Layanan Kandungan di Rumah Sakit Panti Nugroho Jogja

Layanan Kandungan di Rumah Sakit Panti Nugroho Jogja

masa perubahan

Halo Ayah dan Bunda, bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’ala ya, aamiin. Kembali lagi dalam artikel yang membahas mengenai rekomendasi rumah sakit bersalin yang ada di Jogja. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai layanan kandungan dan kesehatan ibu dan anak di Rumah sakit Panti Nugroho.

Semakin mendekati HPL, apa saja yang sudah Ayah dan Bunda persiapkan untuk menyambut kehadiran si kecil? Tentu Ayah dan Bunda semakin sibuk mempersiapkan banyak keperluan. Sebagian besar adalah keperluan untuk menghadapi masa persalinan nantinya.

  • Sekilas Tentang RS Panti Nugroho Jogja

Rumah sakit Panti Nugroho merupakan rumah sakit yang menyediakan layanan kesehatan umum juga layanan kebidanan dan kandungan. Nah Bunda yang sedang dalam masa hamil dan mendekati HPL mungkin sudah mulai mencari-cari lokasi rumah sakit untuk melahirkan. Rumah sakit Panti Nugroho ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok untuk Bunda. RS Panti Nugroho berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dengan berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Semakin hari kebutuhan untuk menyambut kelahiran si kecil semakin bertambah. Banyak hal yang harus Ayah dan Bunda persiapkan dan salah satunya adalah menentukan rumah sakit mana yang akan menjadi lokasi bersalin sang Ibu. Sembari menentukan lokasi rumah sakit, Bunda juga perlu mempersiapkan fisik dan mental agar siap menghadapi proses persalinan nantinya. Pastikan untuk melakukan olahraga kecil dan menjaga pola makan. Mengkonsumsi makanan yang baik dapat membantu menutrisi tubuh Bunda dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, pastikan Bunda istirahat yang cukup dan menjaga pola tidur agar pikiran bisa menjadi lebih tenang dan tidak gampang stres.

Untuk rumah sakit bersalin, bagi Bunda yang berada di wilayah Jogja, salah satu rumah sakit yang direkomendasikan untuk tempat persalinan adalah RS Panti Nugroho. Fasilitas yang lengkap dan pelayanannya yang profesional membuat rumah insakit i menjadi salah satu pilihan yang pas. Untuk membantu Ayah/Bunda, berikut kami berikan informasi singkat mengenai RS Panti Nugroho beserta fasilitas dan layanan persalinannya untuk Ayah/Bunda.

  • Layanan Ibu dan Anak Rumah Sakit Panti Nugroho Jogja

Rumah Sakit Panti Nugroho memiliki layanan khusus untuk masalah kesehatan ibu dan anak. Beberapa layanan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Poli Kebidanan dan Penyakit Kandungan

Bagi Bunda yang memiliki keluhan terkait masalah kandungan, RS Panti Nugroho menyediakan layanan kebidanan dan penyakit kandungan yang siap mengatasi keluhan Bunda. Di poli ini Bunda bisa berkonsultasi dan memeriksakan masalah kehamilan, masalah kesehatan kandungan hingga saat proses persalinan tiba. Bunda juga bisa meminta saran untuk program hamil, nutrisi ibu hamil dan berbagai masalah seputar kehamilan lainnya.

  1. Poli Penyakit Anak

Sedangkan untuk keluhan mengenai masalah kesehatan si kecil, Bunda bisa berkunjung ke Poli Penyakit Anak. RS Panti Nugroho memiliki dokter spesialis anak yang siap menangani keluhan dan masalah kesehatan sang buah hati.

  1. Klub Bunda

Klub Bunda adalah suatu komunitas yang menghimpun ibu hamil, ibu nifas dan ibu yang memiliki balita. Tujuannya adalah untuk mempermudah penyampaian informasi mengenai sarana prasarana serta jenis pelayanan yang ada, dan berharap bisa menjalin hubungan yang akrab antara Rumah Sakit dan pelanggan

Jenis Kegiatan yang bisa Bunda lakukan ketika ikut dalam Klub Bunda RS Panti Nugroho ini antara lain Seminar, peningkatan pengetahuan, penyuluhan dan workshop untuk ibu hamil, Hypnobirthing, dll. Kegiatan untuk ibu nifas berupa penyuluhan dan pelatihan mengenai perawatan pada ibu pasca melahirkan  dan bayi baru lahir, senam nifas, memandikan bayi dan pijat bayi. Kegiatan untuk ibu yang memiliki balita berupa seminar dan penyuluhan mengenai tumbuh kembang anak dan imunisasi, pijat bayi, demo masak membuat menu seimbang bagi balita.

  • Layanan Unggulan Rumah Sakit Panti Nugroho Jogja

Selain memiliki fasilitas dan layanan kesehatan umum serta layanan kandungan, ada beberapa layanan dan fasilitas unggulan yang ada di Rumah Sakit Panti Nugroho, antara lain:

  1. Klub Diabetes Melitus

Klub Diabetes Melitus atau Klub DM merupakan kelompok khusus yang anggota-anggotanya adalah penderita penyakit kencing manis/(Diabetes Melitus). Penyakit ini akan diderita seumur hidup, sehingga Bukan hanya dokter maupun ahli gizi saja yang berperan dalam pengelolaannya, tetapi juga keikut sertaan pasien sendiri dan keluarganya

Tujuan terbentuknya klub ini adalah untuk dapat merubah perilaku dan meningkatkan pemahaman bagi penderita DM terkait hidup sehat secara optimal dan menjaga kualitas hidup yang lebih baik.

Beberapa kegiatan yang ada di Klub DM ini antara lain, Senam setiap Rabu sore, pemeriksaan kesehatan secara rutin, penyuluhan kesehatan tentang penyakit DM dan penyakit lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pasien. Nantinya kadar gula pasien dapat terkontrol dan dipantau. Pasien dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari.

  1. Home Care

Layanan Home Care RS Panti Nugroho bertujuan untuk membantu dan mendampingi pasien dalam merawat keluarga atau kerabat yang sedang sakit di rumah, tanpa harus ke rumah sakit. Pelayanan yang hangat dan ramah dari tenaga perawat yang memiliki keahlian sehingga penderita tetap dekat dengan keluarganya. Ayah/Bunda tinggal menghubungi RS Panti Nugroho jika membutuhkan tenaga perawat yang bisa mengunjungi penderita di rumah.

  1. Klub Jantung Sehat

Klub Jantung Sehat RS Panti Nugroho berawal dari Kelompok Senam Lansia yang beranggotakan 20 orang. Kmudian berkembang pesat sehingga jumlah anggota semakin bertambah dan mencapai hampir 100 orang. Maka pada tahun 2004 diresmikan menjadi Klub Jantung Sehat RS Panti Nugroho. Sampai saat ini anggota terus bertambah hingga mencapai lebih dari 200 orang. Klub ini berada langsung dalam pengawasan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan antara lain Senam Jantung Sehat setiap Sabtu pagi, pemeriksaan Kesehatan (tes kebugaran) setiap 3 bulan sekali, Seminar/Sarasehan dan Penyuluhan Kesehatan. Ada juga kegiatan Pemeriksaan EKG, Jalan Sehat, Cross Country hingga wisata olahraga dan Outbond.

  1. Radiologi, CT SCAN dan Ultrasonografi

Fasilitas Radiologi RS Panti Nugroho antara lain melayani pemeriksaan foto X-Ray/Rontgen polos. Dapat pula melakukan pemeriksaan rontgen dan zat kontras seperti saluran pencernaan, pemeriksaan yang meliputi OMD, colon in loop atau saluran kencing, pemeriksaan yang ada antara lain: BNO-IVP, Sistografi, APG

CT SCAN (Computerized Tomografi Scanning) merupakan pemeriksaan dengan alat X-Ray yang berkombinasi dengan komputer sehingga dapat melihat potongan organ dengan jelas. Macam pemeriksaan yang ada diantaranya adalah CT Scan kepala Abdomen, Vertebra/Tulang belakang, dan Thorax.

USG (Ultrasonografi) adalah alat untuk mendeteksi kelainan kelainan dalam rongga abdomen (perut)/organ organ tertentu dengan menggunakan gelombang ultrasound. Pemeriksaan yang dapat dilakukan dengan USG: USG Abdomen, Kandungan, Mammae/payudara, Testis, Thyroid /kelenjar gondok, USG Doppler/Colour pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *