Bersalin di Rumah Sakit Panti Rini Jogja

Bersalin di Rumah Sakit Panti Rini Jogja

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh… Hallo Ayah/Bunda, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya ya. Nah pada kesempatan kali ini Aqiqah Alkautsar masih akan memberikan informasi seputar layanan kesehatan. Khususnya bagi Ayah dan Bunda yang berada di wilayah Jogja, berikut adalah informasi fasilitas bersalin di Rumah Sakit Panti Rini.

Nah, Bunda menjelang masa kehamilan atau sedang hamil, tentunya perlu mempersiapkan banyak hal. Baik persiapan selama kehamilan, hingga persiapan untuk menghadapi waktu persalinan. Salah satu yang terpenting adalah menyiapkan lokasi atau rumah sakit persalinan. Untuk itu, berikut ini Aqiqah Alkautsar akan memberikan informasi layanan kesehatan ibu dan anak di Rumah Sakit Panti Rini.

Di masa kehamilan tentunya bunda memiliki banyak persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari hal-hal penunjang dan tentunya mengenai kesehatan Bunda dan kandungan.

Nah, apa saja yang akan bunda ketahui ketika memeriksakan kehamilan secara rutin? Tentunya ada banyak hal yang beberapa diantaranya yang pertama adalah untuk mengetahui kondisi si kecil yang sedang berada di dalam kandungan. Yang perlu bunda periksa mengenai kondisi bayi adalah detak jantung bayi, apakah normal atau tidak. Selain itu juga Bunda bisa mengetahui posisi bayi dan mengukur tinggi fundus.

  • Sekilas Tentang RS Panti Rini Jogja

Sebelumnya Rumah Sakit Panti Rini  bernama  Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin, yang dirintis oleh Pastor J. Hovens, SJ dan Dewan Paroki Kalasan. Pada tahun 1967 pengelolaan Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin beralih pada Kongregasi Suster-suster Cinta Kasih Carolus Borromeus.

Kemudian pada Tahun 1968 Kongregasi Suster-suster CB menyerahkan Pengelolaan Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin ini kepada Yayasan Panti Rapih. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah perizinan dan pengelolaan operasional. Seiring berjalannya waktu, kualitas pelayanan semakin meningkat dan makin bertambahnya pasien dari tahun ke tahun, Yayasan Panti Rapih memandang perlu mengembangkan pelayanan Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin menjadi Rumah Sakit Panti Rini Tipe D. Sehingga pada 10 Juni 1993 Rumah Sakit Panti Rini bertipe D memperoleh izin operasional dari Departemen Kesehatan.

RS Panti Rini senantiasa berupaya  memenuhi standar pelayanan yang maksimal. Tujuan utama dari rumah sakit ini adalah:

  • Meningkatkan mutu pelayanan dengan mengutamakan Keselamatan Pasien
  • Mengupayakan kehidupan menyaudara dengan mengedukasi Pasien dan keluarga dalam keutuhan
  • Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat
  • Mengembangkan budaya kerja berlandaskan nilai-nilai yang diyakini
  • Mewujudkan kesejahteraan karyawan sesuai dengan perkembangan dan kemampuan rumah sakit.
  • Fasilitas dan Layanan Khusus Ibu dan Anak RS Panti Rini Jogja

  1. Obstetri dan Ginekologi

Layanan obstetri fokus pada penanganan kehamilan dan persalinan, sedangkan ginekologi fokus dalam penanganan masalah organ reproduksi wanita. Meski keduanya berbeda, layanan ini mencakup pada dua masalah kesehatan terbesar pada wanita. Fasilitas layanan Kebidanan dan Kandungan akan membantu Bunda terkait masalah kehamilan dan persalinan, termasuk proses sebelum, selama, dan setelah seorang wanita melahirkan.

Selain itu juga ada fokus pemeriksaan pada kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita. Mulai dari diagnosis, penanganan, hingga perawatan penyakit yang terkait dengan organ reproduksi wanita.

Kebutuhan layanan ini penting bagi Bunda untuk pemeriksaan dan perawatan rutin antenatal, yakni pemeriksaan kondisi kehamilan dan persiapan persalinan. Bunda bisa lebih dini mempersiapkan hal-hal penunjang yang diperlukan. Sehingga Bunda akan merasa lebih nyaman setelah memahami kondisi janin dan kehamilannya secara lebih detail.

  1. Bidan Anak/Dewasa

Rumah Sakit Panti Rini menyediakan layanan kebidanan untuk anak hingga dewasa. Layanan ini dapat membantu bunda yang ingin melakukan konsultasi pasca persalinan. Bunda akan menghadapi dokter yang memiliki kualifikasi khusus dalam menangani keluhan terkait.

Bunda bisa mengkonsultasikan untuk mengatasi masalah-masalah yang berhubungan masalah buah hati. Sehingga bisa lebih dini mendeteksi masalah yang mungkin berisiko tinggi, atau dapat membantu bunda dalam menjalani perawatan anak dengan baik.

Bunda bisa memantau perkembangan buah hati dan kondisi kesehatan Bunda selama masa pasca kehamilan. Selain itu, bisa juga mengkonsultasikan seputar masalah tumbuh kembang si kecil.

  1. Gizi Anak

Di Rumah Sakit Panti Rini bunda bisa mendapatkan penanganan kesehatan gizi kepada balita dan anak-anak dan semuanya ditangani langsung oleh dokter spesialis gizi anak. Balita dan anak-anak memiliki resiko lebih rentan terkena penyakit daripada orang dewasa, sebab organ tubuh anak-anak masih dalam proses pertumbuhan.

Sangat perlu bagi Ayah/Bunda sebagai orang tua untuk selalu memantau kondisi kesehatan gizi anak. Terlebih lagi untuk anak-anak membutuhkan penanganan kesehatan secara khusus. Ayah/Bunda secara berkala melakukan konsultasi mengenai permasalahan kesehatan maupun tumbuh kembang anak. Sehingga bisa mendeteksi lebih dini jika terdapat masalah kesehatan pada si buah hati.

  1. Layanan dan Fasilitas Kesehatan Umum

Beberapa layanan kesehatan umum juga tersedia di Rumah Sakit Panti Rini. Beberapa layanan unggulan antara lain:

  • UGD 24 Jam
  • Layanan BPJS
  • Layanan Penunjang Medik 24 Jam

Selain layanan kesehatan, ada juga Fasilitas Kamar Rawat Inap. Pembagian kamar terbagi dalam berbagai kelas:

  • VVIP 2 Bed
  • VIP 11 Bed
  • Kelas I 5 Bed
  • Kelas II 13 Bed
  • Kellas III 13 Bed
  • Alur Pendaftaran Pasien Dengan BPJS di RS Panti Rini

Pasien datang langsung ke loket pendaftaran untuk mengambil karcis dan pengurusan SEP (BPJS). Bagi pasien umum dan jaminan BPJS bisa langsung menuju ke Poliklinik yang dituju. Sedangkan pasien dengan jaminan asuransi lainnya terlebih dahulu menuju ke loket piutang untuk mengurus piutang dan asuransi yang bekerja sama dengan RS Panti Rini, baru kemudian ke poliklinik.

Di poliklinik, pasien menyerahkan karcis ke perawat kemudian menunggu di panggil petugas. Setelah mendapatkan giliran, pasien akan diperiksa oleh dokter atau perawat. Dokter memberikan resep untuk kemudian ditebus ke bagian farmasi, atau bila perlu pemeriksaan atau perawatan lanjutan maka perlu pemeriksaan penunjang.

Untuk lebih memudahkan pasien di masa pandemi seperti ini, Pasien yang memiliki asuransi BPJS kesehatan, dapat mengurus Surat Eligibilitas Peserta (SEP) melalui whatsapp di nomor 0877 3965 0360. Pasien bisa melakukan pendaftaran maksimal paling lambat satu hari sebelum pemeriksaan.

Pelayanan ini berlaku 24 jam, dengan cara sebagai berikut:

  • Kirimkan foto identitas berupa KTP, Kartu BPJS, Surat Rujukan yang masih berlaku.
  • Sertakan Nomor RM, Nama Dokter dan Tanggal Pemeriksaan.
  • Ketika waktu pemeriksaan bawa persyaratan dan ambil SEP ketika waktu periksa.

Demikianlah informasi seputar layanan kesehatan di Rumah Sakit Panti Rini. Semoga dapat bermanfaat bagi Bunda yang sedang mencari lokasi persalinan. Selain itu, bagi Bunda yang ingin merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan.

Nah bagaimana Bunda, apakah informasi seperti ini dapat membantu? Jika iya, kunjungi terus aqiqahalkautsar.com untuk informasi terbaru tentang layanan dan fasilitas kesehatan di rumah sakit atau klinik bersalin di wilayah Jogja. Selain itu, kami juga menyediakan informasi seputar kehamilan hingga parenting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *