Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan Yang Perlu Diketahui

Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan Yang Perlu Diketahui

Selama 6  bulan pertama setelah melahirkan, bayi diberikan ASI esklusif dengan arti dia tidak makan dan minum lainnya selain ASI. Asupan ini sudah mencukupi karena ASI memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh bayi. Setelah menginjak 6 bulan, bayi akan mulai diberikan MPASI atau makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhannya. Makanan sehat untuk bayi yang baru mendapatkan MPASI adalah yang memiliki kandungan baik, sehat, juga lembut.

Setelah melahirkan, bayi yang masih baru berumur sekitar 6 bulan akan diberikan ASI secara intensif oleh sang ibu. Hal ini wajar dilakukan karena bayi tidak bisa mengkonsumsi makanan selain ASI. Kandungan gizi didalamnya sangat berarti bagi tumbuh kembang bayi. ASI ini juga sangat berperan penuh dalam pembentukan antibodi.

Baca Juga:  Ini Dia Beberapa Ciri Ciri Bayi Yang Sehat

Setelah melewati masa 6 bulan, bayi biasanya sudah bisa mengkonsumsi makanan lewat mulut melalu makanan pendamping ASI(MPASI). Makanan seperti ini tentu tidak bisa sembarangan diberikan pada sang buah hati. Sebagai ibu, tentunya akan sangat berhati-hati dalam memilih makanan. Kebanyakan ibu yang baru melahirkan anak pertama belum begitu tahu tipe makanan pendamping seperti apa yang baik dan sehat bagi bayi. Untuk menambah wawasan anda,

Kami sertakan ulasan beberapa jenis MPASI yang baik untuk bayi konsumsi.

  • Sayuran Hijau

Sayuran yang berwarna hijau biasanya dipercaya memiliki kandungan asam folat yang tinggi untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.Contoh yang paling gampang adalah brokoli,bayam dan collar hijau. Membiasakan konsumsi makanan ini juga akan berdampak positif jika bayi sudah dewasa kelak karena ia tidak akan tergoda oleh makanan-makanan berlemak atau cepat saji.

Baca Juga:  Nama-nama Bayi Laki-laki Islami Berawalan D

Cara penyajian yang paling simple adalah dengan menghaluskannya disertai campuran biji-bijian agar mudah ditelan oleh bayi. Jangan lupa sebelumnya dibersihkan lalu dikukus dulu sayurannya agar kuman atau bakteri hilang.

  • Labu Kuning

Labu dikenal akan kaya vitamin C dan A. Uniknya sayuran ini memiliki rasa manis saat matang sehingga tidak perlu gula atau madu untuk membuatnya manis. Untuk penyajian sangat mudah yaitu dengan memilih labu kuning yang sudah matang namun juga tidak terlalu kematangan. Iris dan cincang kecil-kecil lalu bersihkan kotoran hingga bersih. Setelah itu diblender sampai halus dan tuang di mangkuk.

  • Blueberry

Buah yang satu ini memiliki kandungan flavonois yang sangat baik untuk penglihatan bayi. Cara pembuatan bisa dengan mengukus lalu dilembutkan. Cara lainnya bisa dengan mencampurkan buah berry dengan air lalu taruh di microwave selama 1 menit dan dinginkan.

Baca Juga:  Manfaat dari Memotong Rambut Sang Bayi

 

http://aqiqahalkautsar.com/makanan-sehat-untuk-bayi-6-bulan.html

Makanan di atas sebisa mungkin diintensifkan agar tumbuh kembang bayi bisa berjalan dengan lancar sehingga bayi akan terlihat tetap sehat. Makanan tersebut tentu hanya sebagai pendamping saja, yang paling utama tetap ASI harus diberikan. Jika menu diatas masih kurang anda bisa mendapatkan referensi lainnya lewat konsultasi ke dokter anak atau lewat internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

× Order Aqiqah