Menikmati Indahnya Sabar

Menikmati Indahnya Sabar

Indahnya sabar – Semakin beriman seseorang, semakin sabarlah hatinya. Sabar adalah tahan menghadapi cobaan, tidak mudah marah, tidak mudah berputus asa, pantang menyerah, tabah, tenang, dan tidak tergesa-gesa.

Allah berfirman yang artinya,

Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (Ar Ra’d : 22)

Sabar bukan kepasrahan atau ketidakberdayaan tetapi kemampuan mengendalikan diri untuk tidak mengambil tindakan sebelum tepat saatnya. Pikiran orang sabar selalu jernih dan bersih.

  • Pahala orang yang sabar

Kesabaran mendatangkan pahala yang sangat besar. Rasulullah SAW telah mengatakan,

”Sungguh aneh persoalan seorang Mukmin! Sesungguhnya semua permasalahannya adalah baik baginya, hal ini tidak dimiliki kecuali oleh orang-orang Mukmin. Jika mendapatkan kebaikan maka ia bersyukur dan kesyukurannya itu menjadi hak baginya, dan jika ditimpa kesusahan maka ia bersabar dan kesabaran itu menjadi baik baginya.” (HR Muslim).

Ketika Anda bersabar, maka buah dari kesabaran itu adalah Ridha ALlah, kedamaian, kebahagiaan, kemuliaan, dan kecintaan Allah. Allah memberi pahala tak terbatas bagi orang yang bersabar.

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (Az Zumar : 10)

Allah tidak menguji seorang hamba kecuali ujian itu akan mendatangkan kebaikan dan kekuatan baginya, atau menghilangkan dosa. Ada sesuatu yang sangat rahasia ketika anda merasakan beban yang berat. Ketika anda memikulnya dengan membuang rasa putus asa, maka rahmat Allah akan datang. Rahmat itu akan diberikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Kepada-Nya ada harapan untuk mendekatkan jalan keluar, dan memudahkan urusan.

  • Beban yang makin berat

indahnya sabar

Salah satu perubahan alami yang terjadi adalah payudara Anda sudah mulai mencoba untuk berproduksi. Payudara Anda meregang dan padat, meskipun sebenarnya jumlah ASI di dalamnya belum begitu banyak. Anda harus menikmati rasa tidak nyaman dan sakit yang menyimpan banyak harapan.

Merasa pegal-pegal dan penat pinggul dan pinggang, bahkan lebih hebat. Tegang di sekitar dada mulai muncul sementara sesak napas belum juga hilang.

Merasa serba salah ketika duduk, berdiri, atau berbaring. Semua posisi serba tidak nyaman dan sulit bertahan lama. Tubuh Anda seperti meregang dengan kuat karena berat badan bayi Anda meningkat beserta cairan ketuban dan plasentanya. Banyak wanita mengeluhkan rasa sakit dan pegal-pegal sampai bagian pantat, terutama pada sore hari. Anda meraba sekitar pusar, akan terasa seperti membawa bulatan sebesar bola sepak. Rahim memenuhi perut Anda dan mempersempit ruang dalam rongga perut Anda. Satu-satunya cara bernapas yang dapat Anda lakukan adalah pernapasan paru-paru, sedangkan pernapasan diafragma dan pernapasan perut tidak mungkin lagi.

Mungkin terjadi pembengkakan di bagian kaki. Mungkin Anda merasakan sandal atau sepatu yang tiba-tiba sempit dan kaki tidak dapat memasukinya karena kaki semakin membesar. Tubuh Anda menghasilkan sebanyak 50% lebih darah dan cairan tubuh selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan bayi. Cairan ini kemudian menyebar ke dalam jaringan tubuh Anda. Saat rahim Anda yang membesar menekan vena pelvis, darah mengalir di bagian bawah dari tubuh Anda yang sebagian diblokir. Karena pengaruh gravitasi, maka cairan akan terdorong masuk ke dalam kaki Anda, mengumpul dan menyebabkan pembengkakan. Hal ini terjadi terutama jika Anda berdiri terlalu lama atau duduk dengan posisi kaki jatuh terjuntai.

Pada saat seperti ini Anda sangat membutuhkan orang terdekat, yaitu suami dan ibu Anda. Mereka hadir untuk memberikan motivasi dan dukungan akan kehamilan ini. Pastikan anda makin teguh berjuang. Berdoalah kepada-Nya setiap waktu.

  • Tetaplah tenang

Mungkin Anda mengeluhkan sesak pada hidung mereka atau hidung berdarah. Gejala ini diduga terjadi karena perubahan-perubahan yang berhubungan dengan proses kehamilan. Selaput lendir hidung dan jalan hidung Anda membengkak sehingga lebih mudah mengeluarkan darah.

Rahim yang membesar mengurangi ruang bagi paru-paru. Saat ini Anda akan lebih sulit bernapas perut atau diafragma karena desakan rahim. Anda hanya mengandalkan kembang kempisnya dada untuk menghirup oksigen. Napas Anda akan terasa pendek dan mudah lelah, terutama ketika Anda beraktifitas berat atau terlalu lama, berbicara lama, atau berteriak-teriak. Mulailah berhemat Oksigen dengan cara mengurangi aktivitas berat.

Sesak napas dan masalah pernapasan lain juga dapat terjadi akibat udara dingin (alergi dingin). Gangguan ini mudah diatasi dengan menggunakan penghangat ruangan atau bantal hangat.

Tetaplah bersikap tenang. Jika memungkinkan, kondisikan kamar atau rumah anda menjadi tenang dan nyaman. Bayi Anda tidak nyaman terlalu lama dalam kebisingan dan gaduh. Suara-suara dari luar, bahkan dari suara anda, dapat menembus cairan ketuban dan mencapai telinga bayi Anda yang sedang berkembang.

Oleh sebab itu, berada di tempat yang bising bagi ibu hamil sangat tidak sehat karena bayi Anda ikut merasakan kebisingan itu. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa suara yang keras, lama dan cepat, bunyi ledakan yang keras juga dapat merusak pendengaran sebelum dan setelah lahir. Sebaiknya suara yang teratur dan harmonis membuat bayi nyaman dan menambah kecerdasannya.

Jagalah lingkungan Anda tetap sehat bagi perkembangan bayi Anda. Si kecil ingin tenang dan menikmati pertumbuhannya dengan sempurna.

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *