Minggu Ke-35: Latih Napas, Kumpulkan Energi

Minggu Ke-35: Latih Napas, Kumpulkan Energi

Kehamilan – Di masa Kehamilan ini, beberapa wanita mulai bernapas pendek dan bahkan menggunakan oksigen tabung. Latih napas dengan rajin senam (misalnya Yoga atau Pilates).

A. Tentang Bayi Anda

Ukuran: Beratnya sekarang lebih dari 5,5 pon (2,5 kg). Panjang dari kepala ke pantat sekitar 13,2 inch (33 cm). Total panjangnya 20,25 inch (45 cm).

Perkembangan: Otot dan timbunan lemak semakin banyak sehingga ia nampak kekar. Kuku dan rambut nampak panjang sehingga nanti pada saat kelahirannya harus dirapikan (dipotong). Ia seperti sudah memahami bahwa pintu keluar ada di bawah.

B. Bagaimana Kondisi Anda?

Organ-organ dalam tubuh Anda terasa berdesak-desakan ketika rahim menempati sebagian besar rongga perut Anda. Beberapa wanita mulai bernapas pendek dan bahkan menggunakan oksigen tabung. Jika anda rajin berlatih senam (misalnya Yoga atau Pilates), masalah pernapasan mungkin tidak terjadi.

Kaki Anda lebih sering bengkak karena desakan cairan dalam tubuh Anda semakin kuat. Oleh sebab itu sebisa mungkin Anda tidak berdiri terlalu lama atau duduk dengan kaki bersilang/menekuk. Beristirahatlah dengan cara berbaring di atas kasur dengan posisi miring, atau duduk selonjor dengan punggung bersandar.

C. Tahukah Anda ?

Melahirkan di air ?

Sekarang banyak dibicarakan mengenai melahirkan di air. Beberapa pusat persalinan menawarkan jasa ini.

Melahirkan di air dianggap aman dan membantu wanita mengurangi rasa sakit. Air hangat melenturkan otot sekitar kemaluan dan wanita menjadi lebih mudah mengeluarkannya.

Namun resiko metode ini tetap ada. Ibu yang mencebur ke bak air tidak terjamin steril badannya sehingga air dapat terkontaminasi oleh bakteri dari sisa keringat ibu. Selain itu, perkembangan kebocoran air ketuban juga lebih sulit dipantau.

Yang tak kalah penting adalah privasi Anda bila harus telanjang di bak air sementara beberapa orang tenaga medis dapat memAndang bagian yang tidak perlu pada tubuh Anda.

D. Agenda minggu ini

Otot sekitar jalan lahir Anda perlu dilatih agar tenaga persalinan Anda nanti keluar dengan optimal. Lakukan senam Kegel, yaitu latihan mengerutkan otot sekitar kemaluan (seperti ketika Anda menanahan ingin kencing) dan mengendurkannya kembali. Kerutkan lagi dengan bertahan beberapa menit, lalu kendurkan lagi. Lakukan setiap kali Anda sempat.

 

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *