Masa-masa Kehamilan di Minggu Kelima dan Keenam

Masa-masa Kehamilan di Minggu Kelima dan Keenam

masa-masa kehamilanKehamilan – Apa saja yang terjadi di masa-masa kehamilan minggu kelima dan keenam Bunda?

A. Minggu Kelima: Anda Terlambat Haid

1. Tentang Bayi Anda

Ukuran: Bayi Anda belum tumbuh terlalu besar. Panjangnya sekitar 0,05 inch atau 1,25 mm. 

Perkembangan:

Lapisan yang kelak akan menjadi jantung sudah berkembang. Sistem saraf pusat (otak dan urat saraf tulang belakang) mulai terbentuk dan mulai terjadi pembentukan rangka, otot, serta tulang. 

Embrio atau mudigah pada minggu ini berkembang sangat cepat. dengan komando genetika yang menakjubkan. Sel bergerak cepat dan cerdas melakukan pembentukan bagian-bagian tubuh yang harus dibangun. Minggu ini fungsi genetika berjalan pesat menyampaikan pesan-pesan pembentukan sesuai sifat yang dimiliki oleh orang tuanya. 

2. Bagaimana Kondisi Anda? 

Belum ada tanda-tanda khusus pada fisik yang menunjukkan bahwa Anda sedang hamil. 

Lakukan seperti biasa bila anda ingin berbelanja, menyetir mobil, jalan pagi-pagi, mengajar, memasak, dan sebagainya. Ini tidak membahayakan bagi anda dan dapat mengurangi kecemasan-kecemasan.  Selama tidak ada gerakan yang ekstrem (menghentak, melompat, membungkuk, mengangkat benda berat), maka aktivitas papun aman bagi Anda dan kandungan Anda. 

Bila ini adalah kehamilan pertama bagi Anda, mungkin Anda menjadi sensitif dan ingin bermanja pada suami. Dari sudut pandang kesehatan, sifat iti tidak berpengaruh terdhadap kehamilan Anda. Anda bebas bersikap sepanjang suami juga menikmati sikap Anda ini. 

3. Asupan Gizi

Makanan Anda bila sering mual 

  • Banyak minum air. Makanan kecil dengan protein tinggi (kacang atom, keripik lulit dan sebaginya) yang dimakan sebelum tidur dapat membantu menstabilisasi gula darah.
  • Mungkin Anda perlu makanan kecil yang mengandung karbohidrat tinggi sebelum tidur untuk membantu kalori Anda. 
  • Jaga kamar Anda tetap segar dan biarkan angin keluar masuk pd siang hari. Udara yang dingin dan segar membantu Anda merasa lebih baik. 
  • Jika Anda meminum suplemen zat besi, minumlah satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. 

Penambahan berat badan 

  • Berapa banyak penambahan berat badan Anda selama kehamilan dipengaruhi oleh berat badan Anda sebelum hamil. Banyak yang mengatakan penambahan berat badan 10 ons per minggu sampai 30 minggu.  
  • Kemudian 1 ons per minggu dari 20 sampai 40 minggu. 
  • Anda harus menjaga nutrisi Anda selalu cukup, dengan meninggalkan beberapa makanan yang tidak perlu.

 

Mengenal lebih jauh 

Kehamilan ektopik 

Kehamilan ektopik terjadi bila embrio tumbuh di luar rahim. Sembilan puluh persen kehamilan ektopik terjadi di dalam tuba dan sisanya terjadi pada ovarium atau serviks.

Infeksi punggung, Kerusakan Tuba Fallopi, operasi perut, dan penggunaan kontrasepsi IUD (Intrauterine Device)  yang tidak dikontrol diduga memperbesar resiko kehamilan ektopik.

Karena kehamilan ini tumbuh pada tempat yang tidak ”didesain” untuk kehamilan, maka saat kehamilan membesar perut akan sobek dan menyebabkan pendarahan hebat (disebut Kehamilan Ektopik Terganggu/KET) 

Pengobatan kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik biasanya ditangani dengan pembedahan. Pada kondisi tertentu dokter melakukan pemutusan tuba falopi sehingga di masa mendatang fertilisasinya akan terpengaruh.

Cara lain menangani kehamilan ektopik adalah dengan pengobatan tanpa pembedahan. Cara ini dilakukan dengan sejenis obat kanker yang akan bekerja mematikan sel yang tumbuh dalam kehamilan sehingga kehamilan akan berakhir. Biasanya ini dilakukan bila kehamilan Ektopik belum pecah (KE)

Tahukah Anda?

Embrio kita mirip embrio ikan, reptil dan burung (sebelum 12 minggu)

Gambar embrio Anda mirip dengan embrio ikan, reptil, burung, dan mamalia. Pada embrio hewan-hewan ini terdapat bagian yang serupa kepala, insang, dada, dan ekor. 

Tanpa mempelajari genetika yang sangat rumit, kita akan mengatakan bahwa ikan, kadal, dan ayam berasal dari satu spesies yang sama. Meskipun sekilas nampak mirip, ternyata bagian-bagian embrio itu berkembang dengan cara yang sangat berbeda. Ini terjadi karena DNA memberikan instruksi yang berbeda. 

