Susunan Acara Aqiqah

Susunan Acara Aqiqah

 

Aqiqah adalah tradisi yang ada di masyarakat muslim ketika ada sebuah keluarga dikaruniai seorang anak sebagai wujud rasa syukur atas karunia Tuhan. Lalu apakah Anda ingin melaksanakan aqiqah anak Anda? Bingung dengan susunan acara aqiqah sebagaimana mestinya?

Tidak perlu khawatir, artikel ini akan mengulas tentang hal itu. Dengan susunan acara yang ada di bawah ini diharapkan bisa membantu Anda untuk mempersiapkan hajat tasyakuran aqiqah anak Anda dengan sebaik mungkin.

Tata Cara Aqiqah

Sebelum ke susunan acara, maka ada baiknya jika Anda mengetahui tata cara aqiqah. Memahami  tata cara aqiqah sangat dianjurkan agar aqiqah bisa diterima dan sah. Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Semua anak bayi akan tergadaikan dengan aqiqahnya pada hari ketujuh ia dilahirkan. Maka sembelihlah hewan (kambing), berilah nama dan cukur rambutnya.” [Hadis Riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad]”

Jadi dari hadits di atas telah menjelaskan bahwasannya pelaksanaan aqiqah adalah di hari ketujuh di mana bayi tersebut lahir, dicukurlah rambut bayi tersebut dan diberilah ia nama. Lalu ada lagi ketentuan jumlah hewan yang disembelih untuk aqiqah menurut hadis dari ‘Amr bin Syu’aib.

Baca Juga:  Kumpulan Doa-doa Akikah yang Harus Diketahui Umat Muslim

Hadis dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa di antara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia menyembelih dua kambing untuk laki-laki dua kambing yang sama dan satu kambing untuk bayi perempuan.” [Hadis Riwayat Abu Dawud, Nasa’i dan Ahmad]

Hadits di atas menjelaskan bahwa tata cara melaksanakan aqiqah bagi anak laki-laki yakni menyembelih 2 ekor kambing. Untuk anak perempuan adalah menyembelih 1 ekor kambing.

Acara Aqiqah

Nah, setelah mengetahui tata cara pelaksanaan aqiqah, maka selanjutnya adalah susunan acara aqiqah yang pertama adalah pembukaan. Pada acara pembukaan ini, Anda bisa meminta salah satu orang untuk membuka acara syukuran aqiqah.

Baca Juga:  Aturan Aqiqah Dalam Pandangan Agama Islam

Lalu susunan acara aqiqah selanjutnya adalah pembacaan ayat-ayat suci Alquran. Pada susunan acara yang kedua ini Anda harus meminta orang yang fasih dan pandai melantunkan ayat suci Alquran.

Pada umunya ayat yang dibacakan adalah surat Luqman ayat 13 sampai 18. Ayat tersebut sangat cocok sekali dibacakan karena berhubungan dengan tema aqiqah yang diaadakan.

Susunan acara aqiqah selanjutnya adalah sambutan dari sohibul bait atau tuan rumah. Anda yang memiliki hajat, ada baiknya jika memberikan sepatah dua patah kata untuk menyambut kedatangan para tamu yang hadir di acara aqiqah anak Anda.

Acara selanjutnya yang adalah susunan acara aqiqah yang paling utamaa, yakni acara pencukuran rambut anak Anda. Pencukuran rambut dalam prosesi walimatul aqiqah memang terkesan simbolik karena bisa saja Anda mencukur rambut sang bayi sebelum acara atau sesudahnya.

Baca Juga:  Tips Memilih Syukuran Aqiqah Buah Hati Bunda

Jika Anda menghendaki pencukuran rambut bayi secara keseluruhan, tentu Anda membutuhkan waktu yang lama. Jadi pada acara pencukuran rambut tersebut, Anda hanya perlu memotong beberapa helai rambut anak Anda saja.

Setelah secara simbolik mencukur rambut, acara selanjutnya adalah memberikan nama anak Anda dan mengumumkannya kepada tamu yang hadir di acara aqiqah anak Anda.

Lalu susunan acara yang terakhir adalah menikmati hidangan olahan daging aqiqah serta mempersilakan tamu membawa pulang daging aqiqah yang sudah Anda siapkan.

Seperti itulah susunan acara untuk aqiqah pada umumnya yangberlaku di masyarakat muslim Indonesia. Semoga bermanfaat.

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *