalami keadaan tak bernapas sesaat atau apnea. Ibu berperan sebagai pengatur irama napas bayi.

Dengan penjelasan di atas, sudah jelas kan ayah bunda? Bahwa opini Bayi yang sering digendong akan jadi anak manja adalah mitos belaka.

Mitos Dalam Pandangan Islam

Mitos Jogja – Dalam agama Islam mitos masuk dalam kategori tathayyur. Tathayyur adalah menggantungkan nasib pada sesuatu, selain Allah. Tathayyur merupakan perilaku yang tercela dan bagian daripada kesyirikan. Kelak pada hari kiamat, akan ada 70 ribu orang keluar dari serombongan yang besar sekali jumlahnya, dimana mereka akan memasuki Surga tanpa hisab. Mereka semua adalah umat Rasulullah Sallallahu’alaihi wa salam. Ketika para sahabat bertanya kepada Nabi tentang mereka, Nabi pun menjawab bahwa mereka adalah orang yang tidak diruqyah, dan tidak bertathayyur.

Ibnul Qayyim rahimahullah menuturkan: “Orang yang bertathayyur itu tersiksa jiwanya, sempit dadanya, tidak pernah tenang, buruk akhlaknya, dan mudah terpengaruh oleh apa yang dilihat dan didengarnya. Mereka menjadi orang yang paling penakut, paling sempit hidupnya dan paling gelisah jiwanya. Banyak memelihara dan menjaga hal-hal yang tidak memberi manfaat dan mudharat kepadanya, tidak sedikit dari mereka yang kehilangan peluang dan kesempatan (untuk berbuat kebajikan-pent.).”  Miftaah Daaris Sa’aadah (III/273) ta’liq dan takhrij Syaikh ‘Ali Hasan al-Halabi.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil Pada Trimester Ke-3 ll Persalinan Jogja

tanda bayi lapar

Persalinan Jogja Trimester ke-3 dihitung sejak usia kandungan memasuki 28 s/d 40 minggu. Situasi yang “sangat tidak mengenakan” akan muncul kala ibu hamil memasuki fase ini. Tentu saja… siklus ini akan dialami oleh seluruh ibu hamil manapun. Gejala-gelaja seperti berat badan yang naik secara signifikan, bengkak pada kaki, payudara, serta pergelangan tangan dan kaki, kontraksi, juga gejala lainnya adalah perubahan yang lazim terjadi pada akhir trimester kehamilan. Dalam keadaan yang menyulitkan tersebut, ibu hamil harus memastikan, bahwa diri dan janinnya tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Asupan nutrisi tidak hanya penting dikonsumsi ibu hamil saat trimester ke-3 saja. Makanan-makanan padat nustrisi terutama yang mengandung vitamin prenatal sudah harus dikonsumsi rutin, bahkan sejak awal kehamilan. Apa saja ya… nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, terutama saat trimester ke-3? Berikut ini aqiqah al-kautsar mencoba merangkumnya untuk ayah bunda. Selain jenis-jenis vitamin prenatal, kita juga akan memaparkan, apa-apa saja fungsi dari nutrisi-nutrisi tersebut. Silahkan di simak ya… ayah bunda!?

Asam Folat 400 mcg/Hari

Persalinan Jogja – Anencephaly adalah keadaan dimana tempurung belakang dan struktur otak tidak terbentuk dengan sempurna. Hal ini biasanya dialami pada janin yang kekurangan asupan asam folat. Asam Folat atau vitamin B9 menjadi nutrisi yang paling utama dibutuhkan bagi perkembangan janin. Setidaknya wajib bagi BUMIL mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg/hari. 

Rata-rata kasus  Anencephaly pada janin berakhir dengan kematian. Skala perbandingannya ialah 2 berbanding 10. Bayi yang berhasil dikeluarkan, akan mengalami cacat secara permanen, atau meninggal sebelum melewati usia 1 bulan. Betapa pentingnya asam folat dalam mencegah terjadinya kasus Anencephaly. Adapun asam folat bisa didapatkan dari makanan dan multivitamin praktis. Cara yang paling mudah dalam mendapatkan asam folat adalah dengan mengkonsumsinya multivitamin yang biasa di resepkan dokter kandungan. Sementara untuk mendukung asupannya, ibu hamil bisa mendapatkan asam folat dengan mengkonsumsi sayur mayur.

  • Asparagus

Asparagus adalah jenis  sayuran hijau yang bisa didapatkan di supermarket.  Tanaman tanpa daun ini didominasi oleh batang muda dengan tekstur yang renyah. Bentuknya seperti pohon bambu yang dikecilkan. Sayuran ini memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi. Kandungan asam folat pada Asparagus sangat bermanfaat dalam memperlancar saluran Urin, sehingga dapat membantu kinerja ginjal dalam tubuh. Selain itu, kandungan asam folat pada asparagus juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin.

  • Bayam

Amaranthus atau yang biasa kita sebut dengan “Bayam”. Sayuran berdaun hijau yang satu ini mudah sekali didapatkan. Selain ada di pasar tradisional, bayam juga bisa ditanam di pekarangan rumah menggunakan wadah-wadah minimalis seperti pipa, bambu, pot dan yang lainnya. Walau mudah didapatkan seerta harganya pun relatif murah, ternyata bayam adalah salah satu sayuran dengan kandungan asam folat yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi bayam, ibu hamil akan mendapatkan tambahan asupan asam folat secara alami.

  • Kacang Merah

Red Bean! Dalam kehidupan sehari-hari kita menyebutnya kacang merah. Kandungan asam folat pada kacang merah juga sangat tinggi loh ayah bunda!? Selain banyak dikonsumsi oleh ibu hamil, biasanya red bean juga digunakan sebagai campuran sup dan varian es krim. Mendapatkannya jug sangat mudah. Red bean senantiasa tersedia di pasar tradisional dan supermarket.

  • Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin A, B, C, E, dan K, kalium, magnesium, lutein, karbohidrat, protein, dan asam folat yang tinggi. Sangat baik untuk pertumbuhan janin ibu hamil. Dengan mengkonsumsi Alpukat, ibu hamil dapat meminimalisir teradinya Anencephaly pada janin.

Merencanakan Aqiqah Sejak Buah Hati Dalam Kandungan

Rencana Aqiqah Merencanakan aqiqah buah hati sejak dini adalah sikap yang sangat tepat. Kenapa? Karena… aqiqah adalah ibadah yang pelaksanaannya jatuh pada hari ke-7 kelahiran. Apabila perencanaan dilakukan pasca kelahiran, sangat mungkin sekali bahwa beberapa keputusan akan diambli dengan gegabah. Selain itu, pasca melahirkan adalah waktu istirahat bagi bunda setelah melalui masa kehamilan yang panjang dan melelahkan. Sebaiknya memberikan momentum untuk sang bunda agar mendapatkan waktu istirahat dengan baik. Oleh sebab itulah waktu perencanaan aqiqah yang paling tepat adalah trimester kehamilan ke-3.

Selain memilih jasa aqiqah siap saji yang tepat, perencaan aqiqah hendaknya juga dimulai dengan mempelajari seluk beluk aqiqah secara spiritual. Hal ini bertujuan untuk mengokohkan niat didalam hati. Aqiqah bukanlah tradisi kebudayaan ataupun bagian dari adat istiadat suku tertentu. Sebaliknya, aqiqah merupakan ritual ibdadah yang pelaksanaannya tidak dilakukan, kecuali karena mengharap keridhaan dan pahal dari Allah tuhan semesta alam. Sehingga, mempelajari seluk beluk aqiqah menjadi penting dalam mengokohkan kedudukannya.

Niat Yang Lurus

Persalinan Jogja Ibadah tidak akan diterima kecuali dengan 3 hal, yakni Iman, Ilmu, dan Ikhlas. Diantara ketiga element tersebut, yang kurang mendapatkan perhatian adalah ilmu. Tanyakanlah pada diri kita sendiri, sejauh mana kita memperhatikan ilmu pada amal-amal kita. Apabila memakai skala perbandingan atas banyaknya umat islam saat ini, rasanya hanya sedikit orang yang benar-benar mempehatikan hal ini. Mudah-mudahan kita dapat mengambil hikmah dari penyataan di atas, bahwa penting untuk mempelajari ilmu sebelum beramal.

Termasuk ibadah aqiqah, dibutuhkan ilmu dalam menunaikannya. Apa ilmunya? Salah satunya adalah sejarah dijadikannya aqiqah sebagai ibadah.

عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ الضَّبِيّ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَعَ اْلغُلاَمِ عَقِيْقَةٌ فَاَهْرِيْقُوْا عَنْهُ دَمًا وَ اَمِيْطُوْا عَنْهُ اْلاَذَى

Dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy, dia berkata : Rasulullah bersabda : “Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” [Shahih Hadits Riwayat Bukhari (5472)]

Ilmu, Sebagai Tuntunan Dalam Melaksanakan Aqiqah

Persalinan Jogja – Menuntut ilmu adalah keutamaan dalam agama. Sejak dahulu, Allah telah menurunkan berbagai macam cabang ilmu ke seluruh penjuru bumi, yang kemudian dijadikan sebagai sumber hukum dan petunjuk oleh manusia.

Ibnu Qayyim berkata,

ولو لم يكن في العلم الا القرب من رب العالمين والالتحاق بعالم الملائكة وصحبة الملأ الاعلى لكفى به فضلا وشرفا فكيف وعز الدنيا والآخرة منوط به ومشروط بحصوله

Seandainya keutamaan ilmu hanyalah kedekatan pada Rabbul ‘alamin (Rabb semesta alam), dikaitkan dengan para malaikat, berteman dengan penduduk langit, maka itu sudah mencukupi untuk menerangkan akan keutamaan ilmu. Apalagi kemuliaan dunia dan akhirat senantiasa meliputi orang yang berilmu dan dengan ilmulah syarat untuk mencapainya” (Miftah Daaris Sa’adah, 1: 104).

Diantara tatacara menunaikan aqiqah antara lain,

  1. Menyembelih Hewan sembelihan, yakni kambing ataupun domba.
  2. Mencukur rambut bayi sebagai pembersihan untuknya.
  3. Menyematkan nama yang baik untuk sang bayi.

Tidak hanya menunaikan aqiqahnya saja, dianjurkan juga agar bayi ditahnik dengan kurma. Seperti yang dilakukan oleh Abu Musa, sahabat Nabi.

Dari Abu Musa Radhiyallahu ‘anhu ia berkata,

وُلِدَ لِي غُلاَمٌ، فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِيَّ j، فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيْمَ، فَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ، وَدَعَا لَهُ بِالْبِرَكَةِ؛ وَدَفَعَهُ إِلَيَّ

“Aku dianugerahi seorang anak, kemudian aku membawanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau menamainya dengan Ibrahim, mentahniknya dengan kurma serta mendo’akannya agar ia diberkahi. Kemudian beliau menyerahkannya kembali kepadaku.”

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat, barakallahufikum.

5 Perlengkapan Bayi Jelang Hari Persalinan ll Persalinan Jogja

Persalinan JogjaHadirnya buah hati merupakan impian setiap pasangan menikah di seluruh dunia. Kekayaan harta maupun tahta tentu tidaklah sebanding jika dibandingkan dengan kebahagiaan memiliki seorang anak. Kebahagiaan tersebut juga merupakan rezeki dan rahmat yang datangnya dari Allah azza wa jalla. Karenanya, sudah sepantasnya orang-orang yang memperoleh hal tersebut wajib bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Pada masa-masa menjelang hari kelahiran, ibu hamil biasanya akan di liputi dengan dua perasaan yang saling bertolak belakang. Perasaan tersebut ialah perasaan bahagia dan perasaan cemas. Dimana keduanya datang pada saat yang bersamaan. Bahagia sudah pasti bukan? Memiliki buah hati adalah impian setiap wanita di dunia. Jadi sudah pasti perasaan bahagia yang tiada terlukiskan terasa sangat wajar dialami saat hari persalinan hampir tiba. Di sisi lain, mencekamnya proses persalinan juga datang meghantui. Rasa cemas, khawatir dan juga takut, bercampur jadi satu dalam suasana yang sangat mencekam.

Pada situasi inilah, pasangan suami istri hendaknya waspada terhadap “kelalaian” dalam mengahadapi hari persalinan. Tidak jarang orang-orang menjadi “lupa” sangking paniknya situasi tersebut. Hindari kepanikan diri!? Karena jika sudah panik, maka persiapan-persiapan yang seharusnya bisa dengan mudah dibereskan, justru luput dan membuat keadaan menjadi semakin berantakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kira-kira persiapan apa saja ya… yang harus kita lakukan?

Tim Parenting Qur’an Al-Kautsar mencoba untuk mengingatkan ayah-bunda, agar lebih teliti lagi didalam mempersiapkan barang bawaan inti menjelang persalinan. Berikut ini adalah 5 perlengkapan utama yang harus dibawa tatkala menghadapi persalinan.

1. Pakaian Bayi

Kami ucapkan selamat ya ayah bunda!? Sebentar lagi anggota keluarga baru segera hadir. Nah… sudah seberapa jauh nih persiapannya? Pakaian bayi jangan sampai lupa yah!? Berhubung akan menginap di Rumah Sakit atau Klinik Kebidanan, setidaknya bawa juga pakaian ganti untuk ayah bunda.

2. Popok Bayi(Bahan Kain)

Bayi yang baru dilahirkan pasti langsung mengalami “defekasi”. Saat defekasi atau pup, ayah bunda pasti sudah tau dong… harus ngapain? Yup! Mengganti popok!? Carilah popok berbahan kain, selain karena lebih aman untuk kulitnya yang masih sensitif, popok berbahan kain juga tidak mengakibatkan iritasi, sehingga lebih nyaman ketika di pakai bayi.

3. Sarung Tangan dan Kaus Kaki

Bayi yang baru lahir itu kan sensitif… maka sudah pasti memerlukan suhu ruangan yang hangat. Selain ruangan dengan suhu yang baik, ayah bunda juga harus menyiapkan sarung tangan dan kasu kakinya ya!!? Hal itu penting, demi menjaga keadaan sang buah hati tetap dalam suhu yang hangat.

4. Tissu Basah

Untuk barang selanjutnya adalah tissu basah. Keadaan bayi yang sangat sensitif membutuhkan perhatian khusus. Oleh karenanya penting agar selalu menyediakan tissu basah. Tissu basah bisa di gunakan untuk membersihkan bagian sensitif bayi saat pup atau pipis.

5. Kain Bedong & Selimut

Suhu yang dingin bisa datang kapan saja tanpa diduga-duga. Karena itu sangat penting sekali mempersiapkan barang-barang inti saat persalinan. Kain bedong!? Kain bedong mejadi salah satu yang paling penting. Selain melindungi perut dan juga bagian tubuh atas bawah leher sang bayi, kain bedong juga berfungsi sebagai penghangat tubuh dari udara dingin.

Rekomedasi Makanan Sehat Jelang Persalinan

Persalinan Jogja – Jelang datangnya hari persalinan, ayah bunda harus memperhitungkan dengan sedetil mungkin hal-hal yang diperlukan. Seperti tadi kita sudah paparkan diatas, setidaknya ada 5 barang yang mesti di siapkan jelang datangnya hari persalinan. Selain persiapan secara tekhnis, persiapan psikologis juga tak kalah penting ya ayah bunda. Terutama persiapan mental. Penelitian menunjukan, bahwa orang yang berada dalam tekanan akan mengalami pemborosan energi. Tatkala psikologis seseorang tertekan, maka tubuhnya akan merespon dengan melakukan peningkatan konsentrasi yang berimbas pada terciptanya kecemasan. Pada keadaan tersebut, tubuh akan lebih cepat menghabiskan energi.

Akibat meningkatnya rasa cemas pada pra persalinan, dapat dipastikan bahwa ibu hamil akan membutuhkan banyak asupan energi. Untuk mengatasi hal tersebut, tentu solusinya antara lain dengan menyediakan makanan padat nutrisi. Selain makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang baik, makana yang disiapkan juga harus dalam keadaan mudah dicerna. Nah, berikut ini adalah rekomendasi makanan sehat mudah cerna yang di butuhkan ibu hamil jelang hari persalinan.

Kentang Tumbuk Madu

Siapa yang tidak kenal dengan Kentang Tumbuk? Makanan yang satu ini biasanya di santap ketika seseorang sedang sakit. Selain sebagai pengganti nasi, kentang tumbuk sangat tepat di konsumsi oleh ibu-ibu hamil pada saat menjelang hari persalinan. Kentang merupakan makanan kaya serat dan memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain berfungsi sebagai asupan energi, tekstur kentang yang lembut juga baik untuk kesehatan lambung.

Yogurt

Yogurt adalah sala satu asupan nutrisi yang paling banyak direkomendasikan untuk ibu hamil jelang persalinan. Kandungan bakteri Asam Laktat yang ada pada Yogurt akan membantu menghilangkan Laktosa Intoleran. Keadaan dimana perut menjadi tidak nyaman disebabkan bakteri didalam usus. Situasi ini selalu mengganggu terutama pada saat mendekati hari-hari persalinan. Kecenderungan mengkonsumsi makanan praktis mengakibatkan pola yang terbentuk pada sistem pencernaan ibu hamil akan mengakibatkan munculnya Laktosa Intoleran. Hal tersebut tentu tidak nyaman untuk sang BUMIL karena harus bolak balik ingin BAB.

Oat Meal Instant

Kurangnya nafsu makan menjadikan perut lapar berat! Ya… seperti itulah keadaan BUMIL pada umumnya. Terutama menjelang hari-hari persalinan. Energi yang cepat terkuras akan membawa pada keadaan cepat lapar, namun selera makan yang tueun drastis mengakibatkan makanan yang masuk ke perut juga sedikit. Nah… jangan lupa agar selalu menyediakan oatmeal instant untuk mangatasi hal tersebut. Oatmeal instant yang praktis, kandungan serat utuh dari oatmeal juga berdampak samahalnya seperti makanan berat. Jadi, kami sangat menyarankan agar menyediakan oatmeal instant jelang persalinan.

Roti Gandum

Sebenarnya hampir mirip dengan oatmeal sih, cuma yang ini lebih sesuai selera sepertinya. Jika oat mea instant rasanya cenderung hambar, ayah bunda bisa menggantinya dengan roti. Rasa manis pada roti gandum akan mudah di sukai, sehingga BUMIL pun akan lebih nyaman saat makan.

Mempersiapkan Kegiatan Spiritual

Persalinan Jogja – Kelahiran adalah pangkal kehidupan. Terlepas apapun makhluknya, entah itu manusia ataupun hewan, bahkan tumbuhan dan yang lainnya. Berhentinya angka kelahiran berarti berhenti pula kehidupan. Apa jadinya jika manusia dan makhluk lainnya berhenti berkembang biak? Dunia ini akan sepi bukan? Rantai kehidupan yang kita rasakan saat ini bersumber dari Allah. Sebagaimana Dia memerintahkan kita agar beribadah hanya kepada Nya.

Dalam islam, kita di ajarkan untuk mensyukuri setiap karunia yang didapatkan. Hampir seluruh lini kehidupan dan aktifitas kita sangat dianjurkan untuk bersyukur kepada Allah. Termasuk saat mendapatkan keturunan. Rasulullah telah mengajari cara untuk mensyukurinya dengan beraqiqah. Aqiqah ialah ibadah yang dilakukan pada hari ke-7 dari kelahiran sang bayi. Tata cara pelaksanaannya ialah dengan menyembelih kambing/domba, kemudian memasaknya, lalu membagi-bagikannya kepada kerabat, tetangga, sanak keluarga dan yang lainnya.

Seputar Hukum Aqiqah

Aqiqah Jogja Murah – Aqiqah adalah salah satu ibadah yang mulia. Selain kedudukannya sebagai sunnah Nabi yang harus kita pelihara dan amalkan, aqiqah juga merupakan gerbang ketaqwaan pertama bagi setiap bayi muslim yang lahir ke dunia.

Rasulullah bersabda,

كُنَّا فِى اْلجَاهِلِيَّةِ اِذَا وُلِدَ ِلاَحَدِنَا غُلاَمٌ ذَبَحَ شَاةً وَ لَطَخَ رَأْسَهُ بِدَمِهَا، فَلَمَّا جَاءَ اللهُ بِاْلاِسْلاَمِ كُنَّا نَذْبَحُ شَاةً وَ نَحْلِقُ رَأْسَهُ وَ نَلْطَخُهُ بزَعْفَرَانٍ. ابو داود

“Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (HR. Abu Dawud)

Hukum asal daripada aqiqah adalah sunnah muakkadah (sangat di tekankan). Sama seperti sholat berjama’ah di mesjid (bagi laki-laki), tidak ada dosa bagi orang yang meninggalkannya. Hanya saja orang-orang yang meremehkannya pasti terjauhkan dari kemuliaan agama. Adapun pelaksanaannya, aqiqah di bebankan kepada kedua orang tua sang bayi. Apabila terdapat udzur syar’i, maka di perbolehkan untuk melaksanakan aqiqah seteleh berlalunya udzur tersebut.  Misal, seseorang belum mampu menunaikan aqiqah anaknya disebabkan kemampuan finansial yang terbatas. Lalu setelah ia mampu, orang itu pun melaksanakannya.

Manfaat yang Diperoleh dari Menunaikan Aqiqah

Aqiqah Sleman – Tidak hanya terbatasnya kemampuan finansial saja yang bisa menghalangi seseorang dari menunaikan aqiqah. Faktor lain juga bisa menjadi penghalang untuk beraqiqah. Salah satunya ialah belum tersampaikannya dakwah. Dari berbagai sisi, tidak hanya aqiqah. Masih banyak masyarakat kita yang belum tersentuh dakwah, terutama terkait pentingnya aqiqah. Sehingga masih banyak orang yang belum memahami, bahwa dengan menunaikan aqiqah, sejatinya mereka telah menyelamatkan keluarganya dari fitnah dan keburukan. Sangat banyak sekali manfaat yang akan di peroleh dengan melangsungkan aqiqah. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan di peroleh dengan menunaikan aqiqah.

Menyelamatkan Bayi dari gangguan Jin

Aqiqah adalah tebusan. Maka, dengan menunaikan aqiqah, para orang tua telah menebus jiwa sang buah hati yang tergadai. Dengan demikian, maka terselamatkanlah ia (anak) dari berbagai macam gangguan yang lazim di alami setiap bayi pada umumnya. Seperti yang kita ketahui, banyak anak diusia kurang dari 1 tahun, sering sekali menangis tanpa sebab yang pasti di malam hari.

Dalam sebuah hadits disebutkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ” Tidak ada seorang bayi pun dari anak Adam yang terlahir kecuali ia pasti mendapatkan tusukan dari setan sehingga bayi itu menangis dan menjerit karenanya, kecuali Maryam dan putranya (Nabi Isa AS).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Golongan Orang yang Berinfaq di Jalan Allah

Jasa Aqiqah Bantul – Dalam ibadah aqiqah terdapat nilai sedekah yang besar. Setelah kambing dan domba aqiqah di sembelih, dagingnya di masak lalu di bagi-bagikan kepada tetangga dan kaum kerabat. Apa yang terjadi? Yang terjadi adalah estafet sedekah!? Ya! Estafet Sedekah. 

Mulai dari tetangga sebelah rumah, sampai kepada rumah kerabat yang jauh keberadaannya pun, belum lagi kepada fakir miskin dan anak-anak yatim/piatu. Bukankah ini sesuatu hal yang sangat luar bisa ayah bunda!!? Masyaallah, orang yang menunaikan aqiqah termasuk ke dalam golongan orang-orang yang berinfaq di jalan Allah.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” [Al-Baqarah/2: 261]

Demikian ayah bunda. Semoga artikel ini bermanfaat, wasalamualaykum warahmatullahi wa barakatuh.