Fasilitas Bersalin di RSUD Panembahan Senopati Jogja

Fasilitas Bersalin RSUD Panembahan Senopati
Sumber website rsudps.bantulkab

Halo Ayah dan Bunda, bagaimana kabarnya? semoga selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’ala, aamiin. Kembali lagi dalam artikel yang membahas mengenai rekomendasi rumah sakit dengan fasilitas bersalin di Jogja. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai RSUD Panembahan Senopati.

Kehadiran buah hari adalah waktu yang sangat Ayah dan Bunda nantikan sebagai orang tua. Setelah lama mengandung dan menunggu selama 9 bulan lamanya, akan sangat lengkap kebahagiaan sebagai orang tua ketika si kecil hadir. Maka dari itu sebagai orang tua, Ayah/Bunda harus menyiapkan yang terbaik untuk menyambut kelahiran sang buah hati.

Dari sekian banyaknya persiapan, hal pertama yang perlu Ayah dan Bunda pikirkan adalah rumah sakit tempat Bunda nantinya akan melakukan proses melahirkan. Memilih rumah sakit bersalin jangan sampai disepelekan lho Ayah/Bunda. Sebab ketepatan bunda memilih sebuah rumah sakit sangat mempengaruhi kenyamanan dan kelancaran selama proses bersalin.

Nah, bagi Ayah/Bunda yang berada di daerah Jogja, kami punya rekomendasi rumah sakit yang terpercaya dengan fasilitas bersalin yang memadai, yaitu  RSUD Panembahan Senopati.

  • Sekilas Tentang RSUD Panembahan Senopati

Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati merupakan instansi kesehatan yang berfungsi sebagai pendukung penyelenggaraan pemerintah daerah yang dipimpin oleh seorang Direktur yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Tugas utama RSUD Panembahan Senopati adalah melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah khususnya di Bidang Pelayanan Kesehatan. Dalam hal ini RSUD Panembahan Senopati bertugas merumuskan kebijakan teknis di bidang pelayanan rumah sakit, menyelenggarakan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang pelayanan rumah sakit. Selain itu RSUD Panembahan Senopati juga melakukan pembinaan dan pengendalian pelayanan rumah sakit serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam bidang kesehatan.

  • Layanan Ibu dan Anak RSUD Panembahan Senopati

Bagi Bunda yang sudah mendekati HPL, RSUD Panembahan Senopati memiliki fasilitas layanan ibu dan anak. Berikut beberapa fasilitas layanan kesehatan ibu dan anak yang tersedia di Rumah Sakit ini:

  1. Klinik Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB

Klinik Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB ini akan membantu Bunda mengatasi masalah kesehatan kandungan dan kehamilan. Lalu bagi bunda yang ingin melakukan proses persalinan juga bisa dilayani. Selain menikmati layanan kesehatan, bunda juga bisa mengkonsultasikan keluhan bunda terkait berbagai macam masalah ibu dan kehamilan, seperti masalah kandungan, bayi, nutrisi untuk ibu hamil hingga konsultasi terkait program kehamilan dan pemasangan alat kontrasepsi.

  1. Perinatal, HCU/PICU

PICU (Perinatal Intensive Care Unit) adalah unit layanan perawatan intensif yang diawasi langsung oleh dokter dan konsultan spesialis anak serta tenaga medis keperawatan yang sudah berpengalaman untuk merawat anak. Unit ini dikhususkan bagi mereka yang memerlukan pengobatan dan perawatan intensive guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ2 vital. 

Sedangkan NICU (Neonatus Intensive Care Unit) adalah unit perawatan khusus untuk bayi yang baru saja lahir dan memerlukan perawatan khusus. Misalnya bayi yang lahir dengan berat badan rendah, bayi dengan gangguan pernafasan dan membutuhkan ventilasi mekanik, Bayi lahir prematur, Bayi yang tidak mampu menerima asupan oral, atau Bayi yang mengalami kesulitan selama proses persalinan yang menunjukkan tanda tanda mengkhawatirkan dalam hari pertama kehidupan

  1. Klinik Anak

RSUD Panembahan Senopati juga memiliki layanan untuk buah hati bunda yang memiliki keluhan dan masalah kesehatan. Di klinik ini Bunda bisa memeriksakan atau mengkonsultasikan masalah kesehatan anak dan akan ditangani langsung oleh dokter spesialis anak dengan profesional. Memiliki fasilitas yang lengkap dan modern serta selalu menjaga lingkungan yang bersih, aman dan nyaman. Semua demi memberikan pelayanan yang yang nyaman dan optimal.

  • Fasilitas Penunjang Medis RSUD Panembahan Senopati

Demi menunjang semua kebutuhan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat, RSUD Panembahan Senopati terus memperbaiki layanan dan melengkapi berbagai fasilitas penunjang medis. Fasilitas penunjang yang dimiliki rumah sakit ini juga sudah mutakhir dan memiliki perlengkapan alat yang modern. Dengan begitu, rumah sakit ini dapat mengatasi berbagai macam keluhan dan masalah kesehatan dari para pasien yang datang. Adapun beberapa fasilitas pelayanan Penunjang Medis RSUD Panembahan Senopati antara lain :

  1. Instalasi Rehabilitasi Medis. Layanan ini memiliki berbagai fasilitas mutakhir dan modern, untuk menunjang pemeriksaan medis yang lebih optimal. Fasilitas-fasilitas pada instalasi rehabilitasi medis ini antara lain: Infra Red, Short Wave Diathermy (SWD), Exercise Therapy/Terapi Latihan, Teris, Traksi, Micro Wave Diathermy (MWD), Elektrik Stimulasi dan beberapa alat medis pendukung lainnya.
  2. Instalasi Laboratorium Patologi Klinis dan Patologi Anatomi (Automated Clinical Analyzer). Unit yang mempelajari mengenai sebuah penyakit untuk diketahui permasalahannya. Khususnya  mempelajari masalah diagnostik dan terapi serta studi organ dan jaringan tubuh.
  3. Instalasi Radiologi, merupakan fasilitas pemeriksaan untuk mendiagnosis dan menunjang prosedur medis. Beberapa alat pendukung yang ada seperti MRI dan CT Scan 128 Slice.
  4. Unit Elektromedik. Unit layanan ini terdiri dari beberapa peralatan medis antara lain : Helium Neon Radiasi Intra Vaskuler, USG Doppler, ECG, EEG + Brain Mapping, Laser ND Y AG, Laser Terapi, Magnetik Terapi, Densitometer (pengukuran kepadatan tulang), Shock Master (Celcasinus Spoon) / Nyeri Tumit, Pressor Therapy (untuk melancarkan cairan), Radio Frekuensi Belle System, Acupuncture With Ear, Acupuncture IR.
  5. Pelayanan Spirometri. Layanan ini merupakan salah satu metode pemeriksaan untuk mengevaluasi fungsi dan mendiagnosis kondisi paru-paru.
  • Tips dalam Memilih Rumah Sakit Bersalin

Ada banyak hal yang harus Ayah dan Bunda perhatikan ketika hendak memilih rumah sakit bersalin. Ayah dan Bunda harus benar-benar teliti dan mencari informasinya terlebih dahulu. Layanan dan fasilitas bersalin sebuah rumah sakit sangat berpengaruh terhadap proses bersalin Bunda nantinya. Untuk sedikit membantu Ayah dan Bunda dalam menentukan rumah sakit bersalin, berikut kami berikan beberapa tips praktis untuk memilih rumah sakit bersalin:

  1. Ketahui Kualitas Rumah Sakitnya

Memilih rumah sakit yang terpercaya sangat diutamakan, oleh karena itu reputasi sebuah rumah sakit penting untuk Ayah/Bunda ketahui terlebih dahulu. Bunda bisa mendapatkan informasi terkait kualitas sebuah rumah sakit dari website resmi atau dengan mendatangi langsung rumah sakitnya. Informasi juga bisa Bunda tanyakan kepada kerabat atau saudara yang mungkin pernah bersalin di rumah sakit yang Ayah/Bunda tuju. Mintalah testimoni mereka mengenai rumah sakit tersebut. 

  1. Kenali Dokternya

Untuk bisa melaksanakan proses persalinan dengan nyaman, setidaknya ada satu hal yang perlu Bunda ketahui selain memilih rumah sakit dengan fasilitas bersalin yang terpercaya, yaitu dokter yang berpengalaman. Maka dari itu, paling tidak Bunda harus tahu terlebih dahulu mengenai reputasi dan pelayanan dokternya. Bisa dengan bertanya kepada kerabat yang mungkin pernah melakukan persalinan di rumah sakit yang hendak bunda pilih. 

  1. Lokasi dan Perkiraan Biaya Rumah Sakit

Hal terakhir yang perlu bunda persiapkan adalah lokasi rumah sakit dan perkiraan biaya persalinan. Sebisa mungkin lokasi rumah sakit tidak terlalu jauh dari rumah dan dapat terjangkau dengan mudah. Selain itu pastikan akses menuju ke sana bisa dilalui oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Hal ini untuk meminimalisir kendala-kendala yang tidak Bunda inginkan. Kemudian siapkan juga biaya untuk persiapan persalinan. Ayah dan Bunda bisa melihat perkiraan biayanya di website resmi atau datang dan bertanya langsung ke rumah sakit tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *