Inilah Dia!!! Rekomendasi PAUD Terbaik di Jogja

Paud Jogja – Halo ayah bunda hebat di manapun berada!? Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2020 saja ya ayah bunda. Artinya, dalam beberapa minggu kedepan kita akan memasuki pergantian tahun. Kalau begitu… minggu-minggu terakhir di bulan desember ini, akan menjadi waktu-waktu terbaik dalam menyusun resolusi tahun 2021 mendatang. Kira-kira, apa saja nih… yang sudah terfikirkan oleh ayah bunda?

Pergantian tahun juga menjadi pertanda bahwa usia kita turut bertambah ya ayah bunda. Menyadari bahwa usia semakin bertambah, kira-kira ada rasa penyesalan atau enggak sih… didalam hati ayah bunda? Qadarullah, penuaan adalah sesuatu yang pasti terjadi. Namun, mengisi usia dengan “karya dan peninggalan terbaik” merupakan hal yang jauh lebih bernilai dari memiliki ‘usia’ itu sendiri. Benar begitu bukan… ayah bunda???



Pendidikan Anak Usia Dini

Bertambahnya usia tentu bukan hanya dialami oleh ayah bunda saja. Jangan lupakan bahwa Si Kecil juga mengalaminya. Wah… benar juga ya!? Tahun yang silih berganti, usia anak-anak juga bertambah kan?! Yap! Tahun depan tibalah waktunya bagi Si Kecil untuk masuk ke sekolah!!!

Ayah bunda pasti setuju kan… bahwa melepaskan anak merupakan hal yang paling berat untuk dilakukan setiap orang tua. Tapi, demi mendukung perkembangan intelektualnya, Si Kecil memang sudah harus keluar rumah, untuk bersekolah. Nah… sebelum menentukan pilihan sekolah, ada baiknya ayah bunda mengenali terlebih dahulu apa itu “Pendidiakn Usia Dini“, dan seberapa penting kah Pendidikan Usia Dini bagi Si Kecil?

Pada kesempatan kali ini aqiqah Al-Kautsar akan memberikan beberapa informasi dan tips menarik seputar pendidikan anak usia dini. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi sekolah PAUD dan TK terbaik di Jogja. Ikuti artikel ini sampai selesai ya ayah bunda!?

Seberapa Penting Kah? Anak Masuk PAUD

Sebenarnya seberapa penting sih… memasukan anak ke PAUD? Bukankah jika dididik di rumah saja sudah cukup?

Pendidikan Anak Usia Dini atau yang lebih dikenal dengan PAUD, adalah sebuah jenjang pendidikan untuk anak usia dini, yang direkomendasikan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui PERMENDIKBUD 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD (menggantikan Permendiknas 58 tahun 2009). Tujuan daripada diselenggarakannya jenjang pendidikan usia dini ini adalah untuk memfasilitasi warga negara didalam melatih dan mengembangkan mental belajar anak-anak sebelum memasuki usia 6 tahun.

Dengan kata lain, PAUD adalah jenjang pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan mental serta nalar anak, sebelum mereka memasuki jenjang sekolah dasar (SD). Lalu, apa saja sih yang dipelajari oleh anak-anak di PAUD? Tentu mereka tidak akan diajarkan disiplin ilmu ya ayah bunda!? Masa iya sih anak usia 3 tahun belajar tentang SAINS dan Sejarah di PAUD? Hehe…

Pada jenjang PAUD ini… anak-anak akan diajarkan bagaimana mereka mengenali diri dan lingkungannya. Program belajarnya pun meliputi seni, olah raga, pendidikan spiritual, dan kewarganegaraan dasar. Di PAUD mereka akan terliabt dalam suasana sosial yang lebih luas dari sebelumnya. Jika sebelumnya mereka hanya berinteraksi dengan anggota keluarga saja, di PAUD mereka akan bertemu dengan Guru dan Siswa-Siswa lain.

Memilih PAUD yang Sesuai Kebutuhan Anak

Setelah cukup usianya, yakni 3 tahun, bahkan kurang dari itu. Ayah bunda bisa mendaftarkan Si Kecil untuk masuk ke PAUD. Pilihlah PAUD yang sekiranya yang paling sesuai dengan ayah bunda dan Si Kecil. Beberapa pilihan PAUD terbaik bahkan Day Care sekalipun, untuk saat ini lebih banyak berada di kota Jogja dan Sleman. Didalam mencari PAUD ataupun Day Care yang sesuai di Jogja, tentu tidak mesti yang murah biayanya ya ayah bunda?! Banyak sisi lain yang harus dimasuk an ke dalam pertimbangan. Seperti jarak tempuh dari tempat tinggal, biaya, lingkungan sekolah dan lain sebagainya.

Mungkin pepatah berkut ini ada benarnya. “Ada harga ada pula rupa”. Pepatah tersebut menggambarkan sebuah permisalan tentang kualitas suatu barang atau jasa biasanya akan berbanding lurus dengan harganya. Hal tersebut memang ada benarnya. Seumpama saja, jika kita membandingkan sekolah TK Umum dengan TK Internasional yang ada di Jogja, tentu terdapat perbedaan yang jauh antara keduanya. Namun meskipun demikian, didalam upaya membangun pendidikan anak, nilai komersial tidak bisa menjadi acuan tunggal. Dibutuhkan pertimbangan-pertimbangan dari aspek penting lainnya, yang kemudian disesuaikan dengan kemampuan kita sebagai orang tua.

Rumah Adalah Ruang Belajar Utama Bagi Anak

Golden Age terjadi dimasa kanak-kanak. Dimana pada masa ini, seseorang memiliki daya serap yang sangat kuat. Oleh karena itu, penting sekali untuk membiasakan mereka agar selalu berada didalam ruang lingkup yang positif. Keadaan yang senantiasa baik akan berpengaruh pula pada baiknya proses tumbuh kembang Si Kecil.

Tentu saja kita semua tau, bahwa rumah merupakan tempat interaksi yang paling dominan bagi anak-anak. Selain merupakan kawasan primer, Si Kecil juga paling banyak menghabiskan waktu dirumah. Nah, sebagai orang tua, hendaklah kita memastikan bahwa suasana rumah benar-benar berada dalam situasi yang positif.


Alat Peraga Belajar

Saat belajar, anak-anak membutuhkan alat peraga. Belum mampunya mereka untuk berfikir ilmiah, mengharuskan kita menyediakan alat-alat peraga dalam belajar. Contoh alat peraga belajar yang wajib disediakan di rumah antara lain adalah huruf-huruf dan angka-angka untuk belajar berhitung. Alat peraga ini bisa ayah bunda dapatkan di tempat penjualan ape paud terdekat di kota Jogja. Selain ape paud berisi angka dan huruf, ayah bunda juga boleh menambahkan mainan edukasi, agar Si Kecil merasa senang saat belajar.

Rekomendasi PAUD dan TK di Jogja

Paket Aqiqah JogjaBerpuluh-puluh tahun lamanya, Jogja telah dikenal sebagai salah satu kota yang menjadi kiblat bagi dunia pendidkan nasional. Di provinsi ini, yakni D.I. Yogyakarta, terdapat banyak lambaga-lembaga pendidikan yang kemudian dijadikan rujukan oleh banyak lembaga-lembaga lain. Sebut saja diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Indonesia dan masih banyak lagi lembaga pendidikan lainnya.

Karena hal tersebut, rasa-rasanya banyak orang akan sepakat, bahwa lembaga-lembaga pendidikan di Jogja memiliki kualitas yang unggul, bahkan sampai pada tingkatan PAUD dan Taman Kanak-Kanaknya (TK). PAUD dan TK di Jogja kurang lebih berjumlah puluhan bahkan ratusan. Tentunya dengan bermacam-macam keunggulannya masing-masing. Untuk biaya sekolah di PAUD dan TK Jogja juga relatif ya ayah bunda. Jika diklasifikasikan dari harga sekolah yang paling mahal, ada nama-nama PAUD dan TK seperti TK Primagama Jogja, Safa Preschool Jogja, Al Azhar 31 Yogyakarta, Kinderstation Yogya, dll. Sesuai dengan biaya yang cukup mahal, sekolah-sekolah tersebut juga merupakan PAUD dan TK terfavorit di Provinsi Yogyakarta.

Beberapa nama di atas merupakan rekomendasi PAUD dan TK terbaik di Jogja. Bagi ayah bunda yang menyukai apabila anak-anaknya mendapatkan pendidikan dengan kualitas unggul, bisa langsung mendaftar di sekolah-sekolah tersebut.

Edukasi Parenting Qur’an Al-Kautsar

PAUD Jogja – Baru-baru ini aqiqah al-kautsar telah merilis sebuah program edukasi terbaru bertajuk Prenting Qur’an. Dimana dalam program ini, ayah bunda akan mendapatkan tambahan wawasan serta pengetahuan seputar pendidikan anak. Materi-materinya pun disajikan dengan bahasa yang sederhana, sehingga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan ayah bunda sekalian, didalam membersamai tumbuh kembang Si Kecil.

Fasilitas ini disediakan secara GRATIS oleh tim Parenting Qur’an Al-kautsar. Program ini dilangsungkan dengan dua jalur, menggunakan aplikasi yang berbeda. Yang pertama adalah jalur Kuliah Telegram. Dari namanya saja sudah bisa ditebak ya ayah bunda?! Yap! Benar ayah bunda, aplikasi yang digunakan adalah Telegram. Sementara jalur yang kedua adalah Seminar Online mengggunakan aplikasi Zoom.

Untuk mengikuti program ini, ayah bunda diharuskan mendaftar terlebih dahulu dengan masuk ke link khusus. Klik link berikut ini untuk mendaftar https://t.me/joinchat/R3zLCxPBbln1H6mpYU4sHA . Dalam melakukan pendaftaran nantinya, ayah bunda hanya dimintai data diri berupa nama dan kontak Whatsapp atau Telegram saja. Tidak berbayar, dan sepenuhnya gratis.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada ayah bunda. Adapun kekurangan daripada penulis mohon di maafkan. Semoga Artikel ini bermanfaat, barakallahufikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *