Rumah Bersalin Sarbini Dewi dan Tips Seputar Kesehatan Kandungan

Fasilitas Kesehatan – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh… Hallo Ayah/Bunda, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya ya. Nah pada kesempatan kali ini Aqiqah Alkautsar masih akan memberikan informasi seputar layanan kesehatan khusus untuk ibu hamil. Khususnya bagi Ayah dan Bunda yang berada di wilayah Jogja, berikut adalah informasi pemeriksaan kandungan di Rumah Bersalin Sarbini Dewi Jogja.

Nah, Bunda menjelang masa kehamilan atau sedang hamil, tentunya perlu mempersiapkan banyak hal. Baik persiapan selama kehamilan, hingga persiapan untuk menghadapi waktu persalinan. Salah satu yang terpenting adalah menyiapkan lokasi atau rumah sakit persalinan. Untuk itu, berikut ini Aqiqah Alkautsar akan memberikan informasi layanan kesehatan ibu dan anak di Rumah Bersalin Sarbini Dewi.

  • Pentingnya Pemeriksaan Kandungan

Di masa kehamilan tentunya bunda memiliki banyak persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari hal-hal penunjang dan tentunya mengenai kesehatan Bunda dan kandungan.

Nah, apa saja yang akan bunda ketahui ketika memeriksakan kehamilan secara rutin? Tentunya ada banyak hal yang beberapa diantaranya yang pertama adalah untuk mengetahui kondisi si kecil yang sedang berada di dalam kandungan. Yang perlu bunda periksa mengenai kondisi bayi adalah detak jantung bayi, apakah normal atau tidak. Selain itu juga Bunda bisa mengetahui posisi bayi dan mengukur tinggi fundus.

Selain mengetahui kondisi si kecil dalam kandungan, penting juga bagi Bunda untuk mengetahui kondisi diri sendiri, hal yang biasanya perlu bunda konsultasikan adalah terkait masalah kandungan, konsultasi gizi selama masa kehamilan, dan kontrol kesehatan lainnya. Nah, semua pemeriksaan dan konsultasi tadi bisa Bunda dilakukan di faskes yang menyediakan layanan kesehatan ibu dan anak, seperti Puskesmas, klinik/rumah bersalin, atau rumah sakit.

Untuk pemeriksaan sederhana, Bunda tidak harus ke rumah sakit besar. Bunda bisa ke Puskesmas atau klinik/rumah sakit bersalin. Sebab, harganya lebih terjangkau. Akan tetapi untuk pemeriksaan masalah yang rumit, ada baiknya Bunda untuk memilih rumah sakit.

Nah, bagi Bunda yang berada di wilayah Jogja dan hendak memeriksakan kandungan, berikut rekomendasi klinik atau rumah bersalin yang bisa Bunda pilih, yaitu Rumah Bersalin Sarbini Dewi.

  • Rumah Bersalin Sarbini Dewi

Salah satu rekomendasi rumah bersalin yang bisa Bunda pilih adalah Rumah Bersalin Sarbini Dewi, terutama bagi Bunda yang ada di wilayah Jogja. Di rumah bersalin ini Bunda bisa menikmati layanan spesial untuk masalah ibu dan kandungan.

Di rumah bersalin ini bunda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan kandungan dan kebutuhan gizi selama hamil. Bahkan sebelum kehamilan pun Bunda bisa mengkonsultasikan rencana program kehamilan. Bunda akan ditangani oleh dokter spesialis kandungan yang profesional dan berpengalaman. Dalam kondisi seperti saat ini, tentunya pelayanan tetap menaati protokol kesehatan.

Selain konsultasi dan pemeriksaan kandungan, Bunda juga bisa melakukan persalinan di sini. Dokter juga akan dibantu oleh tenaga kesehatan seperti perawat dan bidan dalam proses untuk memudahkan dan memperlancar prosesnya. Selanjutnya Bunda bisa mengkonsultasikan mengenai kebutuhan sebagai seorang ibu pasca melahirkan, baik mengenai keluhan hingga masalah kebutuhan gizi pasca melahirkan.

  • Tips Menjaga Kesehatan Kandungan

Rumah Bersalin Sarbini Dewi Penting bagi bunda yang sedang hamil untuk selalu menjaga kesehatan. Sebab, pertumbuhan janin juga akan sehat jika ibunya sehat. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat saat Ibu sedang hamil. Untuk itu, berikut beberapa tips untuk Bunda dalam menjaga kesehatan kandungan:

  1. Mengkonsumsi Makanan bergizi

Kondisi kesehatan kandungan dan sang ibu sangat bergantung pada pola hidup sehat yang bunda lakukan. Bagi Bunda, mengkonsumsi makanan bergizi bermanfaat dalam membantu menambah stamina, menghindari risiko komplikasi kehamilan, mengontrol berat badan agar tetap sehat. Selain itu, dengan menerapkan pola makan sehat, Bunda juga cenderung terhindar dari depresi dan membantu menstabilkan mood sepanjang kehamilan.

Bagi si kecil, asupan gizi yang seimbang juga dapat mendukung kelancaran proses tumbuh kembang bayi dan membantu menjaga berat janin tetap sehat serta mencegah risiko bayi mengalami cacat lahir. Nah beberapa makanan bernutrisi yang bisa Bunda konsumsi selama kehamilan adalah:

  • Makanan berprotein : telur yang dimasak matang, dada ayam, dan gandum utuh (roti gandum) dan beras merah.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C : jeruk, jambu biji dan stroberi.
  • Makanan dan minuman berkalsium : susu yang dipasteurisasi dan sayuran hijau.
  • Mengkonsumsi makanan kaya zat besi : brokoli dan kacang-kacangan.
  • Makanan yang mengandung lemak sehat : ikan salmon dan buah alpukat.
  • Makanan yang mengandung asam folat, seperti kuning telur dan bayam.
  • Hindari makan daging setengah matang, jeroan hewan, dan makanan cepat saji yang tinggi lemak trans.
  • Hindari juga makan ikan yang mengandung tinggi merkuri selama hamil, seperti ikan tuna, ikan makarel, dan ikan pedang.
  1. Minum vitamin prenatal

Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, Bunda juga perlu menunjang dengan vitamin prenatal. Hal tersebut karena kemungkinan asupan nutrisi dari makanan sehari-hari yang belum tercukupi. Sehingga, vitamin dapat membantu memenuhi sekaligus memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan janin dalam kandungan.

Vitamin hamil pada umumnya mengandung asam folat dari vitamin B. Asam folat berperan penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Asam folat juga bermanfaat untuk mencegah risiko bayi lahir cacat dan menjaga kesehatan ibu hamil. Vitamin ini bisa Bunda mulai sejak sebelum hamil. Namun terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter mengenai vitamin prenatal apa yang Bunda butuhkan.

  1. Olahraga rutin

Kondisi sedang hamil bukan berarti menjadi alasan bagi Bunda untuk tidak berolahraga. Justru olahraga menjadi bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil dan menjaga kesehatan selama kehamilan.

Selain itu, olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot, dan mengurangi stres saat hamil. Bagi bayi, olahraga juga mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan. Setidaknya menyempatkan waktu sekitar 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Namun tidak semua olahraga ya Bunda, lakukan kegiatan fisik ringan misalnya jalan santai, renang, atau bahkan yoga dan senam kehamilan.

  1. Cukup minum air putih

Satu hal yang cukup sederhana untuk menjaga kesehatan ibu hamil, salah satunya adalah dianjurkan minum air putih yang cukup setiap harinya. Asupan cairan yang cukup dapat membantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam rahim untuk diterima janin. Selain itu, menjaga pola hidup sehat ibu hamil dengan rajin minum air putih juga bisa meningkatkan sistem imun kesehatan.

Tak hanya itu, kebiasan minum air putih juga bisa mencegah berbagai macam masalah kesehatan pada ibu hamil seperti dehidrasi, kelelahan, anemia, sembelit, wasir, dan infeksi saluran kencing. Sebisa mungkin untuk minum air 8-10 gelas sehari. Supaya tidak bosan, Bunda bisa memvariasikan air putih dengan potongan lemon, stroberi, atau jeruk nipis untuk menambah kesegarannya.

Sekian info layanan bersalin di Rumah Bersalin Sarbini Dewi dan juga tips menjaga kesehatan bagi Bunda yang sedang hamil. Semoga dapat bermanfaat, barakallahu fiikum…

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *