Ini Dia Beberapa Ciri Ciri Bayi Yang Sehat

Ini Dia Beberapa Ciri Ciri Bayi Yang Sehat

Memiliki anak merupakan kebahagiaan tersendiri yang tidak tertandingi bagi pasangan yang sudah menikah terutama ibu. Kebahagiaan akan lebih terasa jika sang bayi yang dilahirkan terlihat sehat dan aktif. Dengan kondisi tersebut, ibu akan bersemangat dalam merawat anaknya hingga terus tumbuh sehat. Namun bagi ibu yang belum begitu banyak pengalaman mengenai bayi, kemungkinan tidak begitu mengetahui ciri-ciri bayi yang aktif dan sehat itu seperti apa. Hal ini perlu sekali untuk diketahui agar sang ibu kedepannya dapat memantau tumbuh kembangnya bayi agar terhindar dari segala penyakit yang menimpanya.

Bayi memang sangat rawan terhadap penyakit, maka dari itu para orang tua terutama ibu harus terus memantau kondisi dari anak mereka. Oleh karena itu mengetahui wawasan mengenai bagaimana ciri-ciri bayi yang sehat itu penting.

Baca Juga:  Manfaat dari Memotong Rambut Sang Bayi

Nahh ciri-cirinya seperti apa? Berikut listnya

  1. Kriteria sehat pada bayi bisa dilihat dari tubuhnya yang lengkap mulai dari kepala hingga ujung kaki. Jika ada salah satu yang cacat maka bayi tersebut belum bisa dikatakan sehat atau bisa jadi mengalami kelainan. Untuk problem ini sebenanrnya tidak perlu terlalu khawatir, misal jika bayi tidak memiliki salah satu anggota tubuh tetap bisa didorong untuk menjadi bayi yang aktif sehingga tubuh akan tetap sehat.

Bayi yang memiliki warna kulit kemerahan saat terlahir juga merupakan ciri-ciri bayi sehat. Warna kulit merah tersebut biasanya terdapat dari bagian bibir, muka, kulit tangan bahkan sampai bagian kaki. Namun jika kulit bayi yang anda lahirkan berwarna kuning ada baiknya langsung berkonsultasi kepada dokter atau bidan anda, karena mungkin terdapat kelainan pada bayi anda.

  1. Kulit bayi yang terlihat merah kemerahan juga menjadi tanda bayi sehat. Mungkin sebagian orang menganggap indikasi ini seperti kulit terkena alergi. Hal ini sebenarnya masih wajar. Beda urusannya jika bayi tersebut kulitnya berwarna kuning, jika seperti ini anda bisa tanyakan ke dokter apakah ada kelainan pada bayi anda.
  2. Saat bayi sudah lahir, ia akan menangis keras dan bunyinya terlihat nyaring. Ini menandakan bayi tersebut terbilang sehat karena dengan menangis tersebut jantung terpompa dengan maksimal dan saluran pernafasan akan lebih longgar. Jika tidak menangis maka perlu khawatir karena kemungkinan ada kelainan. Jika seperti ini konsultasikan segera ke dokter.
  3. Bayi sehat biasanya memiliki berat 2,5 kg. Berat badan ini bisa dikatakan minimal untuk taraf normal. Akan tetapi jika ternyata kurang dari itu tidak masalah. Bias jadi saat di dalam kandungan asupan gizi untuk sang ibu tidaklah banyak.
  4. Ketika sudah lahir, anda bisa cek warna fases saat dia sedang membuang kotoran. Umumnya di hari pertama hingga ketujuan warna masih terlihat kehijau-hijauan, lebih dari itu harusnya sudah menjadi berwarna kuning. Jika seperti ini maka bayi tersebut terbilang sehat.
Baca Juga:  Nama-nama Bayi Laki-laki Islami Berawalan D

Makanan Bayi Sehat

Demikianlah beberapa ciri bayi sehat yang bisa anda cek sendiri. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi anda yang sekarang menjadi seorang ibu bagi sang buah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

× Order Aqiqah