Anda dapat membayangkan bentuk bola yang selalu bulat. Apakah anda menyimpulkan bahwa bola voli, bola tenis, dan bola basket itu dulunya satu jenis permainan? Tentu saja tidak. Jadi sesuatu yang nampak mirip tidak selalu berasal dari sesuatu yang sama. 

Agenda minggu ini:

  • Menambah beberapa celana dalam untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan berkenaan dengan cairan vaginal dan pendarahan di awal kehamilan
  • Menambah koleksi bra dengan ukuran lebih besar. 
  • Memanggil staf sebagai wakil Anda dalam beberapa tugas kantor yang harus Anda kurangi.
  • Berbelanja kebutuhan kehamilan awal. 
  • Membuat agenda kehamilan untuk satu trimester kedepan. Agenda ini meliputi rencana menu harian, jadwal kunjungan dokter (hasil diskusi dengan dokter), jadwal senam kehamilan, olah raga harian, dan sebagainya.
  • Membuat rencana pendidikan janin dalam rahim.

B. Minggu Keenam : Selamat, Anda Hamil   

1. Tentang Bayi Anda

Ukuran: Panjang dari kepala sampai ke pantat janin Anda sekitar 0.08 sampai 0,16 inch (2  sampai 4 mm). 

Perkembangan:

Bentuk sudah menunjukkan bagian yang bisa disebut ‘kepala’ , ‘pantat’ dan ‘kaki’ meskipun belum merupakan organ yang sebenarnya. Minggu ini adalah masa terbentuknya persarafan dan rongga otak awal. Pembuluh jantung menyatu dan jantung mulai berdenyut.

2. Bagaimana Kondisi Anda?

Seharusnya berat badan badan Anda bertambah beberapa ons sekarang. Tetapi jika Anda muntah-muntah (emesis) dan pola makan Anda memburuk, Anda justru akan mengalami penurunan. Jika ini adalah kehamilan pertama bagi Anda, maka perut Anda biasanya belum berubah. Anda hanya sedikit merasa sesak baju di bagian sekitar pinggang. Anda mengalami penambahan berat dari kaki atau tempat lainnya, seperti payudara Anda.

3. Asupan Gizi

Untuk mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan selama kehamilan, Anda harus selektif dalam memilih makanan. Anda tidak dapat memakan apapun hanya berdasarkan selera. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, terutama khususnya zat besi, kalsium, magnesium, asam folat, dan zinc. Anda juga membutuhkan serat dan cairan untuk membantu mengatasi masalah klonstipasi. 

Mengenal lebih jauh 

Retardasi 

Kadang pertumbuhan ini sangat lambat sehinga pada saat dilahirkan ia berukuran lebih kecil dibandingkan dengan bayi normal. Keterlambatan pertumbuhan sperti ini sering disebut retardasi pertumbuhan. Angka kematian bayi retardasi ini lebih tinggi dibandingkan dengan bayi dengan pertumbuhan normal. Dengan pemeriksaan USG secara rutin, seharusnya retardasi dapat dikenali sejak dini dan diantisipasi. 

Penyebab  retardasi 

  1. Ibu yang pernah mengandung dengan kasus retardasi sebelumnya beresiko mengalami retardasi lagi pada kehamilan berikutnya.
  2. Sang Ibu yang kekurangan nutrisi secara umum.
  3. Ibu pengguna atau mantan pengguna alkohol, rokok, psikotropik, dan narkotika.
  4. Janin penderita infeksi, misalnya Cytomegalovirus, atau Rubella.
  5. Ibu penderita anemia, preeklampsia atau tekanan darah tinggi (hipertensi). 
  6. Janin kembar lebih beresiko tumbuh lambat dibandingkan dengan janin tunggal. 
  7. Bayi yang menderita kelainan tali pusar atau plasenta. 
  8. Ibu dengan pekerjaan berat selama kehamilan. 

Tahukah Anda ?

Embrio Anda sudah hidup

Embrio yang bersemayam dalam rahim itu sudah hidup. Buktinya ia tumbuh, berkembang, bergerak, dan membesar dengan instruksi genetikanya sendiri. 

Al-Qur’an menjelaskan tentang pembentukan manusia tanpa menyebut soal nyawa. Allah hanya menjelaskan peniupan ruh pada hari ke 120.  Sebelum ruh ditiupkan, embrio Anda sudah hidup dan berhak untuk dipelihara keberlangsungan hidupnya. 

Mengakhiri kehidupan dalam masa ini adalah tindak pembunuhan. Oleh sebab itu, sudah tanpa memperdebatkan ada atau tidaknya ruh, Aborsi pada minggu ini sama juga dengan pembunuhan, karena telah mematikan makhluk yang sudah hidup.

Agenda minggu ini: 

  • Mengevaluasi apakah Anda disiplin memenuhi memakan suplemen zat besi dan asam folat. 
  • Mengevaluasi apakah makanan Anda sudah cukup bergizi dan Anda memakannya dengan cukup. Sebab saat ini Anda mungkin sering muntah.
  • Membuat jadwal olah raga dan memastikan Anda dapat menjalaninya secara teratur.

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *