Layanan Kesehatan Ibu dan Anak di RSKIA Adinda Soragan Jogja

Layanan Kesehatan Ibu dan Anak di RSKIA Adinda Soragan Jogja

Fasilitas Kesehatan – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh… Hallo Ayah/Bunda, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya ya. Nah pada kesempatan kali ini Aqiqah Alkautsar masih akan memberikan informasi seputar layanan kesehatan khusus untuk ibu hamil. Khususnya bagi Ayah dan Bunda yang berada di wilayah Jogja, berikut adalah informasi layanan bersalin di RSKIA Adinda Soragan.

Nah, Bunda menjelang masa kehamilan atau sedang hamil, tentunya perlu mempersiapkan banyak hal. Baik persiapan selama kehamilan, hingga persiapan untuk menghadapi waktu persalinan. Salah satu yang terpenting adalah menyiapkan lokasi atau rumah sakit persalinan. Untuk itu, berikut ini Aqiqah Alkautsar akan memberikan informasi layanan kesehatan ibu dan anak di RSKIA Adinda Soragan.

  • Sekilas Tentang RSKIA Adinda Soragan

RSKIA Adinda Soragan merupakan salah satu rumah sakit yang berada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesuai dengan jenis rumah sakitnya, pelayanan di RSKIA Adinda Soragan ini fokus utamanya adalah melayani masalah kesehatan ibu dan anak. Pasien akan ditangani oleh dokter dan tenaga ahli profesional yang sudah berpengalaman, sehingga Bunda akan menjalani proses persalinan dengan normal dengan normal.

Bunda bisa menjadikan rumah sakit ini sebagai salah satu pilihan sebagai tempat bersalin. Selain karena memiliki fasilitas yang memadai dalam hal penanganan masalah ibu dan anak, biaya yang dibutuhkan juga cukup terjangkau. Nah, bagi Bunda yang tertarik, Bunda bisa langsung mengunjungi RSKIA Adinda Soragan yang berada di Jl. Soragan No.14, Soragan, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184.

  • Fasilitas Kesehatan Ibu dan Anak di RSKIA Adinda Soragan

Banyak fasilitas penunjang kesehatan yang ada di RSKIA Adinda Soragan. Beberapa fasilitas yang antara lain General Care, UGD, Diagnostics berupa Laboratory dan Radiology (X-Ray). Selain itu, layanan khusus untuk kesehatan ibu dan anak antara lain:

  1. Children (Paediatrics)

Fasilitas ini merupakan layanan yang berkonsentrasi pada pencegahan, diagnosis, pengobatan dan penanganan penyakit pada pasien berusia muda, yaitu bayi dan anak hingga remaja atau dewasa muda. Usia maksimal berkisar antara 18 dan 21 tahun.

Pelayanannya berfokus pada aspek-aspek penunjang kesehatan yang dibutuhkan oleh anak. Selain itu mengidentifikasi antara gangguan kesehatan pada pasien anak dan dewasa. Dengan salah satu fokus utama adalah tumbuh kembang fisik pasien anak. Sehingga Bunda bisa mengkonsultasikan masalah-masalah terkait kesehatan si kecil. Sebab dengan layanan ini, tidak hanya membuat diagnosis dan merancang pengobatan, tetapi juga memastikan pengobatan drancang sesuai dengan usia dan aman bagi tubuh pasien.

  1. Women (Obstetrics & Gynaecology)

Layanan Obstetrics & Gynecology RSKIA Adinda Soragan menyediakan layanan kebidanan dan kandungan bagi perempuan segala usia. Bunda akan mendapatkan perawatan kebidanan yang meliputi layanan rencana kehamilan, kehamilan resiko tinggi, diagnosa dan pengobatan pre natal.

Selain itu juga perawatan kandungan yang meliputi pelayanan untuk gangguan kesehatan pada sistem reproduksi wanita. Bunda akan ditangani oleh dokter dan tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional. Bunda bisa mengkonsultasikan jika terindikasi mengalami gangguan kesehatan pada kandungan dan juga sistem reproduksi pra hingga pasca kehamilan..

  1. USG 2D dan 4D

USG atau ultrasonografi adalah layanan diagnostik pencitraan yang menggunakan ultrasonik (gelombang suara) dengan frekuensi yang lebih tinggi dari kemampuan pendengaran manusia. Secara umum kegunaan USG adalah membantu menegakkan diagnosis dalam berbagai kelainan organ tubuh. Bagi Bunda yang sedang hamil, teknik ini digunakan untuk mencitrakan organ internal dan janin yang berada di dalam rahim.

Pemeriksaan kondisi kehamilan dengan USG yang paling umum kita ketahui adalah untuk mengetahui jenis kelamin bayi Anda. Selain itu, Bunda juga dapat melihat kondisi bayi dalam kandungan secara keseluruhan. Informasi yang juga bisa Bunda ketahui adalah pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan bayi yang ada dalam kandungan.

RSKIA Adinda Soragan menyediakan layanan USG 2D dan 4D. Bunda bisa memilih layanan mana yang sesuai dengan yang Bunda butuhkan. Perkiraan biayanya bisa sekitar Rp. 226.000 untuk layanan USG dengan rincian, Rp. 75.000 untuk USG sekaligus print (Rp. 45.000 tanpa print), Biaya dokter Rp. 105.000, dan sisanya untuk biaya obat-obatan.

  • Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Bunda, para ahli merekomendasikan ibu hamil, dalam kondisi berat badan normal, untuk mengkonsumsi 1.800 kalori pada trimester pertama, 2.200 kalori pada trimester kedua, dan 2.400 kalori pada trimester ketiga. Hal tersebut bertujuan agar janin tumbuh dan berkembang dengan baik. Nah, beberapa nutrisi yang Bunda butuhkan selama masa kehamilan adalah berikut ini:

  1. Karbohidrat

Beberapa ibu yang hamil terkadang menghindari konsumsi karbohidrat karena takut gemuk. Padahal, jika mengkonsumsinya dengan takaran yang pas, manfaat karbohidrat bagi ibu hamil begitu banyak. Karbohidrat bisa menjadi sumber energi, mencegah konstipasi, mendukung tumbuh kembang janin, dan mencegah resiko bayi lahir cacat. Nah Bunda bisa memperoleh asupan karbohidrat dari beras merah, gandum utuh, roti, serta sayuran dan buah.

  1. Protein

Berikutnya adalah protein. Selama hamil, bunda setidaknya memerlukan 70–100 gram protein setiap harinya. Bunda bisa memenuhi asupan protein harian dengan mengonsumsi daging, telur, tahu, makanan laut, dan kacang-kacangan. Selain itu, Bunda juga dapat memperoleh asupan protein dari susu dan yoghurt.

  1. Zat besi

Zat besi berfungsi membentuk hemoglobin sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika hamil, kebutuhan zat besi dapat meningkat hingga 50 persen, yaitu sekitar 27 mg zat besi setiap harinya. Jika Bunda kekurangan asupan zat besi saat hamil, bisa meningkatkan risiko bayi terlahir prematur dan berat badan rendah. Oleh karena itu, ketika hamil Bunda bisa mengkonsumsi hati ayam, daging tanpa lemak, ikan, tahu, kacang merah, sayuran berwarna hijau, telur, dan kacang-kacangan sebagai sumber zat besi.

  1. Asam folat

Di awal kehamilan hingga usia kehamilan memasuki 12 minggu, Bunda dianjurkan mengkonsumsi suplemen asam folat sebanyak 400 mcg/hari. Fungsi asam folat adalah untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf. Bunda bisa mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber asam folat seperti, sayuran berwarna hijau seperti brokoli dan bayam, kacang kedelai, alpukat, dan pepaya.

  1. Serat dan vitamin

Serat dan vitamin sangat penting bagi Bunda ketika sedang hamil. Bunda membutuhkan 2–4 porsi sayur dan buah setiap harinya. Kandungan serat pada sayur dan buah bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan selama hamil dan mencegah sembelit. Dan makanan tersebut mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan saat hamil, seperti vitamin dan mineral.

  1. Kalsium

Kebutuhan kalsium ibu hamil kurang lebih 1.000 ml/hari. Untuk memenuhi nutrisi tersebut, Bunda dapat meminum segelas susu di pagi hari, konsumsi tahu sebagai camilan, menyantap ikan di siang hari, dan yoghurt di malam hari. Pilihlah susu, keju, dan yoghurt yang rendah lemak. Yang perlu diperhatikan, jumlah asupan nutrisi ibu hamil bisa berbeda-beda, tergantung usia, berat badan, usia kehamilan, dan aktivitas fisik. Sehingga, untuk memastikannya, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui berapa banyak kebutuhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *