Layanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Bersalin Puri Adisty Jogja

Layanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Bersalin Puri Adisty Jogja

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh… Hallo Ayah/Bunda, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya ya. Nah pada kesempatan kali ini Aqiqah Alkautsar masih akan memberikan informasi seputar layanan kesehatan. Khususnya bagi Ayah dan Bunda yang berada di wilayah Jogja, berikut adalah informasi fasilitas bersalin di Rumah Bersalin Puri Adisty.

Nah, Bunda menjelang masa kehamilan atau sedang hamil, tentunya perlu mempersiapkan banyak hal. Baik persiapan selama kehamilan, hingga persiapan untuk menghadapi waktu persalinan. Salah satu yang terpenting adalah menyiapkan lokasi atau rumah sakit persalinan. Untuk itu, berikut ini Aqiqah Alkautsar akan memberikan informasi layanan kesehatan ibu dan anak di Rumah Bersalin Puri Adisty.

  • Pentingnya Pemeriksaan Kandungan

Di masa kehamilan tentunya bunda memiliki banyak persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari hal-hal penunjang dan tentunya mengenai kesehatan Bunda dan kandungan.

Nah, apa saja yang akan bunda ketahui ketika memeriksakan kehamilan secara rutin? Tentunya ada banyak hal yang beberapa diantaranya yang pertama adalah untuk mengetahui kondisi si kecil yang sedang berada di dalam kandungan. Yang perlu bunda periksa mengenai kondisi bayi adalah detak jantung bayi, apakah normal atau tidak. Selain itu juga Bunda bisa mengetahui posisi bayi dan mengukur tinggi fundus.

Selain mengetahui kondisi si kecil dalam kandungan, penting juga bagi Bunda untuk mengetahui kondisi diri sendiri, hal yang biasanya perlu bunda konsultasikan adalah terkait masalah kandungan, konsultasi gizi selama masa kehamilan, dan kontrol kesehatan lainnya. Nah, semua pemeriksaan dan konsultasi tadi bisa Bunda dilakukan di faskes yang menyediakan layanan kesehatan ibu dan anak, seperti Puskesmas, klinik/rumah bersalin, atau rumah sakit.

Untuk pemeriksaan sederhana, Bunda tidak harus ke rumah sakit besar. Bunda bisa ke Puskesmas atau klinik/rumah sakit bersalin. Sebab, harganya lebih terjangkau. Akan tetapi untuk pemeriksaan masalah yang rumit, ada baiknya Bunda untuk memilih rumah sakit.

Nah, bagi Bunda yang berada di wilayah Jogja dan hendak memeriksakan kandungan, berikut rekomendasi klinik atau rumah bersalin yang bisa Bunda pilih, yaitu Rumah Bersalin Puri Adisty.

  • Fasilitas dan Layanan Ibu dan Anak di Rumah Bersalin Puri Adisty

Rumah Bersalin Puri Adisty memiliki berbagai fasilitas dan layanan kesehatan yang ditangani oleh tenaga kesehatan yang profesional dan berpengalaman. Layanan tersebut tentunya berfokus pada kesehatan kandungan, ibu dan anak:

  1. Merencanakan Kehamilan

Rumah Bersalin Puri Adisty dapat membantu bunda yang ingin melakukan program kehamilan, menjalani masa kehamilan hingga selepas proses persalinan. Bunda akan menghadapi dokter yang memiliki kualifikasi khusus dalam menangani kehamilan wanita.

Bunda bisa mengkonsultasikan untuk mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan kehamilan. Sehingga bisa lebih dini mendeteksi masalah kehamilan yang mungkin berisiko tinggi, atau dapat membantu bunda dalam menjalani persalinan baik normal maupun operasi caesar bila diperlukan.

Bunda bisa memantau perkembangan bunda dan janin dan kondisi kesehatan Bunda selama masa kehamilan. Selain itu, bisa juga mengkonsultasikan seputar masalah kehamilan dan perkembangan janin. Jadi di poliklinik obgyn ini bunda bisa mencurahkan keresahan selama masa kehamilan hingga setelah persalinan.

  1. Mengatasi Masalah Kesehatan Anak

Di Rumah Bersalin Puri Adisty bunda bisa mendapatkan penanganan kesehatan kepada balita dan anak-anak dan semuanya ditangani langsung oleh dokter spesialis anak. Balita dan anak-anak memiliki resiko lebih rentan terkena penyakit daripada orang dewasa, sebab organ tubuh anak-anak masih dalam proses pertumbuhan.

Sangat perlu bagi Ayah/Bunda sebagai orang tua untuk selalu memantau kondisi kesehatan anak. Terlebih lagi untuk anak-anak membutuhkan penanganan kesehatan secara khusus. Ayah/Bunda secara berkala melakukan konsultasi mengenai permasalahan kesehatan maupun tumbuh kembang anak. Sehingga bisa mendeteksi lebih dini jika terdapat masalah kesehatan pada si buah hati.

  1. Layanan Pemeriksaan Kandungan

Seperti Klinik atau Rumah Bersalin lainnya, Rumah Bersalin Puri Adisty juga menyediakan layanan oleh bidan yang berkompeten untuk melakukan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar. Dengan service ANC Ibu dan Calon Ibu dapat melakukan pemeriksaan kehamilan dan dapat nyaman berkonsultasi dengan bidan.

Dengan layanan ini Bunda dapat memantau kemajuan proses kehamilan demi memastikan kesehatan pada ibu serta tumbuh kembang janin. Kemudian mengetahui sejak dini jika ada komplikasi yang mungkin saja terjadi selama kehamilan. Dengan begitu Bunda bisa mempersiapkan proses persalinan sehingga dapat melahirkan bayi dengan selamat serta meminimalkan trauma yang mungkin terjadi pada masa persalinan.

Selain itu dengan berkonsultasi di sini, Bunda bisa mempersiapkan peran sebagai ibu untuk menerima kelahiran anak agar mengalami tumbuh kembang dengan optimal. Dan tentunya Bunda juga bisa mempersiapkan ibu untuk melewati masa nifas dengan baik serta dapat memberikan ASI eksklusif pada bayinya.

  • Tips Sehat untuk Bunda yang Sedang Hamil

Selama dalam masa kehamilan penting bagi Bunda untuk menjaga kondisi fisik dan mental agar siap dan sehat ketika proses persalinan. Sebisa mungkin menghindari stres dan menjaga asupan nutrisi serta pola makan. Bunda juga bisa melakukannya dengan mengikuti program-program seperti senam hamil, yoga untuk ibu hamil atau berolahraga kecil yang bisa membantu mengoptimalkan kondisi fisik. Nah untuk itu ada baiknya Bunda simak terlebih dahulu tips menjaga kesehatan fisik dan mental selama masa kehamilan berikut:

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Penuhi setiap kebutuhan asupan nutrisi seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan asam lemak ketika mengkonsumsi makanan. Sebab mengkonsumsi makanan yang sehat dapat mempengaruhi kondisi tubuh dan kadar hormon yang mengatur emosi dan mental. dengan begitu, makanan yang baik bisa menghasilkan mood yang baik pula untuk Bunda. Nantinya hal tersebut juga ikut berpengaruh terhadap perkembangan si kecil selama berada di dalam kandungan.

  1. Biasakan melakukan aktivitas fisik

Menjaga kebugaran fisik selama kehamilan juga sangat penting. Bunda bisa melakukannya melalui program-program khusus untuk ibu hamil misalnya senam hamil, yoga atau berolahraga kecil-kecilan yang lain seperti berjalan kaki atau berenang. Olahraga akan membantu tubuh Bunda melepaskan hormon endorfin yang membuat merasa bahagia. Melakukan aktivitas fisik dapat membantu Bunda menghilangkan stres, sehingga sangat baik bagi kesehatan mental Bunda.

  1. Istirahat dan cukup tidur

Bunda akan rentan mengalami kelelahan selama masa kehamilan. Jadi sebisa mungkin bunda perbanyak istirahat dan memenuhi kebutuhan waktu tidur dengan baik. Istirahat dan waktu tidur yang cukup membantu fisik Bunda optimal dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Semangat dan dukungan dari keluarga juga menjadi faktor yang tidak kalah penting untuk membuat Bunda lebih percaya diri dan lebih siap dalam menghadapi proses persalinan nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *