Kebiasaan Buruk Anak yang Dapat Mendatangkan Jin

Kebiasaan Buruk Anak yang Dapat Mendatangkan Jin

Jin bisa hadir dan dekat atau bahkan masuk mempengaruhi kehidupan manusia. Sengaja atau tidak, kehadirannya dapat mengganggu dan menjerumuskan manusia.

Kebanyakan jin datang kepada manusia karena sebagian buruk yang terdapat pada manusianya. Kebiasaan ini karena tidak terbiasa memperhatikan adab-adab sederhana sejak kecil. Tanpa kita sadari, ternyata beberapa kebiasaan buruk tersebut jin sukai hingga akhirnya jin dating dan nyaman berdekatan. 

  • Tidak menutup mulut ketika menguap 

Saat manusia menguap tanpa menutup mulutnya dengan tangan, jin bisa memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk menyelinap ke dalam. Terutama menguap saat sedang salat.  Rasulullah SAW mengingatkan, “Apabila seseorang menguap dalam salatnya, hendaknya ia berusaha menahan kuapannya sebisa mungkin karena setan bisa masuk.” (H.R Muslim)

Dalam  hadist lain mengatakan, “Menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, maka hendaklah ia menahannya sedapat mungkin.” (H.R Muslim)

  • Memakai sesuatu dari bagian kiri tubuh

Islam mengajarkan adab umatnya untuk mengenakan atau memulai segala sesuatu yang baik-baik dari kanan dan  melepas sesuatu atau memulai sesuatu yang jelek dari bagian kiri.

Dari ‘Aisyah ra, ia berkata, “Rasulullah SAW sangat menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, ketika menyisir rambut dan ketika bersuci, juga dalam setiap perkara (yang baik-baik).” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Ini adalah adab islami sesuai sunnah, yang jika ditinggalkan dapat menjadikan jin berani mendekati manusia.  

  • Makan dan minum tanpa mengucapkan bismillah

Ketika hendak makan dan minum, dianjurkan untuk mengucap, “Bismillah” agar makanan itu bisa menjadi sebab datangnya berkah.

Dari ‘Umar bin Abi Salamah, ia mengatakan, “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah SAW, tanganku berseliweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah SAW bersabda,

Wahai Ghulam, sebutlah nama Allah (bacalah “Bismillah”), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (H.R. Bukhari dan Muslim)

  • Makan dan minum dengan tangan kiri

Adab islami ketika makan dan minum adalah menggunakan tangan kanan dan melarang dengan tangan kiri. Ini seperti pesan Rasulullah SAW, “Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena Setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (H.R Muslim)

  • Tidak mengibas kasur sebelum tidur 

Membersihkan tempat tidur dengan cara mengibaskan sambil membaca Basmalah adalah salah satu sunnah yang mengandung hikmah agar jin tidak datang mengganggu.

Rasulullah SAW telah bersabda,  “Apabila salah seorang dari kalian hendak berbaring di tempat tidurnya, hendaklah ia kibas-kibas tempat tidurnya itu dengan kain. Sebab dia tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya.” (H.R Bukhari dan Muslim)

  • Masuk ke dalam kamar mandi tak membaca doa

Salah satu tempat yang setan sukai adalah kamar mandi. Maka kita mendapat anjuran membaca doa memohon kepada Allah agar jauh dari gangguan jin.

Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan, “Rasulullah SAW ketika memasuki jamban, beliau mengucapkan Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khobaits (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan)” (H.R. Bukhari Muslim)

Anak-anak sebaiknya sejak dini diajarkan doa ini untuk dibacanya setiap kali masuk kamar mandi. 

  • Buang air sembarangan

Islam melarang pemeluknya membuang air sembarangan karena bertentangan dengan kesopanan umum, merusak lingkungan, dihukumi dosa, dan disukai oleh jin. 

Rasulullah SAW bersabda, “Jangan buang air di lubang binatang, di jalan tempat orang lewat, di tempat berteduh, di sumber air, di tempat pemandian, di bawah pohon yang sedang berbuah atau di air yang mengalir ke arah orang-orang yang sedang mandi atau mencuci.” (HR Muslim, Tirmidzi)

Dalam pergaulan dengan teman-teman sebaya, anak-anak (terutama laki-laki) yang sedang bermain kadang tidak tahan untuk kencing lalu menepi dan mengeluarkan air seninya di sembarang tempat. Inilah salah satu perilaku yang menjadi penyebab datangnya jin mengganggu. 

  • Tidur tanpa memohon perlindungan kepada Allah 

Ajarkan kepada  anak ketika tidur untuk tidak lupa berwudhu, kemudian saat berbaring membaca ayat surat Al Ikhlas, surat Al falaq, surat AN nas, dan ayat kursi. Setelah itu, ingatkan agar membaca doa sebelum tidur dan berusaha untuk tidur dengan tenang. 

Ini adalah ikhtiar memohon perlindungan kepada Allah dari gangguan jin. Maka jin tekut kepada Allah untuk mendatangi manusia yang telah memohon perlindungan kepada-Nya. 

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *