Menyiapkan Energi Persalinan

Menyiapkan Energi Persalinan

Menyiapkan Energi Persalinan – Menjelang persalinan, anda membutuhkan kecukupan energi untuk menghadapi situasi yang sedikit menguras tenaga dan konsentrasi.

  1. Kalori

Dengan pertambahan berat badan sekitar 12,5 kg, Anda butuh sekitar 70.000 -80.000 kilo kalori (kkal) dari konsumsi makanan Anda. Pertambahan kalori ini dimulai pada 20 pekan terakhir masa kehamilan. Jadi, tambahan kalori yang diperlukan setiap harinya adalah sekitar 285-300 kkal.

Kecukupan kalori ini penting untuk pertumbuhan jaringan janin dan plasenta, serta menambah volume darah dan cairan ketuban. Tak kalah dari itu, kalori ini berguna sebagai cadangan ibu untuk energy melahirkan dan menyusui.

Anda harus tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori, terutama karbohidrat. Tetaplah mengkonsumsi nasi atau serelia (padi-padian) dan produk olahannya, kentang, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu.

  1. Vitamin B6 (Piridoksin)

Angka kecukupan vitamin B6 bagi ibu hamil adalah sekitar 2,2 miligram sehari. Anda butuh Vitamin ini untuk menjalankan metabolisme asam amino, karbohidrat, lemak dan pembentukan sel darah merah. Anda juga memerlukannya untuk pembentukan neurotransmitter (senyawa kimia penghantar pesan antar sel saraf) agar otak janin berkembang dengan baik.

  1. Yodium

Anda memerlukan konsumsi yodium sebanyak 175 mikrogram perhari. Kebutuhan Anda akan Yodium terutama untuk membentuk senyawa tiroksin sebagai pengontrol setiap metabolisme sel baru yang terbentuk. Kekurangan senyawa ini dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan janin, termasuk otaknya. Namun kelebihan tiroksin juga berdampak buruk. Kelebihan tiroksin menyebabkan sel-sel baru akan tumbuh secara berlebihan sehingga janin tumbuh melampaui ukuran normal.

  1. Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (B2) dan Niasin (B3)

Ketiga vitamin B ini bisa Anda konsumsi dari keju, susu, kacang-kacangan, hati dan telur. Ini adalah sekumpulan vitamin yang akan membantu enzim untuk mengatur metabolisme sistem pernafasan dan energy anda. Selama hamil, Anda dianjurkan mengonsumsi Tiamin sekitar 1,2 miligram per hari, Riboflavin sekitar 1,2 miligram perhari dan Niasin 11 miligram perhari.

  1. Air

Kebutuhan ibu hamil di trimester III ini bukan hanya dari makanan tapi juga dari cairan. Ari sangat penting untuk pertubuhan sel-sel baru, mengatur suhu tubuh, melarutkan dan mengatur proses metabolisme zat-zat gizi, serta mempertahankan volume darah yang meningkat selama masa kehamilan. Jika cukup mengonsumsi cairan, buang air besar akan lancar sehingga terhindar dari sembelit serta resiko terkena infeksi saluran kemih. Sebaiknya minum 8 gelas air putih sehari. Selain air putih, bisa pula dibantu dengan jus buah, makanan berkuah dan buah-buahan. Tapi jangan lupa, agar bobot tubuh tidak naik berlebihan, kurangi minuman bergula seperti sirup dan softdrink.

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *