Awali dengan Rasa Syukur

Awali dengan Rasa Syukur

Parenting Al-Kautsar – Jadikan rasa syukur mengawali hari-hari Anda sebagai ibu. Apapun kegiatan dan Anda lakukan, awali dengan rasa syukur.

  1. Bersyukurlah Menjadi Ibu! 

Allah berfirman untuk kemuliaan menjadi orang tua,

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (Al Isra: 23)

Kepada orang tua, anak-anak mendapat perintah untuk mendoakan,

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.(Al Isra: 24)

Setelah kewajiban menyembah Allah, kewajiban manusia berikutnya adalah baik kepada kedua orang tua. Allah memberi peringatan keras untuk semakin berbuat baik manakala orang tua semakin lanjut usia dan tidak boleh membantah perintah baiknya. Anda harus mensyukuri ini semua sebagai karunia dari Allah.

  1. Tidak semua wanita mendapat anugerah menjadi ibu

Ada begitu banyak wanita mendambakan keturunan, tetapi tidak atau belum Allah kabulkan sampai hari ini. Saat mereka masih membangun harapan, terus berdoa dan berusaha, anda sudah melahirkan seorang bayi.

Ada begitu banyak kisah wanita hebat yang tidak mendapat keturunan, atau tertunda oleh Allah mendapatkannya. Sarah istri Ibrahim adalah wanita shalihah dan taat. Ia menunggu dalam waktu yang begitu lama untuk mendapatkan keturunan dengan lahirnya Nabi Ishaq. Nabi Zakariya dan keluarga Imran juga menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan keturunan.

Aisyah ra adalah ibu seluruh orang beriman, salah seorang wanita terbaik sampai hari ini. Tetapi Allah tidak mengurniai seorangpun keturunan dari rahimnya. Begitupun beberapa orang isteri rasulullah SAW yang lain, tidak mendapat karunia keturunan sampai akhir hayatnya.

Allah sangat penyayang, jika Anda hari ini melahirkan keturunan. Itu artinya, anda mendapat kepercayaan untuk merawat titipan-Nya. Anda harus bersyukur dan menjadi diri yang pantas menerimanya.

  1. Syukuri kelahiran bayi

Pandangi bayi dengan hati penuh syukur, sambil berdoa kepada-Nya. Mohonlah kepada Allah agar bayi mendapat perlindungan dari segala keburukan dan kelak menjadi keturunan yang menyenangkan. doa berikut ini dapat Anda ucapkan ketika bayi Anda telah lahir :

Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala gangguan syaitan dan gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya. (HR bukhari)

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. Al Furqan : 74)

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *