4 Hikmah Akikah Luar Biasa yang Jarang Kita Sadari!

4 Hikmah Akikah Luar Biasa yang Jarang Kita Sadari!

Ayah Bunda, akikah merupakan sunnah muakad (sunnah yang sangat dianjurkan). Yup, tidak mengherankan jika mengingat keutamaannya yang begitu besar. Banyak sekali hikmah akikah yang bisa kita petik di sini. Dan sekarang, mari kita gali bersama sebagai sarana penambah ilmu pengetahuan.

1. Akikah Adalah Cara Menghidupkan Sunnah Rasulullah

Aqiqah dicontohkan langsung oleh baginda Rasulullah Muhammad Shallallahu’alaihi wa Sallam. Beliau mencontohkan dan berbicara mengenai aqiqah dengan jelas. Seperti pada sebuah riwayat hadis berikut ini:

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّيكُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تَذْ بَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

“Setiap bayi tergadai dengan akikahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majjah).

Oleh sebab itu, jika Ayah Bunda menunaikan ibadah aqiqah, itu artinya sedang menghidupkan sunnah Baginda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam. Tentu dengan itu, kita berharap akan banyak manfaat dan keberkahan di kemudian hari.

2. Hikmah Akikah adalah Sebagai Bentuk Rasa Syukur Kita

Terkadang, kita harus merenung betapa banyak nikmat yang telah Allah berikan. Mulai dari nikmat kesehatan, nikmat rezeki, nikmat kebahagiaan dan nikmat anak. Betapa banyak orang di luar sana yang sedang beristiqamah untuk mendapatkan anak. Karena itu tidak bisa dipungkiri, anak merupakan anugrah yang sangat besar.

Ayah Bunda, maka sebagai bentuk kesungguhan rasa syukur kita kepada Allah, salah satunya adalah dengan menunaikan ibadah akikah. Sembari itu, mari terus berdoa agar anak-anak kita, putra dan putri, menjadi generasi shalih-shalihah yang selalu berkhidmat dan berada di jalan yang lurus. Maka nikmat mana lagi yang akan kita dustakan? Masyaa Allah…

3. Agar Orangtua Mendapat Syafaat dari Anak

Imam Ahmad bin Hanbal (mazhab Hambali) berijtihad, bahwa si anak yang tidak / belum diakikahi, lalu anak itu meninggal di waktu kecil, maka dia (si anak) tidak bisa memberikan syafa’at bagi kedua orang tuanya. Itulah maksud hadits akikah yang berbunyi ‘Setiap bayi tergadai dengan akikahnya.’

Oleh sebab itu, akikah merupakan ibadah yang penting sebab tidak hanya akan memberi manfaat kepada si anak saja, tetapi juga kepada orangtuanya. Sehingga tidak mengherankan jika Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk menunaikan ibadah ini. Dan akikah juga termasuk sarana syiar islam untuk menandingi tradisi-tradisi agama lainnya.

4. Ukhuwah Islamiyah dan Dakwah Syiar Islam Merupakan Produk Hikmah Akikah

Yang terakhir adalah sebagai dakwah syiar islam, yang sekaligus menguatkan ukhuwah islamiyah. Yup, bayangkan saja, dengan akikah, kita bisa berinteraksi lebih dekat dengan tetangga. Tetangga akan datang membantu kita menyembelih kambing dan memasaknya, dan kita akan mendatangi mereka guna memberi makanan. Tentu dengan itu akan tumbuh rasa persatuan dan tali silaturahmi persaudaraan yang erat di antara umat muslim. Demikianlah Akikah menjadi sarana dakwah syiar islam dan sebagai sarana mempererat ukhuwah islamiyah. insyaa Allah…

Nah Ayah Bunda, itulah 4 hikmah akikah luar biasa yang akan kita dapatkan jika ditunaikan.

Namun jika Ayah Bunda ingin akikah secara praktis, tidak ribet, hemat dan tetap sesuai syariat, yuk langsung saja hubungi Aqiqah AlKautsar.

Atau jika Ayah Bunda ingin mengadakan acara syukuran, prasmanan, arisan, kumpul keluarga atau acara apa saja, segara konsultasikan kepada Catering Alkautsar.

Kami siap melayani sepenuh hati. Kami siap membantu dan mewujudkan keinginan Ayah Bunda sekalian.

Terima Kasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *