Minggu 3, Kebiasaan Mengisap

Minggu 3, Kebiasaan Mengisap

Kelahiran – Salah satu kebiasaan bayi anda sekarang adalah kebiasaan mengisap. Ia mengisap puting bila sedang lapar, dan mengulum benda lain bukan untuk diisap cairannya, tetapi hanya untuk menenangkan diri.

Bila anda memerikan jari padanya, ia akan mengulumnya. Dalam keadaan sangat ingin mengisap, ia akan mengulum jarinya sendiri.

Anda semakin lupa dengan luka-luka dan jahitan. Mungkin tidak lagi terasa perih tetapi anda belum benar-benar sembuh. Darah masih mengalir meskipun dengan volume yang tidak sebanyak minggu pertama atau kedua.

Bila perasaan tertekan di pekan lalu masih menghantui, ingatlah tentang kasih ibu. Anda pasti ingin memberinya cinta dengan benar dari awal.

  • Jika sebelumnya kita pernah berbicara tentang kelekatan, maka tingkatkanlah hubungan itu saat ini.
  • Jadikan masa-masa sulit selama kehamilan, persalinan, dan merawat bayi sebagai momentum untuk saling berdekatan dengan si kecil. ia adalah darah daging anda yang terlahir dengan cinta. lakukan apa yang ingin anda lakukan, erikan apa yang ingin anda berikan. Jauhkan diri anda dari perasaan ragu, takut salah berbuat.
    Tetaplah curahkan waktu untuk si kecil dan bayangkan anda tidak akan sanggup hidup tanpanya.
  • jika setelah beberapa pekan perasaan jauh atau dibenci itu terjadi, anda mungkin masih menderita gejalan PPD. Ibu muda sangat  umum menderita bentuk depresi ini, terutama yang dipicu oleh perubahan hormonal dam tubuh setelah persalinan. Untuk memperpanjang perasaan tidak enak tentang keibuan, berhubungan dengan gejala  yang meliputi insomnia, kegelisahan, perubahan selera makan, dan membenci diri sendiri atau bayi anda.
  • Tetaplah menjalin komunikasi dengan konsultan anda. dekatkan diri anda kepa-Nya, Dzat yang Maha Menolong.

A. Manfaatkan Gandum dan Beras Merah

kebiasaan mengisap; beras merah

Tubuh Anda menjadi lebih gemuk daripada sebelum hamil.

Tapi ingat,  jangan dulu membatasi asupan makan dengan maksud diet!. Karena Anda butuh makanan tersebut untuk memulihkan tubuh Anda.

Yang dapat Anda lakukan adalah memilih bahan makanan yang dapat menyuplai banyak nutrisi namun tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Pilihlah sumber karbohidrat yang kaya akan serat seperti gandum,  beras merah dan aneka jenus sereal.

B. Refleks bayi ketika menyusu

Tiga refleks bayi yang diperlukan untuk keberhasilan dalam menyusui adalah :

  • Refleks mencari (Rooting reflekx).

Payudara anda yang menempel pada pipi atau derah sekeliling mulut merupakan rangsangan yang menimbulkan refleks mencari pada bayi. Ini menyebabkan bayi memutar kepalanya menuju putting, membuka mulut dan menarik putting masuk ke dalam mulut.

  • Refleks mengisap (Sucking reflex)

Menyusu bagi gaby tidak sekedar mengulum putting. Tehnik menyusui yang baik adalah apabila daerah yang berwarna coklat pada payudara semuanya masuk ke dalam mulut bayi, Pada ibu yang kalang payudaranya besar, bayi menekan sinus laktiferus yang terletak di puncak kalang payudara di belakang puting susu.

  • Refleks menelan (Swallowing reflex).

Pada saat ASI keluar dari puting susu, akan disusul dengan gerakan mengisap (yang ditimbulkan oleh otot-otot pipi), sehingga pengeluaran air susu akan bertambah dan diteruskan dengan mekanisme menelan masuk ke lambung. Ini berbeda bila bayi diberi susu botol di mana rahang mempunyai peranan sedikit dalam menelan dot botol, sebab susu dengan mudah mengalir dari lubang dot.

C. Pengukuran Lingkar Kepala

Pengukuran lingkar kepala adalah salah satu cara untuk mengetahui volume otak bayi. Ada korelasi antara ukuran kepala dan besar otak yang tersimpan di dalamnya, meskipun pengukuran ini hanya menghasilkan angka kira-kira.

Sampai sekarang belum ada ukuran baku mengenai lingkar kepala yang dapat dijadikan acuan. Tetapi jika anda perhatikan, di Kartu Menuju Sehat (KMS) dapat anda  ketahui beberapa kurva yang menunjukkan perkembangan lingkar kepala.

  • Lingkar kepala bayi baru lahir berjenis kelamin perempuan mempunyai kisaran 31-36 cm, sementara untuk bayi laki-laki berkisar antara 32-28 cm.
  • Pertambahan ukuran lingkar kepala bayi dalam setiap bulan mempunyai rata-rata 2 cm di 3 bulan pertama, kemudian bertambah 1 cmuntuk bulan berikutnya hingga berusia 6 bulan.
  • Untuk 6 bulan berikutnya perkembangan lingkar kepala hanya akan bertambah sekitar 0,5 cm setiap bulan. Pertambahan ukuran lingkar kepala ini akan melambat seiring dengan pertumbuhan bayi anda hingga ia menginjak remaja.
  • Bayi prematur memiliki ukuran lingkar kepala yang lebih kecil. Ada metode tersendiri untuk mengukurnya, misalnya jika si kecil lahir lebih awal satu bulan maka hasil pengukurannya dikurangi satu bulan. Bayi prematur yang baru lahir dianggap bersusia minus, tidak disamakan dengan bayi yang cukup bulan.
  • Seperti halnya pengukuran berat dan tinggi badan bayi, ukuran lingkar kepala juga ada rentang normalnya.

Pengukuran lingkaran kepala tidak hanya berguna untuk mengira-ngira volume otak, tetapi juga untuk memastikan pertumbuhannya normal. Bayi yang lingkar kepalanya bertamah terlalu cepat adalah salah satu indikasi hydrosefalus, sedangkan jika pertamahannya sangat lambat dapat mencurigainya menderita mikrosefalus.

TIPS: Ketika bayi buang air besar

  • Jangan sampai kelamaan membiarkan bayi yang buang air besar, karena pantat dapat menjadi ruam dan iritasi oleh fases.
  • Ketika bayi mengejan atau disertai kentut, biarkan beberapa saat agar ia menuntaskan pekerjaannya. 
  • Hamparkan perlak atau lembar tak tembus air. Letakkan bayi di atasnya. 
  • Ketika anda mencium bau masam fases bayi, angkat  bayi dan letakkan di atas perlak, segera buka popoknya.Singkirkan popok yang terkena fases di tempat sementara. 
  • Bersihkan sisa faces dengan tisu kering sampai habis. Lanjutkan dengan mengusapnya menggunakan kapas bulat yang basah dengan air hangat, sampai bersih (tidak ada warna kuning pada kapas bekas).
  • Lap pantat bayi menggunakan handuk lembut dan kenakan kembli popok yang bersih.

REVIEW: Anak ASI lebih tahan stress

kebiasaan mengisap

Montgomery dan timnya meneliti bagaimana bayi berusia 10 tahun yang diberi ASI dan yang diberi susu formula menghadapi stres akibat masalah perkawinan orangtuanya.

Sekitar 9000 bayi menjadi responden penelitian ini. Mereka dimonitor sejak lahir sampai masuk sekolah. Ternyata anak yang dulunya mendapat ASI bisa menghadapi masalah dan stres lebih baik dibandingkan yang tidak mendapat ASI. 

ANDA PERLU TAHU: Bayi dengan Berat badan lahir rendah (BBLR)

BBLR masih merupakan masalah di seluruh dunia karena merupakan penyebab kesakitan dan kematian pada masa bayi baru lahir.Sebanyak 25% bayi baru lahir dengan BBLR meninggal dan 50% meninggal saat bayi. 

Bayi yang lahir den rentan terhadap kekurangan nutrisi, infeksi, dan keterlambatan perkembangan saraf.

Ada 2 tipe BBLR

  • Prematur yaitu bayi yang lahir lebih awal dari waktunya (kehamilan <  37 minggu) 
  • Bayi kecil masa kehamilan (KMK) yaitu bayi yang lahir cukup bulan tetapi memiliki berat badan kurang

WARNING: Waspadai bayi yang mulai mengisap 

Ketik,a bayi suka mengisap, ia tidak peduli, dan memang tidak tahu apakah yang ia isap itu bersih atau kotor. 

Ia terbiasa mengisap tangannya, tetapi suatu saat ia menemukan benda lain seperti tali jaket, sarung antal, ujung selimut dan sebagainya. 

Pastikan tangannyas elelu dalam keadaan bersih, sering-seringlah menyekanya dengan air bersih meskipun tiak tampak kotor. Jangan mencuci pakaian bayi dengan detergen terlalu pekat atau bilaslah cucian dengan bersih karena bayi suka mengisap apapun yang dapat ia masukkan ke mulutnya. 

AGENDA: Evaluasi penyusuan 

Pekan ini, evaluasilah penyusuan anda. Catatlah selama ini gaya seperti apa yang membuat bayi tampak nyaman menyusu, bagaimana perasaan anda dan apakah bayi akan kenyang dengan cara seperti itu. 

Sebelum terlanjur ingat-ingat kembali apakah bayi cenderung hanya memilih satu payudara saja atau kedua-duanya. Sebaiknya biasakan ia menyusu kanan dan kiri secara seimbang. Ini penting, sebab suatu saat nanti anda merasa lelah dengan bagian kanan akan dapat berganti dengan sebelah kiri.

 

[Yazid Subakti]