Minggu ke-9 Bagian 2: Informasi Penting Seputar Kelahiran

Minggu ke-9 Bagian 2: Informasi Penting Seputar Kelahiran

Kelahiran – Sebagian orang, termasuk ibu muda, masih percaya dengan kemampuan ‘orang pintar’ alias dukun untuk mengusir  dan mengobati penyakit yang diduga disebabkan oleh gangguan makhluk halus. Berikut tips dan beberapa informasi penting yang mungkin perlu bunda ketahui:

TIPS: Ruqyah untuk bayi 

Kadang-kadang bayi tampak seperti ketakutan dan anda merasa was-was. Selain memohon kepada Allah untuk menjauhkan makhluk gaib yang mengganggu, ruqyah juga sangat baik sebagai terapi jiwa dan spiritual bayi. Anda tidak perlu mendatangi “orang pintar”.

  • Sebelumnya, pastikan rumah bersih dari segala macam jimat atau benda-benda yang diyakini dapat mendatangkan kekuatan/perlindungan (jimat penglaris, jimat anti maling, jimat wibawa, dan lainnya). Benda-benda ini menjadi sarang jin, suatu saat akan mengganggu dengan gangguan yang lebih dahsyat dibandingkan dengan ‘jasa’ yang ia berikan.
  • Bacakan ayat kursi setiap kali hendak tidur, kemudian bacakan doa sebelum tidur dan doa ketika bangun tidur.
  • Putar kaset rangkaian doa ruqyah (kalau tidak ada kaset ruqyah, kaset murottal juga boleh) setiap pagi atau kapan saja, dengan volume yang cukup untuk didengar oleh bayi.

REVIEW: Ibu pengidap HIV dapat menyusui eksklusif

Seorang ibu yang positif mengidap HIV dan mengkonsumsi obat antiretroviral dapat menyusui secara eksklusif enam (6) bulan pada bayinya, tanpa menularkan virus HIV ke bayinya. Demikianlah hasil penelitian NACA (National Agency for the Control of AIDS ) Nigeria di Bostwana-Nigeria. 

ANDA PERLU TAHU: Hernia 

Hernia adalah peristiwa yang jarang terjadi pada bayi, yaitu berupa putaran usus yang macet  di kantung buah zakar. Keadaan ini harus segera dioperasi  untuk mencegah kerusakan  usus.  

Segera hubungi dokter bila  bengkak tiba-tiba  menjadi lebih besar, lebih keras,  lebih gelap, lebih perih,  atau bayi muntah dan menderita kolik yang parah

Hernia yang membengkak terkadang muncul dan kemudian hilang. Pada umumnya akan menghilang dan kembali ke perut ketika  bayi istirahat, tidur, atau menangis. Hernia perlu diperbaiki dengan pembedahan ringan  dan biasanya harus dirawat di rumah sakit. 

WARNING: Hati-hati dengan ‘orang pintar’

Sebagian orang, termasuk ibu muda, masih percaya dengan kemampuan ‘orang pintar’ alias dukun untuk mengusir  dan mengobati penyakit yang diduga disebabkan oleh gangguan makhluk halus. Ini adalah peluang bagi dukun untuk melakukan aksi tipuannya. Dukun selalu membenarkan bahwa pasien yang ia hadapinya itu terkena gangguan jin. Dan oleh karenanya ialah orang yang paling tepat menanganinya. 

Ada tiga kesalahan ketika anda mendatangi orang pintar.

Pertama, sebagian besar mereka adalah dukun palsu. Ia hanya akan menjual jimat dan berakting dengan atraksi yang memesona anda. Ia memasang aneka sesaji dan melakukan ritual yang sesungguhnya hanya untuk mengelabui tipuan berikutnya. Lalu ia memberikan bungkusan berbau za’faron yang isinya cuma fotocopy buku asal bertuliskan huruf arab. Kami pernah membongkar jimat yang isinya adalah fotocopy pendahuluan khutbah jum’at, sementara di jimat lain ternyata hanya berisi fotocopy buku “iqra’ (buku latihan membaca Al-Qur’an). Di sini, Anda menjadi orang yang tertipu. 

Kedua, mungkin anda bertemu dukun asli yang jujur. Dukun ini mungkin tidak menipu. Ia melakukan ritual dan efeknya benar-benar terasa. Bayi anda menjadi sembuh dari kerewelan dan anda merasa enak badan.

Dimana kesalahannya? Kesalahannya adalah anda menjadi orang yang benar-benar musyrik bersamanya. 

Ketiga, dukun asli yang menipu. Ia melakukan ritual, mengeluarkan aneka penyakit lewat telur atau media lain. Padahal itu bukanlah penyakit yang ada dalam bayi, melainkan ia buat sendiri saat itu juga dengan memerintahkan jin. Di sini, Anda menjadi orang yang tertipu sekaligus berbuat syirik. 

AGENDA: Mengukur berat dan panjang bayi

Pekan ini bayi anda berusia 3 bulan, saatnya untuk membawanya ke tempat penimbangan atau dapat melakukannya sendiri di rumah. Amati grafik pertumbuhannya dan bila mencurigakan segeralah berkonsultasi kepada dokter.

Pekan ini juga bayi anda harus mendapat imunisasi Polio yang kedua  dan DPT yang pertama kali. Kondisikan bayi anda untuk siap imunisasi. Segera kunjungi dokter untuk mendapatkannya. 

[Yazid Subakti]

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *