Hukum dan Tips Cukur Rambut Bayi Laki-laki dan Perempuan

Hukum dan Tips Cukur Rambut Bayi Laki-laki dan Perempuan

Ayah Bunda mungkin sering bertanya, bagaimana hukum cukur rambut bayi, baik untuk bayi laki-laki maupun perempuan?

Yup, dalam masalah ini memang terjadi ambigu karena adanya perbedaan pendapat dari para ulama. Tapi kami lebih mengambil pendapat bahwa cukur rambut bayi merupakan sunnah, baik bagi bayi laki-laki atau perempuan. Pendapat yang kami pegang itu insyaa Allah adalah pendapat yang kuat dari para ulama.

Nah Oleh karena itu, agar lebih jelas, mari kita simak bersama pertimbangan hukum-hukumnya.

Pertimbangan Pertama, Arti Aqiqah Adalah Istilah Rambut yang Ada Pada Bayi Saat Dilahirkan

Dalam bahasa arab, aqiqah merupakan istilah untuk rambut yang ada pada bayi saat dilahirkan, sebagaimana telah dikatakan oleh dua orang pakar bahasa Arab yaitu beliau al Asma’i dan Ibnu Qutaibah. Kambing yang disembelih untuk bayi disebut aqiqah karena ketika itu rambut bayi dicukur gundul. Nah dari sini muncul pertanyaan: Lalu bagaimana untuk bayi perempuan? Apakah tetap dilakukan cukur rambut bayi?

Jika menimbang / mengacu pada hukum di atas, maka bayi perempuan itu tetap dicukur rambutnya. Karena, itu sebagai konsekuensi bahwa si bayi telah diaqiqahkan.

Baca Juga:  Waktu Pelaksanaan Ibadah Aqiqah

Pertimbangan Kedua, Perilaku Rasulullah dan Para Sahabat Mencukur Rambut Bayi

عَنْ سَمُرَةَ أَنَّ نَبِىَّ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقُولُ « كُلُّ غُلاَمٍ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُمَاطُ عَنْهُ الأَذَى وَيُسَمَّى »

Dari Samurah, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap bayi laki-laki itu tergadai dengan akikahnya. Akikah tersebut disembelih pada hari ketujuh, dihilangkan kotoran darinya dan diberi nama.” (HR. Ahmad)

Para ulama menafsirkan bahwa yang dimaksud ‘dihilangkan kotoran’ adalah cukur rambut bayi, baik bayi laki-laki maupun bayi perempuan.

Sementara dalam hadits yang lain juga telah dijelaskan bahwa Fatimah binti Rasulillah mencukur / menggundul kepala al Hasan dan al Husain (laki-laki), serta Zainab dan Umm Kultsum (perempuan):

عن جعفر بن محمد بن علي عن أبيه أنه قال : وزنت فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه و سلم شعر حسن و حسين و زينب و أم كلثوم فتصدقت بوزن ذلك فضة

Dari Ja’far bin Muhammad bin Ali dari ayahnya, Fathimah binti Rasulillah menimbang rambut Hasan, Husain, Zainab dan Umm Kultsum lalu bersedekah dengan perak seberat timbangan rambutnya. (HR Baihaqi)

Baca Juga:  Bagaimana Hukum Aqiqah Anak?

Nah dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa cukur rambut bayi merupakan sunnah, baik bayi laki-laki atau perempuan. Sedang waktu pelaksanaannya dianjurkan pada hari ke tujuh (sesuai hadits di atas).

GRATIS CUKUR RAMBUT BAYI
AlKautsar: Aqiqah Gratis Cukur Rambut Bayi

Tips Cukur Rambut Bayi dengan Aman dan Baik

1.Mengundang Tenaga Professional yang Berpengalaman.

Ayah Bunda bisa memanggil tenaga professional, misalnya Dokter, Bidan, Ustadz (yang sudah berpengalaman menangani ini), atau siapa pun yang memang sudah berpengalaman dalam masalah ini. Ini dirasa lebih aman karena kita menyerahkan kepada ahlinya.

2. Berlatih dari Ahlinya

Tips kedua yaitu berlatih dari ahlinya. Maksudnya, dalam masalah cukur rambut bayi tentu sudah ada pengajaran-pengajaran tentang itu, baik secara langsung maupun dari internet. Nah dari situ Ayah Bunda bisa belajar. Tapi di sini kami menyarankan agar Ayah Bunda belajar secara langsung (bertatap muka) dengan ahlinya ya. Karena jika hanya belajar lewat internet / Video tutorial, situasi dan kondisi di lapangan kerapkali berbeda dengan yang ada di video.

Baca Juga:  Anak yang Belum Aqiqah masih Tergadaikan

3. Cari Rekomendasi dari Teman

Terkadang, kita mempunyai teman yang sudah berpengalaman dalam hal ini. Oleh karena itu Ayah Bunda bisa memanfaatkannya. Silakan cari tahu rekomendasi nama-nama pencukur rambut bayi di kota Ayah Bunda. Atau malah Ayah Bunda bisa belajar dari teman tersebut untuk mencukur bayi (jika ia bisa). Yang terpenting adalah, kita harus sangat teliti sebelum memilih seseorang yang akan mencukur rambut bayi kita ya.

Nah demikianlah tentang hukum dan tips-tips cukur rambut bayi. Semoga bisa menjadi manfaat untuk kita semua.

Tapi jika Ayah Bunda masih bingung, silakan bisa konsultasi kepada kami. Aqiqah AlKautsar melayani jasa paket aqiqah dan GRATIS CUKUR RAMBUT BAYI! Dengan menu-menu hidangan terbaik, terlengkap dan paling hemat, Aqiqah AlKautsar akan memberi kepuasan kepada Ayah Bunda dalam menjalakan acara aqiqah putra-putri tercinta. Sudah Terbukti!

Aqiqah AlKautsar juga siap melayani catering untuk acara syukuran aqiqah dan lain-lain.

Jadi tunggu apa lagi? Silakan konsultasikan masalah seputar aqiqah kepada kami ya Ayah Bunda..

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh..

(haras)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *