Mengajak Bayi Berdzikir

Mengajak Bayi Berdzikir

Parenting Al-Kautsar – Dzikir diperintahkan kepada manusia dalam keadaan berdiri, duduk, maupun berbaring, sambil terus berpikir tentang penciptaan Allah. Saat ibu hamil adalah kesempatan menjadi ahli dalam berdzikir dan mengajak janinnya turut serta.

Setiap kali anda santai dan rileks, katakan kepada janin dengan suara Anda, ”Mari kita berzikir,” sambil mengusap perut anda beberapa kali, kemudian mulailah melantunkan kalimat-kalimat zikrullah.

Bacaan-bacaan dzikir yang diperintahkan adalah :

  1. Tasbih

Tasbih berarti memahasucikan Allah. ajaklah si kecil membaca ”Subhanallah” setiap kali Anda melihat sesuatu yang menakjubkan. Misalnya Anda melihat laut yang indah, gunung yang menyejukkan, dan sebagainya.

  1. Tahmid

Tahmid adalah ucapan memuji Allah. ucapkan ”Alhamdulillah” ketika Anda mendapatkan kegembiraan sebagai ungkapan syukur kepada Allah. libatkan si kecil dalam bacaan ini, sehingga ia bisa belajar mengenalnya sejak dini.

  1. Tahlil

Tahlil adalah pernyataan tiada Tuhan selain Allah. dengan banyak membaca ”La ilaaha illallah” Anda mengajak si kecil mengenal Allah sebagai satu-satunya dzat pencipta dan penguasa alam ini.

  1. Takbir

Takbir berarti memahabesarkan Allah. libatkan si kecil dengan ucapan ”Allahu Akbar” setiap kali Anda melihat atau berharap kemaha besaran kekuasaan Allah. Misalnya Anda sedang menyaksikan tayangan bencana, atau mengagumi suatu peristiwa besar.

  1. Istighfar

Istighfar adalah memohon ampunan kepada Allah. Rasulullah selalu memohon ampunan kepada Allah padahal beliau sudah terbebas dari dosa, apalagi kita yang bukan rasul. Ucapkanlah ”astaghfirullah” ketika Anda merasa bersalah, lupa, atau melihat kejadian yang menyedihkan yang tak ingin terjadi pada Anda.

  1. Asma’ul husna

Asmaul husna adalah nama-nama Allah yang baik, yang jumlahnya 99 nama. Beberapa ulama menganjurkan nama-nama tertentu dalam asma’ul husna ini dan menggunakannya sebagai obat. Tetapi sebenarnya ke-99 nama ini adalah baik semua sehingga kita tidak perlu pilih-pilih.

  1. Solawat nabi

Solawat adalah do’a, persembahan khusus kepada Nabi Muhammad SAW. Bacalah sholawat sebanyak-banyaknya dan katakan kepada bayi Anda bahwa Muhammad adalah rasul, idola kita. Ajak si kecil bersolawat untuk mengajarinya bagaimana mencintai Rasulullah dan mengharap syafaatnya.

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *