Tips Memilih Bidan di Jogja yang Terbaik

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Apa kabar Ayah Bunda dan seluruh keluarga Indonesia. Khususnya di Jogja? Alhamdulillah, semoga selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia semuanya ya. aamiin.

Oh iya, apa kabar juga kandungan Bunda? Wah, bahagia sekali ya pastinya. Semoga Bunda selalu diberikan kesehatan serta kekuatan untuk selalu istiqamah ya. aamiin.

Banyaknya Pilihan Bidan di Jogja

Ayah Bunda, tidak bisa dipungkiri ya, bahwa akhir-akhir profesi bidan sangat digandrungi oleh anak-anak di Indonesia. Yup, karena selain profesi tersebut memang mulia, profesi bidan mempunyai kebanggaan tersendiri. Nah oleh karena itulah, terutama di kota Jogja ini, banyak sekali bidan-bidan yang berkompenten untuk menangani masalah kehamilan Bunda. Maka dari itu di sinilah kami ingin memberikan tips untuk Ayah Bunda soal cara memilih Bidan di Jogja dengan kualitas terbaik.

Pastikan Track Record dan Kredibilitasnya

Tips yang pertama yaitu mencari tahu track record dan kredibilitasnya ya Ayah Bunda. Karena hal ini sangat penting untuk masalah keamanan dan keselematan Bunda dan buah hati di badan. Bunda bisa mencari tahu informasi tentang bidab tersebut lewat teman-teman, tetangga, saudara, atau kepoin langsung sosial medianya. Dan jika didapati track recordnya kurang bagus, maka sebaiknya cari saja bidan yang lain ya.

Nah Ayah Bunda, untuk Bidan di Jogja sendiri sejauh ini Alhamdulillah sudah banyak yang bagus. Para bidan biasanya mau dipanggil untuk keperluan senam ibu hamil, pijat hamil, sampai nantinya untuk pijat bayi, cukur bayi, dan tindik bayi. Bahkan di antara mereka sampai ada yang membuka Klinik Bidan di Jogja secara mandiri lho.

Cocokkan Waktu dan Tempat Praktik Bidan Sesuai Kebutuhan

Tips selanjutnya adalah mencocokkan waktu dan tempat praktik bidan sesuai kebutuhan. Misal saja Ayah Bunda adalah orang kantoran yang sibuk, tentu tidak bisa sembarang bisa menemui bidan guna berkonsultasi masalah kandungan kan? Nah maka dari itu, pilihlah jam praktik bidan yang cocok dengan waktu yang Ayah Bunda miliki ya. Semua itu agar terjadi kesinambungan antara waktu Ayah Bunda dengan Bidan terkait.

Misal saja, Ayah Bunda hanya punya waktu di hari minggu. Maka sebaiknya pilihlah bidan atau Dokter Kandungan di Jogja yang Buka Hari Minggu. Dan jangan khawatir, karena sudah banyak kok Bidan atau Dokter Kandungan di Jogja yang Buka Hari Minggu.

Kemudian selanjutnya, sesuaikan juga ya dengan kebutuhan atau urusan lain. Misalnya saja urusan biaya, jarak dengan rumah, dan yang terpenting adalah ‘pas’ di hati.

Pastikan Bidan Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Ini penting lho Ayah Bunda. Selain mempunyai kapasitas keilmuan tentang kandungan yang baik, seharusnya bidan juga mampu berkomunikasi dengan baik. Yup, karena lewat komunikasi yang baik itulah hubungan kenyamanan akan terjalin. Dan lagi, lewat komunikasi yang baik juga akan muncul sugesti positif untuk Ayah Bunda tentu saja.

Meski telah banyak praktik Bidan di Jogja, namun jika dicermati, yang memiliki skil ini tidak terlalu banyak juga. Jadi, Ayah Bunda silakan pilih-pilih sendiri kira-kira bidan mana yang mempunyai skil komunikasi yang baik ya.

Memiliki Prosedur dan Peralatan Bidan yang Baik

Ayah Bunda, tidak ada yang lebih daripada keselamatan Bunda dan janin buah hati dalam kandungan. Maka dari itu, prosedur yang baik sangat diperlukan untuk menajag keamanan tersebut. Pastikan bidan pilihan bunda memiliki prosedur dan tata cara standar kesehatan untuk menangani kehamilan. Dan Alhamdulillah rata-rata untuk bidan di Jogja sudah mempunyai hal tersebut.

Nah selain itu, yang perlu diperhatikan lagi adalah soal Peralatan bidan yang mumpuni. Peralatan tersebut sangat berpengaruh juga untuk standar keamanan ketika pemeriksaan dan persalinan nanti. Selain faktor keamanan, peralatan lengkap juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya saja Ayah Bunda ingin mencari USG Murah Jogja atau teknologi yang terbaru yaitu USG 4d Jogja, pastikan juga di klinik bidan pilihan Ayah Bunda juga melayaninya ya.

Nah Ayah Bunda demikianlah tips-tips memilih bidan di Jogja yang terbaik dan berkualitas. Namun ingat ya, tidak semua masalah kehamilan bisa ditangani oleh bidan. Ada kalanya pula para bidan akan menyarankan Ayah Bunda untuk rujuk ke dokter kandungan. Jika demikian terjadi, maka demi keselamatan dan kebaikan, sebaiknya Ayah Bunda turuti saja.

Ayah Bunda jangan lupa ya untuk selalu menjaga pola makan sehat, olahraga teratur, senam ibu hamil, dan cek kondisi kehamilan. Dan yang tidak kalah penting, segera aqiqahkan buah hati tercinta pada hari ke 7 setelah kelahirannya ya. Karena hal tersebut merupakan sunnah Rasulullah Muhammad Sallallahu’alaihi wa Sallam.

Pastikan rencanakan Aqiqah di Jogja bersama aqiqah terbaik, yaitu Aqiqah Al-Kautsar. Dapatkan berbagai macam kemudahan dan kepuasan pelayanannya. Ayah Bunda juga dapat konsultasi dahulu seputar aqiqah ya.

Terima Kasih. Salam Hangat. Wassalamu’alaikum warahmatullah Wabarakatuh…

(haras)