Fasilitas Layanan Kesehatan di RS Pura Raharja Medika Jogja

Fasilitas Kesehatan – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh… Hallo Ayah/Bunda, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya ya. Nah pada kesempatan kali ini Aqiqah Alkautsar masih akan memberikan informasi seputar layanan kesehatan. Khususnya bagi Ayah dan Bunda yang berada di wilayah Jogja, berikut adalah informasi layanan kesehatan di RS Pura Raharja Medika.

Nah, Bunda menjelang masa kehamilan atau sedang hamil, tentunya perlu mempersiapkan banyak hal. Baik persiapan selama kehamilan, hingga persiapan untuk menghadapi waktu persalinan. Salah satu yang terpenting adalah menyiapkan lokasi atau rumah sakit persalinan. Untuk itu, berikut ini Aqiqah Alkautsar akan memberikan informasi layanan kesehatan di RS Pura Raharja Medika.

  • Sekilas Tentang RS Pura Raharja Medika

pura raharja medikaRumah Sakit Umum Pura Raharja adalah Rumah Sakit Umum Tipe D. Didirikan oleh dr. Edi Raharjo, Sp.S., M.M. Bermula dari pelaksanaan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya pembangunan dalam bidang kesehatan. Dimana pembangunan bidang kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun seluruh pihak baik swasta, maupun masyarakat berkewajiban berpartisipasi aktif didalamnya.

Selain itu, demi menghadirkan pelayanan kesehatan yang terjangkau terjangkau bagi masyarakat baik dari sisi pembiayaan maupun jarak yang lebih dekat. Maka Rumah Sakit Umum Pura Raharja Medika perlu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan dengan pembiayaan yang terjangkau.

  1. Sejarah

Berawal dari sebuah poliklinik pribadi rawat jalan dr. Edi Raharjo, Sp. S., MM. Kemudian berkembang menjadi BPRB (Balai Pengobatan & Rumah Bersalin) dengan fasilitas 10 tempat tidur. BPRB ini tidak berjalan lama karena ternyata pasien kebidanan tidak banyak yang dirawat dan kemudian merencanakan memilih jalur sebagai RSKPD (Rumah Sakit Khusus Penyakit Dalam) dengan penambahan 16 tempat tidur sehingga total menjadi 26 tempat tidur. 

Pada tahun 2012 diadakan renovasi total guna memenuhi persyaratan rumah sakit dan pada tahun 2014 selesailah pembangunan gedung dan sarana prasarana penunjang lainnya sehingga rumah sakit beroperasional sebagai Rumah Sakit Umum dengan 38 tempat tidur rawat inap dan kemudian mendapatkan izin operasional rumah sakit dengan penetapan kelas Rumah Sakit Tipe D.

  1. Visi Misi

Visi         : Terwujudnya rumah sakit yang unggul dan menjadi pilihan utama masyarakat

Misi        :

  • Memberikan pelayanan kesehatan dengan mutu terbaik.
  • Berusaha memberikan kepuasan kepada konsumen.
  • Menjaga komitmen, kepuasan karyawan dan kesejahteraan setiap pegawai.
  • Mengedepankan efisiensi dalam bidang keuangan dan berusaha meningkatkan pendapatan.

Motto    : Solusi Smart & Tepat Untuk Sehat

  • Fasilitas Kesehatan di Rumah Sakit Pura Raharja Medika Jogja  

pura raharja medika

Terdapat beberapa fasilitas dan layanan kesehatan yang ada di Rumah Sakit Pura Raharja Medika. Mulai dari layanan poliklinik untuk rawat jalan dan juga kamar atau ruangan rawat inap. Berikut rincian lengkapnya

  1. Rawat Jalan
  • Poliklinik Umum
  • Polklinik Saraf/Neurologi
  • Poliklinik Penyakit Dalam
  • Poliklink Bedah
  • Poliklinik Radiologi
  1. Rawat Inap
  • Angsana 1-8
  • Cempaka 1-7
  • Kusuma 1-9
  • Edelweis 1-4
  • Wijaya 1-8
  • Cendana 1-2
  • HCU 1-2

Selanjutnya adalah informasi biaya yang mungkin bisa bermanfaat bagi Bunda yang tertarik untuk memanfaatkan fasilitas dan layanan kesehatan di Rumah sakit ini.

VIP : Harga : RP 200.000/Malam

Ruang : Cendana 1-2

Fasilitas : Kamar Luas, AC, Kulkas, TV, Bed Penunggu Pasien Besar, Bed Pasien, Meja Pasien, Lemari Kecil, Kamar Mandi Dalam, Water Heater

Kelas 1 : Harga : RP 125.000/Malam

Ruang : Wijaya 1-8, Kusuma 1-9, Edelweis 1-4

Fasilitas : AC, Kulkas, TV, Bed Penunggu Pasien Sedang, Bed Pasien, Meja Pasien, Lemari Kecil, Kamar Mandi Dalam, Water Heater

Kelas 2 : Harga : RP 65.000/Malam

Ruang : Angsana 1-8

Fasilitas : Kipas Angin, Bed Pasien, Meja Pasien, Lemari Kecil, Kamar Mandi Dalam

Kelas 3 : Harga : RP 60.000/Malam

Ruang : Cempaka 1-7

Fasilitas : Kipas Angin, Bed Pasien, Meja Pasien, Lemari Kecil, Kamar Mandi Dalam

  • Hal-hal yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa pantangan ibu hamil yang harus dihindari agar ibu dan janin tetap sehat:

  1. Merokok

Kebiasaan merokok saat hamil dapat mempengaruhi bayi terlahir dengan berat badan rendah dan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada bayi, seperti infeksi janin, hingga masalah tumbuh kembang. Selain itu, paparan asap rokok juga meningkatkan risiko komplikasi pada kehamilan.

  1. Mengonsumsi minuman beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol saat hamil dapat meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom alkohol janin. Yaitu gejala bayi memiliki berat badan lahir rendah, mengalami gangguan perilaku, dan tumbuh kembangnya terhambat. Ini hampir sama dengan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol di trimester pertama kehamilan juga dapat meningkatkan resiko bayi mengalami cacat lahir.

  1. Mengonsumsi makanan yang tidak matang

Mengkonsumsi telur dan daging setengah matang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami infeksi bakteri seperti Listeria atau Salmonella hingga keracunan makanan. Selain itu, konsumsi makanan yang tidak matang sempurna juga dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran atau cacat lahir pada bayi.

  1. Mengkonsumsi susu mentah

Selain makanan yang tidak matang sempurna, susu mentah atau yang belum dipasteurisasi tidak dianjurkan untuk Bunda yang sedang hamil. Jika ingin mengkonsumsi susu atau produk olahan susu, perhatikan terlebih dahulu keterangan pasteurisasi pada label kemasan. Sebab susu yang tidak dipasteurisasi bisa mengandung bakteri yang dapat menyebabkan resiko hingga keguguran.

  1. Berendam air panas atau sauna terlalu lama

Berendam air panas atau sauna terlalu lama sebisa mungkin Bunda hindari ketika sedang hamil. Hal tersebut karena berpotensi menyebabkan overheating atau suhu tubuh terlalu panas, dehidrasi, bahkan hingga pingsan. Bunda bisa bisa mengatur mengatur suhu air hingga tidak lebih dari 32 derajat Celcius jika ingin tetap ingin berendam air panas dan membatasi waktu berendam air panas selama 15–20 menit saja.

  1. Memiliki berat badan berlebih

Bunda perlu memperhatikan kondisi berat badan. Kelebihan berat badan saat hamil dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, dan obesitas pada si kecil. Maka dari itu, bunda harus mengatur asupan kalori harian. Nah pada trimester pertama kehamilan, Bunda perlu menambah 100 kalori/hari dari porsi makan sebelum hamil. Kemudian pada trimester ketiga, Bunda perlu menambah 300 hingga 500 kalori/hari.

  1. Mengalami kurang tidur

Dalam masa kehamilan, tak sedikit ibu hamil yang mengalami susah tidur, terutama pada trimester ketiga kehamilan. Sebisa mungkin penuhi kualitas tidur Bunda, karena kurang tidur dapat meningkatkan risiko terkena hipertensi, diabetes gestasional, preeklamsia, dan postpartum depression. Untuk dapat memiliki kebiasaan tidur yang teratur, Bunda bisa menetapkan jadwal tidur yang teratur, menciptakan suasana kamar yang nyaman, berolahraga secara rutin dan mengelola stres.

  1. Mengkonsumsi kafein berlebihan

Mengkonsumsi kafein secara berlebihan sebaiknya bunda hindari karena dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran, bayi lahir prematur, dan berat badan lahir bayi rendah. Nah batas aman konsumsi kafein harian untuk ibu hamil adalah 200 mg atau setara dengan 300 ml kopi instan. Tidak hanya kopi ya Bunda, kafein juga terdapat pada coklat, teh, dan minuman berenergi.

Sekian informasi mengenai fasilitas kesehatan yang ada di Rumah Sakit Pura Raharja Medika. Semoga dapat bermanfaat, barakallahu fiikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *