Layanan Kebidanan & Kandungan di Rumah Sakit Panti Baktiningsih Jogja

Fasilitas Kesehatan – HPL sudah dekat Bun, apa saja kebutuhan-kebutuhan yang sudah Bunda persiapkan? Pastinya semakin kesini semakin banyak kebutuhan dan hal-hal yang harus Ayah dan Bunda persiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil. Termasuk kebutuhan layanan kebidanan & kandungan.

Menunggu waktu persalinan selama masa mengandung merupakan salah satu momen yang mendebarkan bagi Ayah dan Bunda sebagai orang tua. Detik-detik menjelang hari lahir memang sangat menyibukkan. Banyak persiapan yang harus ayah dan bunda lakukan, mulai dari pemeriksaan kandungan secara rutin dan juga berbelanja kebutuhan si kecil ketika telah lahir nanti.

Tapi jangan sampai melupakan hal penting lainnya ya Ayah/Bunda. Karena sebenarnya banyak persiapan lain yang perlu Ayah dan Bunda perhatikan juga. Tidak hanya mempersiapkan kebutuhan si kecil setelah dia lahir, tetapi Ayah/Bunda juga perlu menyiapkan keperluan untuk waktu persalinan nantinya. Ayah/Bunda perlu menentukan rumah sakit mana yang menjadi lokasi melahirkan dan mempersiapkan biaya persalinan.

  • Sekilas Tentang Rumah Sakit Panti Baktiningsih

Layanan Kebidanan & Kandungan Rumah Sakit Panti Baktiningsih Jogja
Sumber website Asialova

Untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Kelurahan Sendangmulyo Kabupaten Sleman, Pemerintah kelurahan menyediakan tanah seluas 3.000 m2 sebagai tempat pembangunan pusat pelayanan kesehatan yang memadai. Tahun 1960-an penawaran tersebut diterima oleh kelompok masyarakat dan berdirilah sebuah Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Rakyat Santo Fransiskus yang beralamat di Dusun Klepu Sendangmulyo, Minggir, Sleman.

Perlahan pembangunan gedung dan fasilitas mulai semakin berkembang agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih lengkap. Sehingga pada tahun 1971 Kepala Dinas Kesehatan Rakyat Kabupaten Sleman meresmikan langsung tempat pelayanan kesehatan tersebut dengan nama BP dan BKIA Panti Baktiningsih. Kehadiran rumah sakit tersebut menghadirkan sebuah tempat pelayanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat sekitar.

Seiring bertambahnya kebutuhan layanan kesehatan, BKIA Panti Baktiningsih terus menambah jenis layanan. Setahun setelah diresmikan, Kepala Dinas Kesehatan Rakyat memberikan izin untuk rawat inap khusus bagi pasien bersalin. Status pelayanan kesehatan BKIA Panti Baktiningsih ini pun menjadi Rumah Bersalin.

Dengan visi ingin rumah sakit unggulan di Kabupaten Sleman yang dipercaya dan dipilih masyarakat sebagai mitra pelayanan kesehatan. Rumah sakit ini berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan prima secara menyeluruh dengan sentuhan kasih dalam semangat kegembiraan dan kesederhanaan. Sampai saat ini layanan dan fasilitas penunjang semakin lengkap, BKIA Panti Baktiningsih telah mendapatkan izin pemerintah untuk menyandang status sebagai Rumah Sakit Umum.

  • Layanan Ibu dan Anak Rumah Sakit Panti Baktiningsih

Bagi Bunda yang HPLnya sudah dekat, RSU Sakina Idaman memiliki fasilitas layanan untuk kebutuhan proses persalinan. Berikut beberapa fasilitas layanan kesehatan ibu dan anak yang tersedia di RSU Sakina Idaman:

  1. Layanan Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan

RS Panti Baktiningsih memiliki layanan khusus terkait kebidanan dan masalah kandungan. Dengan layanan ini Bunda bdapat berkonsultasi mengenai kandungan atau memeriksakan keluhan kesehatannya. Bunda juga bisa melakukan proses persalinan ketika waktu kehadiran si kecil tiba. Didukung oleh fasilitas dan sarana penunjang yang modern dan canggih seperti fasilitas layanan USG  untuk mengetahui perkembangan janin Bunda. Di alayanan ini Bunda juga bisa konsultasi kehamilan, program hamil, konsultasi seputar sistem reproduksi wanita, dan berbagai konsultasi seputar kehamilan lainnya.

  1. Layanan Spesialis Kesehatan Anak

Bagi bunda yang memiliki keluhan masalah kesehatan untuk si kecil, RS Panti Baktiningsih juga memiliki layanan khusus terkait masalah kesehatan anak. Dokter spsialis anak yang profesional dan berpengalana akan menangani langsung keluhan dari Bunda tentang masalah kesehatan anak. Selain itu Bunda juga bisa mengkonsultasikan mengenai maslah gizi dan tumbuh kembang anak. Layanan ini dapat membantu Ayah dan Bunda untuk lebih optimal merawat dalam proses pertumbuhan si kecil.

  • Layanan dan Fasilitas Penunjang Kesehatan Umum

Sebagai rumah sakit umum, tentunya layanan dan fasilitasnya senantiasa terus dikembangkan. RS Panti Baktiningsih memiliki layanan dan fasilitas kesehatan umum yang cukup lengkap. Sehingga berbagai macam keluhan kesehatan dapat dilayani dengan baik. Beberapa fasilitas penunjang tersebut antara lain:

  1. IGD & Ambulans

Unit pelayanan ini tidak hanya memberikan layanan yang nyaman dan optimal, tetapi juga lengkap dengan peralatan modern yang memenuhi standar internasional, Unit Gawat Darurat rumah sakit ini juga buka 24 jam nonstop. Beberapa layanan kesehatan yang bisa Ayah/Bunda dapatkan misalnya terhadap pasien gawat darurat karena sakit, cidera atau akibat bencana yang memerlukan pertolongan medis segera untuk menyelamatkan jiwanya dan mencegah kecacatan (to save life and limb) tanpa meminta uang muka.

Pelayanan langsung oleh tenaga medis dan paramedis yang kompeten, terlatih dan terampil, sertifikasi dalam Penanggulangan Penderita Gawat Darurat. Ada pula dokter spesialis dan dokter subspesialis dari berbagai bidang keilmuan. Memiliki sarana penunjang medik yang lengkap dan modern seperti Laboratorium, ECG, CT Scan, MRI, USG dan Rontgen. RS Panti Baktiningsih juga melayani berbagai macam asuransi dengan memperlihatkan kartu tanggungan pada saat mendaftar. Tersedia layanan Ambulance 118 melayani transportasi pasien.

  1. Medical Check up

Layanan ini merupakan program pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Pemeriksaan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan fisik, darah, serta pemeriksaan penunjang lainnya. Bagi Ayah dan Bunda yang ingin mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi dini bila terdapat gejala penyakit yang kelihatan, RS Panti Baktiningsih menyediakan layanan one stop service Medical Check Up. Fasilitasnya lengkap dengan tenaga kesehatan profesional sehingga memberikan keakuratan dan ketepatan.

Saran jika Ayah dan Bunda ingin melakukan Medical Check Up adalah minimal 1 tahun sekali. Hal tersebut agar begitu ada gejala penyakit yang muncul dapat langsung diatasi sebelum penyakitnya mulai mengganggu tubuh. Penyakit tersebut bisa berupa penyakit yang timbul dari pengaruh gaya hidup maupun faktor genetik.

  1. USG

USG atau Ultrasonografi merupakan salah satu dari produk teknologi dalam dunia kedokteran yang berfungsi untuk mencitrakan bagian dalam organ atau jaringan tubuh manusia dengan menggunakan gelombang suara ultra. Pemeriksaan ini tidak memerlukan pembedahan, hanya dilakukan di atas permukaan kulit atau di atas rongga tubuh. Sehingga ketika melakukan pemeriksaan ini pasien tidak akan merasakan sakit dan relatif aman.

Pemeriksaan USG dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan masalah kesehatan yang yang terjadi pada organ rongga perut. Misalnya saja hati, limpa, kandung empedu, ginjal, pankreas, aorta dan kandung kemih. Sedangkan untuk bunda yang sedang dalam masa kehamilan dan membutuhkan layanan kebidanan dan kandungan, pemeriksaan USG dapat berfungsi untuk mengecek kondisi kehamilan dan posisi janin dalam kandungan.

  1. Home Care

Layanan Home Care adalah merupakan layanan perawatan pasien di rumah yang juga melibatkan anggota keluarga dalam proses perawatan dan penyembuhanya. Nantinya proses perawatan akan dibantu oleh tim medis profesional seperti dokter, perawat, atau fisioterapis yang datang ke rumah pasien sewaktu waktu jika perlu.

Dengan layanan Home Care ini pasien bisa lebih dekat dengan keluarganya. Sehingga akan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pasien tersebut. Selain itu dengan menggunakan layanan ini, pasien dapat menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya kamar untuk rumah sakit. Di sisi lain pasien juga menjadi terpenuhi kebutuhan dasar Psikologi, Sosial dan Spiritual secara mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *