Kebutuhan Gizi Balita

Kebutuhan Gizi Balita

Kebutuhan Gizi BalitaSebagai orang tua, Ayah dan Bunda tentu perlu mengenal tentang pentingnya gizi bagi buah hati. Bahkan bila perlu sejak masa Bunda mengandung. Pengetahuan terkait kandungan gizi dalam makanan ini bertujuan agar Bunda dapat menyajikan menu makanan untuk buah hati dengan gizi seimbang.

Banyak sekali pengaruh gizi terhadap tumbuh kembang anak. Kebutuhan Gizi Balita yang seimbang berperan penting untuk pertumbuhan fisik, kecerdasan, mental, dan juga emosional. Sebab kecerdasan manusia berkaitan erat dengan asupan gizi yang ia konsumsi. Dilansir dari situs kemenkes, seorang anak dapat mengalami kehilangan kecerdasan sebesar 10 – 50 IQ point, ketika kekurangan gizi khususnya akibat kekurangan yodium.

Perkembangan otak manusia sudah mulai sejak pembuahan dan berkembang sampai lahir, kemudian sempurna ketika usia dewasa. Nah sebagai orang tua, wajib dong bagi Ayah Bunda untuk mendampingi perkembangan tersebut, salah satunya dengan memberikan asupan gizi yang baik.

Kebutuhan gizi yang perlu Ayah Bunda persiapkan bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hati adalah kebutuhan zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak hingga kebutuhan zat gizi mikro berupa vitamin dan mineral.

Oke, kalau begitu kita masuk pada bagian rekomendasi makanan balita, khususnya pada usia 3 hingga 5 tahun. “Loh memangnya beda ya sama usia lainnya?” Bahan makanannya sama, tapi mungkin pengolahan dan porsinya yang berbeda.

Berdasarkan sumber yang diambil dari website hellosehat[.]com, berikut rekomendasi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi untuk anak usia 3 hingga 5 tahun. Rekomendasi tersebut sudah berdasarkan acuan Angka Kebutuhan Gizi (AKG) untuk usia tersebut ya Bun.

  • Makanan untuk anak usia 3 tahun

Bagi Bunda yang memiliki buah hati di usia 3 tahun, bisa penuhi kebutuhan gizinya dengan porsi karbohidrat 215g (nasi, kentang, roti, pasta), protein 20g (telur, ikan, daging, ayam, kacang-kacangan), lemak 45g (margarin dan minyak untuk memasak), kalsium 650mg (susu, keju, sayuran hijau).

Yang perlu bunda ketahui juga adalah pemenuhan kalori bagi si kecil. Kebutuhan kalori untuk anak usia 3 tahun adalah 1.000 hingga 1.400 kalori tiap harinya. Kebutuhan kalori tersebut bisa Bunda dapatkan dari biji-bijian, protein, sayuran, buah, susu. Selain itu, anak usia 3 tahun bisa bunda berikan susu rendah lemak yang kaya kalsium seperti yoghurt atau keju.

  • Makanan untuk anak usia 4-5 tahun

Selanjutnya ketika si kecil sudah menginjak usia 4 atau 5 tahun, tentu porsi kebutuhan gizinya berbeda. Kebutuhan gizinya sama, dengan porsi yang lebih banyak. Untuk anak usia 4-5 tahun kebutuhan karbohidrat 220g sebagai sumber energi, protein 25g untuk menjaga daya tahan tubuh, lemak 50g untuk penyerapan vitamin dan mineral, kalsium 1000 mg untuk memperkuat tulang dan gigi.

Untuk nutrisi menu makan hariannya, Bunda bisa menggunakan acuan berikut:

  • Sarapan: ½ cangkir susu rendah lemak, ½ cangkir sereal, ½ cangkir stroberi atau pisang
  • Snack pagi: ½ cangkir susu rendah lemak, ½ cangkir buah (melon, pisang atau stroberi), ½ cangkir yoghurt
  • Makan siang: ½ cangkir susu rendah lemak, 2 lembar roti gandum isi (daging asap, keju, sayur), ¼ cangkir sayuran hijau
  • Snack sore: 1 sdt selai kacang dan 1 lembar roti gandum atau 5 biskuit dengan topping keju atau buah potong
  • Makan malam: ½ cangkir susu rendah lemak, 2 ons (60 gram) daging, ikan atau ayam, ½ cangkir pasta, nasi atau kentang, dan ¼ cangkir sayuran

Tapi Bun, acuan tersebut tidak mutlak ya. Karena terkadang pertumbuhan setiap anak berbeda-beda. Sehingga, kebutuhan nutrisinya berbeda pula. Untuk itu, sebelum menerapkan acuan-acuan di atas ada baiknya Bunda mengkonsultasikannya kepada dokter spesialis anak.

Nah Ayah/Bunda, apakah artikel ini menarik?
Sekian untuk kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Ayah/Bunda dalam mendampingi tumbuh kembang si kecil.

 

___________________________

Bunda, udah tau belum kalo ada jasa aqiqah di Jogja yang praktis dan ekonomis, Aqiqah Al-Kautsar.

Aqiqah Al-Kautsar adalah layanan jasa aqiqah Jogja terbaik sejak 2012 dan sudah dipercaya oleh lebih dari 11.000 sohibul. Nah bagi Bunda yang berdomisili di Jogja dan sudah mulai memasuki masa HPL, Aqiqah Al-Kautsar bisa jadi rekomendasi layanan aqiqah Jogja yang praktis.

Jasa aqiqah Jogja Al-Kautsar menyediakan banyak pilihan menu. Daging kambing aqiqah diolah menjadi berbagai menu lezat, mulai dari masakan nusantara, masakan timur tengah, hingga western. Nah Bunda bisa memilih sesuai dengan selera Bunda dan keluarga.

Untuk pemesanan, Bunda bisa hubungi kami di 089603897933 atau datang langsung ke kantor kami di Jl. Kaliurang Km 4,5 Tawangsari CT II D2, Sleman, DIY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *