Seputar Ibadah Aqiqah dan Jasa Aqiqah Jogja

Aqiqah Jogja Murah – Adalah kebahagiaan yang tiada tara, tatkala Allah azza wa jalla memberikan anugerah berupa keturunan dalam sebuah keluarga. Kebahagiaan itu pun semakin lengkap dengan di turunkannya perintah ibadah sunnah aqiqah. Aqiqah adalah sebuah ibadah yang di jadikan wasilah untuk mengekspresikan kebahagiaan, sekaligus sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah. Di ambil dari suku kata bahasa arab, “al-qat’u”, yang berarti “memotong”. Dalam istilah agama, aqiqah adalah  ibadah sembelihan yang di lakukan pada hari ke-7 dari kelahiran seorang bayi sebagai wujud rasa syukur dan  taqwa kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Selain hari ke-7, ada pendapat yang membolehkan agar aqiqah di langsungkan pada hari ke-14, ataupun hari ke-21. Hewan yang di sembelih adalah kambing atau domba.

Dengan di tunaikannya aqiqah, setiap keluarga muslim di pastikan akan mendapat banyak pahala serta ganjaran yang bernilai agung, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, mereka akan mendapatkan keridhaan Allah, Rasul Nya, dan orang-orang yang beriman. Lalu orang yang melaksanakan aqiqah karena iman dan taqwa, akan di hapuskan kesalahan-kesalahannya, serta mendapat balasan pahala yang berlipat ganda di akhirat nanti.

Allah berfirman dalam surah At-Talaq,

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا

Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya. (QS At Talaq : 5)

Aqiqah Adalah  Perintah Allah Dan Rasul Nya

Aqiqah Jogja Murah  – Tidaklah Allah menyuruh atau melarang kita pada amal perbuatan tertentu, kecuali pasti terdapat manfaat ataupun mudharat atas perintah dan larangan tersebut. Rasulullah sallallahu’alaihi wa salam juga telah berpesan, agar kita sebagai umatnya senantiasa berusaha untuk megikuti perintah Nya, dan meninggalkan apa yang di larang sesuai dengan kesanggupan kita masing-masing.

Rasulullah bersabda,

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوْهُ، وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَأْتُوْا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ، فَإِنَّمَا أَهْلَكَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ كَثْرَةُ مَسَائِلِهِمْ وَاخْتِلاَفُهُمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata: “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Apa saja yang aku larang terhadap kalian, maka jauhilah. Dan apa saja yang aku perintahkan kepada kalian, maka kerjakanlah semampu kalian. Sesungguhnya apa yang membinasakan umat sebelum kalian hanyalah karena mereka banyak bertanya dan menyelisihi Nabi-Nabi mereka’.” [Diriwayatkan oleh al-Bukhâri dan Muslim].

Memakai Jasa Aqiqah Siap Saji

3 Syarat Kambing Aqiqah Menurut Syariat Islam Yang BenarAqiqah Murah Jogja – Ayah bunda… saat ini telah banyak tersedia jasa layanan aqiqah siap saji. Tersedianya jasa layanan aqiqah siap saji ini sangat membantu kita dalam beraqiqah. Tidak seperti dulu lagi, segala sesuatunya harus di kerjakan sendiri. Mulai dari mencari kambing/domba, kemudian menyembelih, menguliti dan memotong dagingnya, mengolah lalu memasaknya, sebelum akhirnya siap untuk dibagi-bagikan. Hufftt… zaman dulu itu merepotkan ya ayah bunda?!

Tapi sekarang kan tidak lagi!? “Sudag banyak kok” jasa aqiqah siap saji yang berada di sekitar kita. Seperti di Jogja saja misalnya, ada puluhan jasa aqiqah yang siap melayani kebutuhan aqiqah ayah bunda sekalian. Di Provinsi D.I. Yogyakarta telah tersebar jasa aqiqah dengan berbagai macam pilihan paket dan harga yang beraneka ragam. Ada jasa aqiqah sleman, aqiqah bantul, jasa aqiqah Jogja kota, bahkan jasa aqiqah Solo – Jawa tengah juga ada loh ayah bunda!? Jadi… bagi ayah bunda yang membutuhkan pelayanan aqiqah, sudah bisa ya… untuk menggunakan jasa aqiqah siap saji yang tersedia di Jogja, Sleman, Bantul, jasa aqiqah Godean, hingga Solo.

Apa sih kelebihan menggunakan jasa aqiqah siap saji di banding dengan aqiqah secara mandiri? Tentu yang pertama, tidak repot. Kemudian biaya yang di keluarkan juga bisa disesuaikan dengan kemampuan. Karena dengan menggunakan jasa aqiqah siap saji, ayah bunda hanya membayar harga yang sudah di bukukan dalam paket. Tidak akan ada biaya tambahan, ini, itu dan lain-lain. Jasa aqiqah siap saji juga menyediakan fitur, berupa layanan eksklusif dalam bentuk gift away dan promo menarik. Setelah itu ayah bunda juga terbantu dalam hal pendistribusian. Terutama apabila ayah bunda ingin bagi-bagi paket aqiqah ke ke panti asuhan dan lembaga sosial lainnya. Oh iya!? Jasa aqiqah siap saji juga memberikan layanan pemotongan hewan yang sesuai syariat, serta bisa di wakilkan. Pokoknya beres deh!?

Seputar Hukum Aqiqah

Aqiqah Jogja Murah – Aqiqah adalah salah satu ibadah yang mulia. Selain kedudukannya sebagai sunnah Nabi yang harus kita pelihara dan amalkan, aqiqah juga merupakan gerbang ketaqwaan pertama bagi setiap bayi muslim yang lahir ke dunia.

Rasulullah bersabda,

كُنَّا فِى اْلجَاهِلِيَّةِ اِذَا وُلِدَ ِلاَحَدِنَا غُلاَمٌ ذَبَحَ شَاةً وَ لَطَخَ رَأْسَهُ بِدَمِهَا، فَلَمَّا جَاءَ اللهُ بِاْلاِسْلاَمِ كُنَّا نَذْبَحُ شَاةً وَ نَحْلِقُ رَأْسَهُ وَ نَلْطَخُهُ بزَعْفَرَانٍ. ابو داود

“Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (HR. Abu Dawud)

Hukum asal daripada aqiqah adalah sunnah muakkadah (sangat di tekankan). Sama seperti sholat berjama’ah di mesjid (bagi laki-laki), tidak ada dosa bagi orang yang meninggalkannya. Hanya saja orang-orang yang meremehkannya pasti terjauhkan dari kemuliaan agama. Adapun pelaksanaannya, aqiqah di bebankan kepada kedua orang tua sang bayi. Apabila terdapat udzur syar’i, maka di perbolehkan untuk melaksanakan aqiqah seteleh berlalunya udzur tersebut.  Misal, seseorang belum mampu menunaikan aqiqah anaknya disebabkan kemampuan finansial yang terbatas. Lalu setelah ia mampu, orang itu pun melaksanakannya.

Manfaat yang Diperoleh dari Menunaikan Aqiqah

Aqiqah Sleman – Tidak hanya terbatasnya kemampuan finansial saja yang bisa menghalangi seseorang dari menunaikan aqiqah. Faktor lain juga bisa menjadi penghalang untuk beraqiqah. Salah satunya ialah belum tersampaikannya dakwah. Dari berbagai sisi, tidak hanya aqiqah. Masih banyak masyarakat kita yang belum tersentuh dakwah, terutama terkait pentingnya aqiqah. Sehingga masih banyak orang yang belum memahami, bahwa dengan menunaikan aqiqah, sejatinya mereka telah menyelamatkan keluarganya dari fitnah dan keburukan. Sangat banyak sekali manfaat yang akan di peroleh dengan melangsungkan aqiqah. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan di peroleh dengan menunaikan aqiqah.

Menyelamatkan Bayi dari gangguan Jin

Aqiqah adalah tebusan. Maka, dengan menunaikan aqiqah, para orang tua telah menebus jiwa sang buah hati yang tergadai. Dengan demikian, maka terselamatkanlah ia (anak) dari berbagai macam gangguan yang lazim di alami setiap bayi pada umumnya. Seperti yang kita ketahui, banyak anak diusia kurang dari 1 tahun, sering sekali menangis tanpa sebab yang pasti di malam hari.

Dalam sebuah hadits disebutkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ” Tidak ada seorang bayi pun dari anak Adam yang terlahir kecuali ia pasti mendapatkan tusukan dari setan sehingga bayi itu menangis dan menjerit karenanya, kecuali Maryam dan putranya (Nabi Isa AS).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Golongan Orang yang Berinfaq di Jalan Allah

Jasa Aqiqah Bantul – Dalam ibadah aqiqah terdapat nilai sedekah yang besar. Setelah kambing dan domba aqiqah di sembelih, dagingnya di masak lalu di bagi-bagikan kepada tetangga dan kaum kerabat. Apa yang terjadi? Yang terjadi adalah estafet sedekah!? Ya! Estafet Sedekah. 

Mulai dari tetangga sebelah rumah, sampai kepada rumah kerabat yang jauh keberadaannya pun, belum lagi kepada fakir miskin dan anak-anak yatim/piatu. Bukankah ini sesuatu hal yang sangat luar bisa ayah bunda!!? Masyaallah, orang yang menunaikan aqiqah termasuk ke dalam golongan orang-orang yang berinfaq di jalan Allah.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” [Al-Baqarah/2: 261]

Demikian ayah bunda. Semoga artikel ini bermanfaat, wasalamualaykum warahmatullahi wa barakatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *