Fasilitas Persalinan dan Tenaga Medis di RSUP Dr. Sardjito Jogja

Persalinan Jogja – Kelahiran sang buah hati merupakan momen yang paling ditunggu oleh para orang tua. Mulai dari awal pernikahan sampai pada proses mengandung berbulan-bulan, tentunya kehadiran buah hati akan menjadi pelengkap.

Bagaimana dengan Ayah/Bunda? Pastinya yang sedang menunggu kehadiran buah hati, deg-degan dong?. Sambil menunggu waktu persalinan, ada baiknya Ayah/Bunda mempersiapkan beberapa hal. Yang paling sederhana dimulai dari mempersiapkan mental dan fisik sang ibu. Menjaga aktivitas dan juga pola makan dengan baik. Dukungan dari keluarga dan kerabat dekat juga sangat membantu dalam ketenangan mental Bunda.

Persiapan lain yang tidak kalah penting adalah menentukan lokasi rumah sakit tempat persalinan. Hal ini menjadi penting untuk memudahkan Ayah/Bunda menuju proses persalinan nantinya. Sangat penting untuk mengetahui informasi mengenai rumah sakit beserta fasilitasnya. Rumah sakit dengan pelayanan yang baik dan fasilitas yang memadai, akan menunjang kenyamanan Bunda ketika proses persalinan.

Selanjutnya, Ayah/Bunda perlu mencari tahu mengenai biaya persalinan rumah sakit tersebut. Sesuaikan dengan kemampuan finansial Ayah/Bunda. Biaya persalinan perlu disiapkan sejak dini mulai dari awal kehamilan. Hal tersebut untuk mencegah Ayah/Bunda kebingungan atau kesulitan membayar biaya persalinan ketika waktunya nanti.

Selain itu, satu hal yang tidak kalah penting adalah mencari tahu informasi mengenai tenaga medis di Rumah sakit tersebut. Ayah/Bunda paling tidak tahu latar belakang dari dokter spesialis kandungannya. Penanganan dari dokter yang profesional akan sangat membantu dalam kelancaran proses persalinan dan tentunya kenyamanan untuk sang Ibu.

Fasilitas Persalinan di RS Dr. Sardjito Jogja

Rumah sakit Dr. Sardjito adalah salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia dan menjadi rumah sakit rujukan nasional. Sebagai rumah sakit terbesar di Yogyakarta RS Dr. Sardjito tentunya memiliki fasilitas yang memadai dengan pelayanan dan tenaga ahli yang kompeten.

Meskipun sebagai rumah sakit milik pemerintah, RSUP Dr. Sardjito bukan sekedar rumah sakit umum biasa. Rumah sakit ini juga menjadi rumah sakit kelas A pendidikan dan RS pendidikan utama bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada.

Rumah sakit Dr. Sardjito memiliki layanan dan fasilitas kesehatan yang lengkap. Jumlah SDM lebih dari 3000 orang, mulai dari tenaga medis, keperawatan hingga tenaga non medis. Jumlah tempat tidur sebanyak 855 bed yang terbagi ke dalam berbagai kelas, termasuk di dalamnya kelas VIP, VVIP dan Suite Room. Beberapa layanan unggulan RSUP Dr. Sardjito diantaranya adalah Layanan Eye Center, Bayi Tabung, Cangkok Ginjal, Kanker Terpadu dan Jantung Terpadu.

Dari banyak pelayanan yang disediakan, ada pelayanan khusus terkait kesehatan ibu dan anak, misalnya layanan Instalasi Kesehatan Anak dan Poliklinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan. Bagi Ayah/Bunda yang memiliki masalah kesehatan terkait kesehatan kandungan dan kehamilan, atau sekedar ingin mengkonsultasikan mengenai masalah ibu dan anak, Ayah/Bunda bisa datang ke klinik khusus RSUP Dr. Sardjito ini.

Poliklinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan RSUP Dr. Sardjito dikepalai oleh dr. Ahsanudin Attamimi, SP.OG (K). Poliklinik ini melayani konsultasi kesehatan masalah kehamilan dan kandungan, seperti pengobatan, cek kehamilan dan janin, IUGR dan berbagai masalah kandungan lainnya.

Klinik ini didukung oleh tenaga medis spesialis kandungan yang profesional dan berpengalaman. Sehingga Ayah/Bunda tidak perlu ragu terkait keterampilan SDMnya dalam menangani pasien. Selain itu, fasilitas memadai juga menjadi poin penting yang menjadikan Poliklinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan RSUP Dr. Sardjito ini menjadi rekomendasi klinik konsultasi dan layanan kandungan yang baik.

Dokter Spesialis Kandungan RSUP Dr. Sardjito Jogja

Sebagai rumah sakit pemerintah terbesar di Jogja, selain memiliki pelayanan dan fasilitas yang sangat memadai. RS Dr. Sardjito memiliki banyak tenaga medis yang profesional dan berpengalaman.

Ayah bunda yang akan segera melakukan persalinan sebaiknya mengetahui terlebih dahulu latar belakan dokternya. Karena skill dan profesionalitas dokter yang menangani akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan kenyamanan sang ibu ketika proses persalinan berlangsung.

Bagi Ayah/Bunda yang membutuhkan info dokter kandungan di rumah sakit Dr. Sardjito. Kami akan memberikan profil singkat dari beberapa dokter spesialis kandungan yang ada di rumah sakit tersebut.

dr. Ahsanudin Attamimi, Sp.OG (K)

Yang pertama adalah dr. Ahsanudin, tenaga pengajar Ilmu Kebidanan & Penyakit Kandungan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada sekaligus menjadi staf Fetomaternal dalam bidang Kelainan Endokrin pada kehamilan, Kelainan darah/ Genetik/ Abortus/ Infeksi pada Kehamilan.

Latar belakang pendidikan beliau lulusan Pendidikan Kedokteran Universitas Gadjah Mada, kemudian menyelesaikan spesialis dan profesi dokter di Universitas yang sama. Kini beliau menjabat sebagai Kepala Poliklinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan RSUP Dr. Sardjito.

dr. Agung Dewanto, Sp.OG (K), Ph.D

dr. Agung merupakan staf Bidang keahlian Fertilitas Endokrinologi Reproduksi lulusan S3 Ilmu Biomolekuler, Medizinische Universitat Innsbruck, Austria. Setelah menyelesaikan studi doktoral, beliau bergabung dengan tim Klinik Permata Hati dalam menangani pasien ingin anak dan permasalahan Endokrinologi Reproduksi.

Beliau mendapatkan pengalaman dan ilmu dari berbagai pelatihan untuk dapat melayani pasiennya dengan optimal. Beliau selalu mengikuti perkembangan teknologi khususnya di bidang kesehatan. Kepuasan dan keselamatan pasien selalu menjadi hal yang diutamakan.

dr. M. Luthfi Alkaf, Sp.OG (K)

dr. Luthfi merupakan dokter spesialis Kebidanan yang profesional telah berpengalaman. Beliau bersama beberapa dokter ahli lainnya bekerja sama untuk optimal dan paripurna pelayanan di klinik Permata Hati. Beliau memberikan layanan dalam bidang operatif laparoskopi dan konsultasi penanganan permasalahan ingin anak.

dr. Shofwal Widad, Sp.OG (K)

Salah satu tenaga pengajar bidang keahlian Fertilitas Endokrinologi Reproduksi. dr. Widad terkenal sangat ahli di bidangnya, karena telah memiliki pengalaman yang panjang dalam menangani pasien dengan permasalahan ingin anak. Tingkat keberhasilannya pun diakui secara nasional.

Beliau sangat ahli dalam bidang histeroskopi dan laparoskopi. Penanganan dan pelayanannya selalu mengikuti perkembangan pengetahuan terkini. Hal tersebut beliau dapatkan dari berbagai pendidikan, pelatihan hingga kegiatan ilmiah tingkat nasional maupun internasional yang beliau ikuti.

dr. Diah R.H., Sp.OG (K)

dr. Diah adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi dengan keahlian khusus di bidang fetomaternal. Kemampuan pada peminatan prenatal diagnostic, comprehensive management of preeclampsia, dan critical care of fetomaternal medicine sudah sangat teruji.

Kenyamanan dan pelayanan terbaik untuk pasien menjadi hal yang utama dan telah banyak menangani kasus kehamilan dengan penyulit. Beliau melakukan banyak penelitian tentang preeklamsia dan selalu siap melayani pasien dengan evidence based medicine. Selain itu, dr. Diah juga melayani pasien delivery suite yang terintegrasi dengan mengutamakan kepuasan pasien.

Demikian profil singkat beberapa dokter spesialis kandungan di RSUP Dr. Sardjito Jogja. Semoga bisa memberikan sedikit informasi dan membantu Ayah/Bunda untuk memilih rumah sakit bersalin khususnya RS Sardjito. Semoga bermanfaat ya ayah bunda, barakallahufikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *