Mengenalkan kebiasaan sehat Rasulullah sehari-hari

Mengenalkan kebiasaan sehat Rasulullah sehari-hari

Parenting – Mengenalkan kebiasaan sehat Rasulullah sehari-hari. Bagaimana Rasulullah Muhammad SAW menjalani rutinitas  hariannya.

  • Cara Rasulullah SAW tidur

Tidurnya Rasulullah SAW berbeda dengan orang pada umumnya di zaman itu. Rasulullah SAW tidur lebih awal, yaitu tidur sebelum larut malam dan bagun lebih pagi. Banyak riwayat menyatakan bahwa beliau SAW terbiasa tidur di awal malam selepas isya dan bangun pada pertengahan malam untuk melakukan shalat tahajud. Sebelum tidur beliau SAW bersiwak dan berwhudu dan menggunakan pakaian yang pantas. 

Ini semua dilakukan untuk menjaga kesehatan dan ikhtiar pemulihan tenaga. Selama menit-menit menunggu lelap, beliau SAW berdoa dan berdzikir memohon perlindungan kepada Allah. Ini sangat penting untuk menjaga kualitas tidur dan kebugaran mental ketika bangun, sehingga pada pagi harinya tetap bersemangat menghadapi apapun yang akan terjadi di siangnya.

Kenalkan cara tidur ini kepada anak dan latih ia melakukannya setiap malam. 

  • Cara  Makan Rasulullah SAW 

Rasulullah SAW tidak makan kecuali makanan yang halal dan thayyib. Halal artinya makanan itu diperbolehkan oleh Allah untuk dikonsumsi dan thayyib artinya makanan tersebut memiliki kebaikan bagi tubuh. 

Saat anak membeli makanan, yang pertama disampaikan kepada adalah tentang jaminan halalnya makanan itu. Ingatkan apakah makanan tersebut bertanda halal atau jika bukan makanan kemasan pastika anda mengetahui bahwa makanan tersebut memang dihalalkan. Yang dimaksud halal adalah berbahan halal, didapatkan dengan cara yang halal (diambil sebagai haknya atau dibeli dengan pembelian yang sah). Ajarkan tentang prinsip makanan thayyib, yaitu makanan yang mengandung gizi baik, tidak mengandung zat yang membahayakan, dan makanan yang dimakan dengan cara yang atau kemasan yang wajar. 

Rasulullah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, karena perut terbagi, yaitu 1/3 untuk makanan 1/3 untuk air dan 1/3 lagi untuk udara. Jangan sampai anak rakus memakan, mengalami kekenyangan, atau menderita kelaparan. 

  • Rasulullah SAW Hidup Bersih

Rassullullah SAW mengajarkan umatnya untuk selalu bersih dan rapi setiap waktu. Beliau selalu tampil bersih dan rapi saat berpakaian apapun.Begitupun pada kebersihan tubuhnya, beliau adalah pribadi yang rajin bersiwak, menyisir rambut, mandi teratur, dan gemar menggunakan wewangian.

Rumah rasulullah amat sederhana, tetapi tertata rapi dan selalu bersih bagian dalam dan luarnya. Perabotan yang seadanya tidak tertempel kotoran dan tidak terdapat sampah berserakan. Tidak ada bau-bauan yang mengganggu di rumah beliau SAW sehingga siapapun yang masuk akan merasa nyaman meskipun tanpa menikmati kemewahan. 

Saat menyampaikan kepada anak mengenai kebersihan dan kerapian, sisipkan pesan bahwa itu semua bukan semata keinginan orang tua, melainkan mencontoh Rasulullah SAW. Sampaikan bahwa dalam hal kebersihan dan kerapian pun kita akan mengikuti sunnah. Kita adalah pecinta Rasulullah yang apapun perbuatan kita sebisa mungkin akan meniru beliau SAW.    

  • Rasulullah SAW menjaga sikap 

Rasulullah meredam amarah sahabat-sahabatnya dengan sikap tenang. Ketika seorang sahabat ingin marah, beliau SAW menyarankan agar ia mengubah posisi tubuhnya. Jika seseorang marah dalam keadaan berdiri hendaklah duduk, jika marah sedang duduk hendaklah berbaring, jika masih marah segeralah ambil wudhu dan shalat sunnah dua rakaat meminta pertolongan dan ampunan kepada Allah SWT. 

Rasulullah mudah tersenyum ketika berhadapan dengan para sahabatnya, berkata dengan kalimat secukupnya dan tidak pernah memotong atau menyela pembicaraan orang lain. Rasulullah tidak menyukai perdebatan sia-sia dan tidak bercanda yang mengandung kebohongan.

Saat menghadapi sahabat yang berakhlak buruk, Rasulullah tidak langsung mencela. Bahkan kepada orang yang memusuhi, beliau SAW tidak langsung balik memusuhinya. 

  • Rasulullah SAW menjaga kebugaran

Berolahraga adalah salah satu kebiasaan Rasulullah SAW untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap bugar. Beliau berlatih memanah, berkuda, dan berenang. Kita pun mendapat anjuran untuk melatih anak-anak menguasai olahraga tersebut sebagaimana dalam sebuah hadis beliau SAW bersabda “Ajarilah anakmu berenang dan memanah” (HR.Dailami) 

Selain menjaga kebugaran tubuh, dampak baik olahraga adalah berolahraga secara rutin adalah menghilangkan stress atau tekanan-tekanan dalam pikiran. Jadi, olahraga merupakan terapi mental yang sangat berguna agar selalu dapat berpikir sehat dan tetap cerdas.

 

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *