Tutorial Senam Hamil di Jogja yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Bunda apa kabar? Semoga sehat selalu ya Bunda. Apa kabar juga si kecil dalam kandungan? Alhamdulillah, semoga Bunda dan seluruh keluarga selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.. aamiin.

Bunda, senam hamil merupakan program yang sangat cocok untuk dan dianjurkan bagi ibu hamil. Karena senam hamil adalah kegiatan olahraga yang akan memperlancar sirkulasi darah, dan juga memperlancar proses persalinan nantinya. Oleh sebab itu para pakar kesehatan akan sangat mengajurkan Bunda untuk melakukan kegiatan senam hamil tersebut.

Bunda, oleh karena besarnya manfaat senam hamil tersebut, maka akhir-akhir ini program senam hamil menjadi marak dan trend. Di Jogja misalnya, senam hamil malah seperti menjadi kewajiban bagi ibu-ibu hamil, terutama di kalangan ibu-ibu muda.

Namun jangan salah, ternyata senam hamil ini juga bisa dilakukan di rumah secara mandiri lho. Caranya tidak susah kok, cukup Bunda melakukan gerakan-gerakan berikut ini:

 

  1.     Gerakan Senam Merangkak

Nah, gerakan seperti namanya, gerakan senam merangkak ini sangat mudah dilakukan di rumah ya Bunda. Sedangkan fungsi gerakan senam merangkak ini adalah untuk mempersiapkan otot-otot tubuh bagian bawah, agar nantinya proses persalinan dapat berjalan lancar dan mudah. Untuk itu, inilah tutorial sederhana dari gerakan senam merangkak:

          Ambil posisi merangkak

          Pastikan posisi punggung terangkat, serta kepala melihat maju ke depan

          Tarik nafas yang dalam disertai gerakan punggung melengkung ke arah dalam

          Lakukan gerakan ini dengan konsisten dan berulang-ulang

 

  1.     Senam dengan Yoga Ball
Baca Juga:  Yuk, Bumil, Belajar Gerakan Senam Hamil Jogja Sederhana

Tutorial gerakan yang kedua adalah dengan menggunakan ball. Nah Bunda, Senam dengan Yoga Ball ini memang sering juga dilakukan oleh para instruktur senam hamil di Jogja. Caranya sebenarnya cukup sederhana ya, yaitu sebagai berikut:

          Bunda siapkan ball, kemudian duduki ball dengan rileks dengan posisi punggung tegap

          Buka kedua kaki hingga selebar pinggul

          Luruskan tangan ke arah depan. Tahan posisi demikian hingga beberapa detik.

          Ulangi gerakan ini beberapa kali ya Bunda.

 

  1.     Senam Hamil Mengangkat Pinggul

Bunda, senam pinggul ini sangat cocok sekali lho untuk melatih otot perut. Yup, dengan gerakan ini, diharapkan otot perut akan mejadi lebih siap ketika nantinya proses persalinan. Tapi sebaiknya gerakan ini dilakukan secara konsisten ya, karena mudah dilakukan:

          Berbaring telentang dan tekuklah kedua lutu Bunda

          Tarik nafas dalam-dalam kemudian kencangkan otot perut dan bokong

          Pada posisi ini pastikan punggung rata dengan lantai / matras ya Bunda

          Lalu angkat pinggul ke atas perlahan-lahan dan tahan selama 5 tarikan nafas

          Turunkan pinggul secara perlahan lalu ulangi gerakan demikian lagi

 

  1.     Senam Hamil dengan Gerakan Duduk Bersila
Baca Juga:  Mengenal Studio Foto Hamil di Jogja yang Sesuai Harapan Bunda

Nah Bunda, senam ini sangat standar dilakukan pada senam hamil di Jogja. Yup, selain gerakannya mudah dilakukan, gerakan ini juga sangat baik untuk mengencangkan otot-otot. Tidak hanya itu, gerakan duduk bersila ini juga dipercaya untuk meredakan stress selama kehamilan lho Bunda. Nah berikut ini gerakannya:

          Duduklah dengan bersila dan tenang

          Pastikan punggung Bunda tegap dan tidak bungkuk

          Tarik kedua tangan ke depan dada

          Tarik dan hembuskan nafas secara berulang

      Lakukan juga gerakan-gerakan sederhana lainnya seperti mengangkat tangan, menggerakkan kepala, atau semisalnya dengan posisi duduk bersila seperti demikian

 

  1.     Senam Jongkok

Seperti namanya, senam jongkok ini adalah senam yang dilakukan dengan posisi jongkok. Fungsinya, dapat memperkuat otot disekitar pinggul dan paha, sehingga berguna untuk memperlancar persalinan. Langkah-langkah Senam Jongkok adalah sebagai berikut:

          Mulai dari posisi beridiri tegak, kemudian turunkan secara perlahan dan pastikan bahwa punggung selalu lurus.

          Setelah posisi jongkok, tahanlah beberapa detik (sekitar 10 detik) sembari bernafas perlahan.

          Jika sudah berdirilah secara perlahan, dan ulangi gerakan tersebut ya Bunda.

 

Nah Bunda, itu dia tips dan tutorial mudah untuk senam hamil, seperti yang dilakukan instruktur senam hamil di Jogja pada umumnya. Jadi Bunda tidak perlu terlalu repot untuk mengeluarkan biaya senam hamil Jogja, karena di rumah saja bisa dilakukan secara mandiri.

Dan yang paling penting, lakukan gerakan tersebut secara konsisten untuk kesehatan dan membantu proses persalinan nanti ya Bunda. Insyaa Allah semuanya akan lancar dan baik-baik saja. Aamiin.

Perlu diingat ya Ayah Bunda, setelah buah hati nantinya lahir, sesuai sunnah Rasulullah Muhammad Sallallahu’alaihi wa Sallam, maka pada hari ke 7 sebaiknya dilakukan aqiqah. Ayah Bunda sebaiknya juga tahu, bahwa ibadah aqiqah adalah salah satu cara untuk membuat buah menjadi bermanfaat dan baik.

Untuk informasi lebih lanjut seputar aqiqah, silakan hubungi Customer Service kami. Biaya konsultasi adalah Free / Gratis.

Terima kasih. Salam hangat. Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

(haras)