Minggu Ke-12 Kelahiran: Pilih Ayah atau Bunda – Bagian 1

Minggu Ke-12 Kelahiran: Pilih Ayah atau Bunda – Bagian 1

Kelahiran – Pada usia 0-3 tahun terdapat 1000 triliun koneksi (sambungan antar sel). Pada saat inilah anak-anak bisa mulai diperkenalkan berbagai hal, termasuk mengenali Ayah atau Bunda.

A. Bayi

Bayi suka dengan sentuhan. Ia tumbuh dengannya, karena sentuhan merupakan bagian penting pertumbuhan dan perkembangan. Semua kontak dari kulit ke kulit tidak hanya membantu anda dan bayi anda  berlekatan (bonding), tetap ia membuatnya nyaman ketika ia terganggu dan ketika mengalami iritasi.

Latihlah kepekaan sentuhan bayi anda dengan menyentuhkan berbagai benda, misalnya kain felt, popok, dan kaus. Bayi anda mungkin sudah mula mencoba memakan sesuatu, maka amatilah dengan hati-hati benda apa saja yang ada di sekelilingnya dan jangan meninggalkannya sendirian dengan sesuatu yang dapat masuk ke mulutnya.

B. Bunda

Anda sudah terbiasa dengan bentuk tubuh setelah melahirkan. Meskipun dikatakan sudah pulih seperti semula, tentu saja tidak sepenuhnya demikian dalam hal bentuk tubuh.

Kelahiran adalah pengalaman mengenai perubahan bentuk tubuh dalam kehidupan anda. berat badan bertambah, pinggang dan pinggul anda sekarang sedikit lebih lebar, dan perut anda lebih kendur.

Anda harus menunggu sekitar sembilan bulan untuk mengembalikan bentuk tubuh ini. Beberapa wanita menemukan bahwa mereka tidak dapat kembali persis seperti saat sebelum kehamilan. Sebenarnya, asalkan bentuk dan berat badan ini tidak berlebihan, anda masih berpeluang untuk sehat.

Jika anda menyusui, sangat penting untuk diingat bahwa anda tidak boleh sembarangan diet, terutama diet yang bermakna ‘mengurangi makanan’.

  • makan dengan porsi lebih kecil, dan mengunyah setiap suapan perlahan-lahan. anda akan menemukan bahwa anda dapat merasa puas dengan ini. berhentilah sebelum anda merasa kenyang.
  • minum air putih. Bawalah sekitar air es  dalam botol yang dapat diisi ulang dan minumlah sepanjang hari. Bukan hanya akan menyelamatkan anda dari cairan, tetapi juga akan membuat perut merasa kenyang. The herbal atau minuman berasa lain (asal tidak terlalu manis) juga tidak apa-apa.
  • Makan jenis kalori yang baik, bukan kalori yang membahayakan. Jangan menyamakan dengan ketika anda sedang hamil
    Makan snack dengan cerdas. Makan makanan ringan yang rendah kalori, misalnya buah dan sayur mentah.
  • mulailah berolahraga dengan ragam dan variasi lebih banyak. Ingat, mulailah dengan perlahan.

C. Manfaatkan coklat Hitam untuk meningkatkan mood

Bahan pangan ini cepat diserap tubuh ketika Anda mulai merasa kelelahan dan membutuhkan ‘suntikan’ kalori yang cepat.

Coklat hitam atau Dark chocolate kualitas tinggi dengan kadar cocoa lebih dari 70 persen dapat meningkatkan mood dengan meningkatnya kadar serotonin di otak. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi coklat memicu pelepasan endorfin yang menimbulkan perasaan gembira.

Walau dapat mengganjal rasa lapar untuk sementara dan menimbulkan rasa gembira, cobalah menahannya jika kebutuhan anda tidak terlalu mendesak. Jangan manjakan diri Anda untuk terus menerus mengkonsumsinya karena akibat yang ditimbulkannya bila berlebihan bisa jauh lebih buruk.

D. ASI eksklusif

ASI eksklusif adalah pemberian ASI pada bayi Anda selama 6 bulan berturut – turut tanpa diberikan makanan dan cairan apapun. Setelah 6 bulan Anda boleh memberinya makanan pendamping ASI, yang dimulai dari makanan agak encer sampai makanan keluarga, secara bertahap sesuai usianya.

Manfaat ASI eksklusif  adalah :

  • Mencegah 10 juta kematian bayi di Indonesia. (data UNICEF)
  • peluang bayi meninggal akibat pemberian susu formula 25 kali lebih besar dibandingkan dengan bayi yang diberikan ASI.  (journal pediatric tahun 2006)
  • Meminimalisir balita yang mengalami gizi buruk.
  • Bayi akan mendapatkan nutrisi optimal.
  • Meningkatkan kesehatan, kecerdasan, dan ikatan batin pada bayi

E. Fakta tentang otak :

  1. Saat lahir, bayi punya 100 milyar sel otak yang belum tersambung. Pada usia 0-3 tahun terdapat 1000 triliun koneksi (sambungan antar sel). Pada saat inilah anak-anak bisa mulai diperkenalkan berbagai hal dengan cara mengulang-ulang :
    • memperdengarkan bacaan Al Qur’ an ;
    • Bahasa Asing seperti bahasa Inggris ;
    • memperkenalkan nama-nama benda dengan cara bermain dan menunjukkan gambar ;
    • kenalkan warna dengan menunjukkan kepadanya dalam bentuk benda yang dia kenal, warna-warna cerah di kamarnya dan gambar ;
    • memperkenalkan aroma buah melalui buku ;
    • membacakan cerita atau dongeng
  1. Otak yang belum matang rentan terhadap trauma, baik terhadap ucapan yang keras maupun tindakan yang menyakitkan. Susunan otak terbentuk dari pengalaman. Jika pengalaman anak takut dan stress, maka respons otak terhadap dua hal itulah yang akan menjadi arsitek otak sehingga dapat merubah struktur fisik otak. Itulah mengapa kita harus menghindarkan diri dari memarahi anak atau memukulnya. Jika anak kita melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu yang tidak sopan, sebaiknya kita mulai mengajarkannya mana yang betul dan sopan santun dengan cara yang arif serta penuh kesabaran. Kita dapat mencontoh bagaimana Rasulullah saw. bersikap sangat penuh kasih sayang terhadap anak-anak.
  2. Otak terdiri atas dua belahan yaitu belahan kanan dan kiri yang memiliki fungsi berbeda namun saling mendukung.
    • Pekerjaan otak kiri berhubungan dengan fungsi verbal, temporal, logis, analitis, rasional serta kegiatan berpola.
    • Pekerjaan otak kanan berhubungan dengan fungsi kreatif dan kemampuan bekerja dengan gambaran (visual) dan berpikir intuitif, abstrak dan nonverbal serta kemampuan taktil/motorik halus pada tangan, termasuk pembentukan akhlak dan moral.

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *