Ayah, Sudahkah Anda Memperpanjang Masa Berlaku SIM?

Ayah, Sudahkah Anda Memperpanjang Masa Berlaku SIM?

Perpanjang Masa berlaku SIM – Kendaraan pribadi seakan sudah menjadi kebutuhan primer buat masyarakat Indonesia dalam semua lapisan. Sebagai pemilik kendaraan, kewajiban kita adalah menggunakannya dengan bijak dan rajin membayar pajak tepat waktu. Tidak lupa untuk selalu memperhatikan dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Selain kewajiban terhadap kendaraan dan sikap berkendara, hal yang tidak boleh Ayah dan Bunda abaikan adalah Surat Izin Mengemudi (SIM).

Seperti yang Ayah Bunda ketahui, SIM merupakan lisensi yang menjadi bukti kecakapan kita untuk mengendarai kendaraan bermotor. Hal tersebut juga menjadi tanda bahwa Ayah dan Bunda telah memenuhi persyaratan baik secara administrasi, kesiapan fisik dan mental, hingga pemahaman peraturan lalu lintas.

SIM itu sendiri memiliki masa aktif, sampai waktunya diperpanjang lagi. Di Indonesia sendiri, masa berlaku SIM adalah 5 tahun. Jadi setiap 5 tahun sekali, kita harus mengurus perpanjangan SIM. Kebijakan tersebut bisa berbeda-beda untuk setiap negara. Ada negara diantaranya seperti Amerika, Perancis, hingga Singapura yang tidak memberlakukan perpanjangan SIM. Tapi, ada batas usia bagi penggunanya, berkisar 50-70 tahun tergantung negaranya.

Bagaimana dengan SIM Ayah Bunda? Semoga tidak ada yang masa berlakunya sudah lewat ya. Nah, bagi Ayah dan Bunda yang sebentar lagi SIMnya mati dan hendak memperpanjang, ada baiknya dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo.

Mengapa sebaiknya harus diurus sejak jauh hari?

Hal ini untuk meminimalisir kendala yang bisa menyebabkan terlambatnya proses perpanjangan SIM. Misalnya Ayah dan Bunda berencana untuk memperpanjang H-2 atau H-1, lalu ketika sampai pada waktunya, tiba-tiba ada urusan penting atau kendala mendesak. Mau tidak mau harus menunda pengurusannya. Dan karena waktunya singkat, maka kemungkinan untuk terlambat memperpanjang sangat besar.

Nah waktu ideal untuk melakukan perpanjangan SIM paling tidak 15-30 hari sebelum masa berlaku habis. Beberapa dokumen yang perlu Ayah dan Bunda siapkan adalah:

  • KTP Asli dan Fotocopy
  • SIM asli yang masih aktif atau berlaku dan Fotocopy
  • Surat Keterangan Kesehatan dari Kedokteran atau yang biasa disebut dengan KIR Dokter

Bagi Ayah Bunda yang berada di wilayah Yogyakarta, berikut beberapa tempat yang bisa melayani perpanjangan SIM:

  • Satpas SIM Polresta Yogyakarta
  • Polresta Yogyakarta
  • SIM Corner Jogja City Mall
  • SIM Corner Ramai Mall
  • SAMSAT Corner Galeria Mall

Kemudian, dilansir dari situs jadwalsimkeliling.info, berikut jadwal SIM Keliling Kota Yogyakarta untuk bulan November 2021:

  • Senin & Selasa: di depan Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) atau Jalan Tut Harsono Yogyakarta. Pendaftaran mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB.
  • Rabu: di depan Purawisata, Jalan Katamso Yogyakarta. Pendaftaran mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB.
  • Kamis: di depan Puro Pakualaman. Pendaftaran mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB.
  • Jumat: kembali dilayani di depan Purawisata, Jalan Katamso. Pendaftaran mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB.
  • Sabtu: di depan Pos Polisi Teteg Malioboro Yogyakarta. Pendaftaran mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB.

Demikianla informasi singkat seputar perpanjangan SIM. Ayah dan Bunda bisa mencari waktu senggang selama periode 15-30 sebelum masa berakhir. Atau maksimal seminggu jika memang Ayah dan Bunda memiliki kesibukan.

Sebab terkadang kita terlambat perpanjang bukan karena tidak mau, tetapi karena lupa. Makanya perlu untuk dicek secara berkala, soalnya akan menjadi lebih repot kalau sudah melewati masa berlakunya. Jika terlambat satu hari saja, maka SIM Ayah dan Bunda sudah tidak bisa memperpanjangnya lagi. Artinya Ayah dan Bunda harus membuat SIM baru, yaitu mengajukan penerbitan SIM baru seperti pertama kali. 

Jadi Ayah dan Bunda, udah memperpanjang masa berlaku SIMnya belum?

 

 

___________________________

Bunda, udah tau belum kalo ada jasa aqiqah di Jogja yang praktis dan ekonomis, Aqiqah Al-Kautsar.

Aqiqah Al-Kautsar adalah layanan jasa aqiqah Jogja terbaik sejak 2012 dan sudah dipercaya oleh lebih dari 11.000 sohibul. Nah bagi Bunda yang berdomisili di Jogja dan sudah mulai memasuki masa HPL, Aqiqah Al-Kautsar bisa jadi rekomendasi layanan aqiqah Jogja yang praktis.

Jasa aqiqah Jogja Al-Kautsar menyediakan banyak pilihan menu. Daging kambing aqiqah diolah menjadi berbagai menu lezat, mulai dari masakan nusantara, masakan timur tengah, hingga western. Nah Bunda bisa memilih sesuai dengan selera Bunda dan keluarga.

Untuk pemesanan, Bunda bisa hubungi kami di 089603897933 atau datang langsung ke kantor kami di Jl. Kaliurang Km 4,5 Tawangsari CT II D2, Sleman, DIY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *