Pengasuhan dalam Situasi Khusus – Bagian 3

Pengasuhan dalam Situasi Khusus – Bagian 3

Kelahiran – Pengasuhan dalam situasi khusus merupakan waktu mengasuh bayi bagi Bunda yang terjadi dalam waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan waktu biasanya.

D. Menjadi orangtua tunggal, tak masalah

Jika memang ini yang terjadi, Anda harus menjalaninya dengan ikhlas. Apapun penyebabnya,Anda tetap saja harus mengurus bayi Anda sendirian.

Sebenarnya Anda tidak sendirian karena masih ada kakek, nenek, om dan tantenya. Anda pun dapat bergabung dengan komunitas orang tua tunggal. Sekali lagi, Anda tidak benar- benar sendirian.

Berikut adalah beberapa tips bagi orang tua tunggal agar tetap sukses dalam pengasuhan anak.

1. Lakukan dengan penuh cinta

Bayi dalam gendongan Anda tidak mempunyai kesalahan apapun. Jangan pernah melampiaskan kekesalan Anda padanya. Terima ia dengan ikhlas, syukuri keberadaannya dan terus melangkah bersama si kecil menggapai cita-cita dan mewujudkan mimpi Anda bersamanya.

Jika Anda telah menerimanya dengan sepenuh hati maka cinta akan hadir. Anda akan benar-benar merasakan getaran cinta itu. Mengasuh dengan penuh cinta akan membuat si kecil merasa nyaman walaupun tanpa kehadiran sang Ayah.

2. Libatkan orang lain

Biarkan jika kakek, nenek, om dan tante turut mengasuh bayi Anda. Mereka juga menyayangi penghuni baru di keluarga besar. Bebaskan mereka untuk mengungkapkan perasaan sayangnya. Biarkan pula jika sahabat Anda ikut merawat si kecil. Anda harus bersyukur dan berbahagia karena Anda tidak benar- benar sendiri.

3. Anda tetap butuh ”Me time”

Waktu untuk diri sendiri (Me time), Anda tetap membutuhkannya. Semua itu akan membuat Anda tetap tenang dan bahagia. Tidak ada salahnya jika kebiasaan Anda untuk menghilangkan stress dengan belanja tetap Anda lakukan. Anda harus tetap bahagia, gembira dan ceria. Ingatlah bahwa bayi Anda butuh seorang Ibu yang bahagia, bukan wanita yang bermuram durja.

4. Selesaikan semua urusan dengan pasangan

Jika penyebab Anda menjadi orang tua tunggal adalah perceraian atau urusan lain yang menyebabkan Anda harus berurusan dengan meja hijau, selesaikan segera semua urusan itu. Jangan biarkan semua itu mengganggu konsentrasi Anda dengan si kecil. Lakukan apa saja yang terbaik demi si kecil.

Jika penyebab menjadi orang tua tunggal adalah meninggalnya pasangan, maka selesaikan urusan dengan pihak keluarga almarhum. Selesaikan hak pengasuhan anak dengan cermat dan tuntas.

5. Kondisikan Anak dengan bijak

Semakin besar si kecil, maka ia pun akan semakin banyak bertanya tentang dirinya. Ia akan semakin kritis bertanya tentang banyak hal pada Anda. Termasuk keberadaan Ayahnya. Anda harus benar- benar bijak menjawab semua pertanyaan tersebut. Perlahan ia akan memahami kondisi yang dihadapi, dan tetap percaya diri karena memiliki Anda, Ibu yang sekaligus juga menjadi Ayah yang hebat.

E. Mengasuh Bayi Adopsi

Anda akan dapat menjadi orang tua, tanpa harus menjalani persiapan biologis selama sembilan bulan seperti Ibu – ibu lainnya. Mengadopsi anak adalah solusi alternatif bagi Anda yang benar – benar ingin menjadi orang tua tetapi tidak dikaruniai kehamilan. Berikut ini adalah cara- cara umum untuk mempermudah menjadi orang tua angkat :

1. Adopsi terbuka

Adopsi cara ini artinya mengasuh anak orang lain dengan tetap menjalin komunikasi dengan ibu kandungnya. Dengan cara ini, Anda dapat merencanakan apapun yang terbaik untuk si kecil. Selain itu, Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai tingkah laku si kecil.
Adopsi cara ini juga akan membuat si kecil merasa lebih nyaman dalam pengasuhan Anda. Anda tidak perlu merasa ketakutan orang tua kandung tiba – tiba akan mengambilnya.

2. Riwayat keluarga, amat penting

Jika Anda tidak dapat mengadopsi anak dengan cara terbuka, pastikan semua informasi tentang si kecil Anda dapatkan. Misalnya, Anda mengambil si kecil dari sebuah yayasan. Maka, Anda harus mendapatkan Informasi mengenai riwayat orang tuanya, sakit atau cacat yang dimiliki serta informasi mengenai perilaku si kecil selama dalam pengasuhan yayasan tersebut. Jangan lupa untuk mengikuti prosedur hukum yang berlaku dalam mengadopsi anak.

3. Katakan dengan bijak

Kelak si kecil akan tumbuh besar. Ia akan semakin kritis bertanya banyak hal mengenai dirinya. Mungkin ia akan bertanya kenapa rambutnya atau warna kulitnya berbeda dengan Ayah, Ibu dan saudara yang lainnya. Untuk menjawab hal ini, Anda harus bijak. Anda harus benar – benar merencanakan kapan akan mengatakan hal yang sebenarnya tentang status si kecil. Juga merencanakan cara mengatakan yang bijak, tanpa harus menyakiti perasaannya.

 

F. Mengasuh bayi dengan kebutuhan khusus

Bayi – bayi yang mengalami gangguan perkembangan dan pertumbuhan adalah bayi- bayi yang memerlukan pengasuhan yang spesial. Bayi – bayi ini dilahiran dengan potensi-potensi terbaik dalam dirinya.

Tugas Anda adalah menemaninya mengoptimalkan potensi terbaik itu. Down syndrome, autis, ADHD, dan cacat fisik adalah sedikit dari ganggun pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Apapun diagnosa yang dokter anda berikan tetaplah menerima mereka apa adanya.

Prinsip pengasuhan untuk anak-anak istimewa ini adalah :

1. ikhlas

Relakan semuanya, terima apa yang ada di hadapan dengan lapang dada. Ini adalah kunci kesuksesan Anda menjadi orang tua istimewa. Segeralah mensyukuri kehadirannya. Ia tetap bayi anda yang istimewa.

2. Jadilah Orang tua siaga

Mulai sekarang jadilah orang tua siaga. Yaitu orang tua yang siap mendapat semua kejutan – kejutan dari si kecil. Mulai memperbanyak pengetahuan Anda sesuai kondisi si kecil, mengasah berbagai keterampilan khusus yang akan Anda berikan untuk si kecil. Jangan lupa untuk mengikuti terapi atau pengobatan yang disarankan oleh dokter Anda.

3. Fokuskan pada kelebihan, abaikan kecacatannya.

Mengabaikan kecacatannya dan memfokuskan pada kelebihannya akan menghemat energi Anda dalam mengasuh si kecil. Percayalah bayi kecil Anda memiliki segudang kelebihan di luar perkiraan Anda.

4. Bergabung dengan perkumpulan

Bergabung dengan perkumpulan dunia maya, atau perkumpulan lainnya yang memiliki latar belakang anggotanya sama, dapat membantu Anda dalam meringankan beban yang Anda hadapi. Perkumpulan ini membuat Anda semakin yakin bahwa Anda tidak sendirian. Bahkan beberapa perkumpulan dapat memberikan banyak informasi saran dan solusi yang terbaik dari masalah Anda

5. Tim yang sukses

Jadilah tim yang sukses antara Anda, pasangan Anda dan si kecil yang istimewa. Anda benar- benar harus fokus merawatnya. Semakin besar, ia akan menunjukan keterampilan barunya. Anda harus dapat menangkap tanda khusus itu, memahami dan mengembangkannya hingga ia dapat tumbuh menjadi anak yang mandiri dan berprestasi. Semua itu terwujud atas kerja sama yang sukses.

 

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *