Seperti Apa Ya, Kualitas Keimanan Anak 10 Tahun Mendatang?

Seperti Apa Ya, Kualitas Keimanan Anak 10 Tahun Mendatang?

Kualitas Keimanan Anak – Dewasa ini Ayah/Bunda, seiring berkembangnya zaman, semakin banyak hal-hal yang mendistraksi perhatian anak-anak dari keimanan. Sayangnya, perkembangan zaman adalah sebuah keniscayaan yang tidak mungkin dapat dihindari. Nah yang bisa kita lakukan adalah membentengi diri mereka agar perkembangan yang terjadi tidak mengusik keimanannya. Dalam hal ini bukan berarti kita menghindari anak dari perkembangan zaman yang terjadi ya Ayah/Bunda. Akan tetapi kita harus bisa menyesuaikan diri mereka dengan tetap berada pada koridor syariat agama Islam.

Di sisi lain, sebagian manusia modern, yang mungkin juga kita, kadang lupa dan abai dengan peran Allah dalam setiap aktivitas kita. Begitu mendapatkan kesuksesan, kita lupa bahwa hal tersebut adalah rezeki dari Allah, sehingga kita menjadi kurang bersyukur. Lalu bagaimana cara untuk membentuk agar anak senantiasa mengingat Allah?

Nah Ayah dan Bunda, untuk bisa menjadi pribadi yang istiqomah mengingat Allah dan kokoh dalam menghadapi perkembangan zaman, tentu Ayah dan Bunda wajib menanamkan kecintaan anak kepada Allah sejak dini. Sebagai orang tua, Ayah dan Bunda harus mengambil peran dalam menanamkan nilai-nilai ketauhidan yang kokoh. Hal tersebut berfungsi sebagai ketahanan spiritual dalam melewati tantangan dan dinamika perkembangan zaman.

Dirangkum dari situs ruqoyyah⁣.com, setidaknya hal yang perlu diajarkan kepada buah hati sejak dini untuk mengenal Allah adalah tauhid atau mengesakan Allah. Eits… sejak dini maksudnya diajarkan ketika si anak sudah bisa paham loh ya, bukan sejak bayi. Nah tauhid sendiri menurut para ulama terbagi menjadi 3 macam yaitu rububiyyah, uluhiyah, asma wa sifat.

  • Tauhid Rububiyyah

Tauhid rububiyyah adalah mengesakan Allah dalam perbuatan Allah. Ayah dan Bunda harus menegaskan kepada buah hati bahwa Allah adalah satu-satunya Pencipta, yang mengatur seluruh jagat raya, dan Allah lah yang maha pemberi rezeki. Ini untuk menyadarkan anak bahwa tidak ada satupun di dunia ini yang luput dari kuasa Allah.

  • Tauhid Uluhiyah

Tauhid uluhiyah adalah mengesakan Allah dalam perbuatan hamba. Ayah dan Bunda mengajarkan buah hati agar hanya beribadah kepada Allah. Sebagai hamba, segala yang kita lakukan hendaknya mengharapkan ridha dari Allah. Dengan begitu, di setiap aktivitasnya, mereka lakukan semata untuk beribadah kepada Allah. Dan secara tidak langsung, mereka akan menghindari perbuatan yang dibenci oleh Allah.

  • Tauhid Asma wa Sifat

Tauhid asma wa sifat adalah mengesakan Allah dalam nama dan sifat-Nya. Mengajarkan buah hati tentang nama dan sifat bagi Allah sebagaimana yang Allah dan Rasul-Nya tetapkan. Beriman dalam hal nama dan sifat tanpa merubah maknanya dan tidak pula menolak sebagian sifat Allah. Selain itu, tidak pula memvisualkan atau menggambarkan bagaimana wujud sifat Allah, tidak menyamakan dengan sifat Allah dengan sifat makhluk.

Setidaknya itu ya Ayah/Bunda salah satu dasar yang perlu diajarkan kepada anak untuk mengenali Allah. Sehingga ketika ia tumbuh di 5 tahun, 10 tahun kedepan atau seterusnya, Allah menjadi yang utama untuk setiap aktivitasnya. Anak akan menyadari kehadiran Allah dalam menjalani kehidupan, sehingga ia akan senantiasa bersyukur.

Di sisi lain, dalam mengikuti perkembangan zaman, si anak bisa ikut dan menyesuaikan diri. Namun juga tetap berada dalam koridor syariat agama yang baik. Sebab ia sadar bahwa Allah selalu ada bersamanya.

 

___________________________

Bunda, udah tau belum kalo ada jasa aqiqah di Jogja yang praktis dan ekonomis, Aqiqah Al-Kautsar.

Aqiqah Al-Kautsar adalah layanan jasa aqiqah Jogja terbaik sejak 2012 dan sudah dipercaya oleh lebih dari 11.000 sohibul. Nah bagi Bunda yang berdomisili di Jogja dan sudah mulai memasuki masa HPL, Aqiqah Al-Kautsar bisa jadi rekomendasi layanan aqiqah Jogja yang praktis.

Jasa aqiqah Jogja Al-Kautsar menyediakan banyak pilihan menu. Daging kambing aqiqah diolah menjadi berbagai menu lezat, mulai dari masakan nusantara, masakan timur tengah, hingga western. Nah Bunda bisa memilih sesuai dengan selera Bunda dan keluarga.

Untuk pemesanan, Bunda bisa hubungi kami di 089603897933 atau datang langsung ke kantor kami di Jl. Kaliurang Km 4,5 Tawangsari CT II D2, Sleman, DIY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *