Minggu ke 40: Detik Detik Bersejarah

Minggu ke 40: Detik Detik Bersejarah

Kehamilan РTibalah pada salah satu detik bersejarah dalam kehidupan Bunda. Waktu yang sangat ditunggu-tunggu ketika si buah hati hadir ke dunia.

A. Tentang Bayi Anda

Ukuran: Berat bayi 7,5 pon (3,4 kg) dengan panjang dari kepala ke pantat sekitar 14,8 sampai 15,2 inch (37 sampai 38 cm) dan panjang total 21,5 inch (48 cm).

Perkembangan: Dengan posisi kepala di dekat pelvis, bayi anda siap meluncur keluar. Semua organ tubuhnya sudah siap menerima perintah untuk berfungsi secara mandiri.

B. Bagaimana Kondisi Anda?

Saat ini Anda tidak boleh bermalas-malasan di tempat tidur. Beberapa aktivitas ringan seperti menyulam, meracik bumbu, dan sebagainya harus tetap Anda lakukan untuk menjaga peredaran darah Anda tetap lancar. Aktivitas seperti jalan kaki atau berbelanja sangat baik untuk merangsang bayi ikut bergerak memantapkan posisi terbaiknya.

Pada kunjungan ke dokter yang terakhir sebelum persalinan, Anda akan menerima banyak pesan-pesan. Ingat-ingatlah pesan ini atau bila perlu catatlah.

C. Asupan Gizi

Anda harus Sian menyusui si kecil. Lakukan inisiasi menyusui dini, yaitu menyusui tepat pada saat bayi keluar dari lahir. Hal ini akibat setengah jam setelah kelahiran hisapan si kecil adalah hisapan yang paling kuat. Hasil penelitian menunjukan inisiasi dini menyusui akan menurunkan resiko kematian bayi setelah lahir.

Perhatikan menu makan dan makanan ringan anda. Hindari makanan berlemak yang terlalu banyak karena lemak menghambat pencernaan yang berakibat gangguan pada saat persalinan. Makanan dengan banyak vitamin dan energi diperlukan untuk persiapan tenaga persalinan nanti.

D. Mengenal lebih jauh

1. Jaundice pada bayi baru lahir

Jaundice adalah masalah kadar bilirubin yang tinggi dalam darah bayi baru lahir. Setelah kelahiran, bayi Anda menyisakan bilirubin yang dulunya selalu dibuang oleh ibunya melalui aliran darah. Bayi Anda nampak kuning pada kulit dan bagian putih matanya.

Penanganan Jaundice cukup dengan fototerapi, yaitu meletakkannya di bawah sinar matahari pagi.

2. Ikterus pada bayi

Ikterus seperti jaundice yang berlanjut semakin parah. Kadar bilirubin bayi sangat tinggi (hiperbilirubinemia) ini lebih sering terjadi pada bayi prematur daripada bayi yang dilahirkan cukup bulan. Persoalan lanjutan ketika bayi menderita ikterus adalah masalah neurologi, kejang, gangguan pertumbuhan dan koordinasi otot, dan berbagai tingkat retardasi mental.

Tahukah Anda ?

Kesan pertama bayi baru lahir.
Bayi baru lahir mencatat satu demi satu stimulus yang ia tangkap melalui inderanya. Ia menangkap mulai dari desah ibunya yang mengejan, gemerincing alat kedokteran, dan beberapa kalimat yang diucapkan oleh dokter. Ia melihat ruangan yang aneh dan merasakan sentuhan yang tidak selembut air ketuban. Ia mulai mencium bau desinfektan dan keringat.

Ini adalah kesempatan yang tak terulang kedua kali. Anda harus menjemputnya dengan gendongan di dada, dan suami harus segera mengumandangkan adzan. Terlambat beberapa detik Anda akan kehilangan semuanya.

Agenda minggu ini

Di minggu terakhir ini, Anda sebaiknya kembali melakukan aktivitas rumah tangga biasa. Aktivitas ini bertujuan untuk merangsang secara alami gerakan bayi Anda dan penempatan posisi yang baik untuk menyesuaikan jalan lahir nanti.

  • Mencuci (tanpa mengangkat air/cucian)
  • Menyapu dalam rumah
  • Memasak
  • Menyirami bunga
  • Belanja ke toko terdekat (jalan kaki)
  • Jalan-jalan setiap pagi

Jangan lupa menghubungi saudara, kerabat dan teman-teman dekat Anda untuk meminta dukungan dari jauh.

 

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *