Kambing Guling sebagai Menu Utama Daging Aqiqah

Kambing Guling sebagai Menu Utama Daging Aqiqah

Kambing Guling sebagai Menu Utama Daging Aqiqah

 

Kambing Guling sebagai Menu Utama Daging Aqiqah

 Kelahiran seorang anak adalah sebuah karunia yang sangat besar bagi orang tua. Aqiqah sendiri adalah bagian dari pengewajentahan rasa syukur orang tua kepada Allah SWT terhadap kelahiran buah hatinya. Nah, salah satu menu baru saat aqiqah adalah kambing guling.

Kambing guling merupakan menu olahan daging aqiqah yang bisa dikatakan menu baru di setiap hajat pengajian aqiqah.  Jika pada umumnya daqing aqiqah diolah menjadi menu makanan seperti gule, sate atau tengkleng, maka cobalah untuk membuat menu baru satu ini.

Tapi seperti apa itu kambing guling? Seperti apa cara memasak olahan daging aqiqah agar bisa menjadi masakan kambing guling yang enak?

Menu Baru Kambing Guling di Aqiqah Buah Hatimu

Sebenarnya menu kambing guling adalah makanan khas dari negara Timur Tengah yang dibuat dengan cara dipanggang. Kambing guling adalah olahan yang berbeda dari masakan yang lainnya di mana daging kambing tidak dipotong-potong lalu dibakar.

Memasak kambing guling adalah memanggang tubuh daging kambing secara utuh di atas tungku pembakaran. Adapun sejarah kambing guling sendiri diawali dengan adanya penduduk di wilayah Asia Tengah yang mengkonsumsi daging kambing untuk kebutuhan makanan.

Kemudian masakan kambing guling pun mulai diidentiikan dengan perayaan ataupun hari keagamaan khusus di berbagai negara. Salah satunya adalah disajikan saat pengajian aqiqah untuk buah hati Anda.

Tidak mudah memang membuat kambing guling, tapi jika Anda sudah merasakan kelezatannya, maka Andapun pasti akan tergoda. Kambing guling ini sangat khas dengan bumbu rempah-rempahnya.

Hal ini dikarenakan untuk menghilangkan bau prengus yang ada pada tubuh daging kambing. Setelah dilumuri dengan berbagai bumbu rempah-rempah, barulah daging kambing bisa dipanggang.

Baca Juga:  Layanan Aqiqah Jogja Siap Saji

Resep Memasak Kambing Guling

Adapun untuk memasak kambing guling, bahan utama yang diperlukan adalah :

  1. Bawang putih sebanyak 250 gr yang sudah dilembutkan
  2. Ketumbar sebanyak 250 gr yang sudah dilembutkan
  3. Biji pala sebanyak 1 sendok teh yang sudah dilembutkan
  4. Lada bubuk sebanyak 2 sendok makan
  5. Garam sebanyak 3 sendok makan
  6. Kecap inggris 300 ml
  7. Gula merah 275 gr
  8. Kecap manis setengah liter
  9. Minyak goreng 75 ml

Adapun bahan untuk membuat saus adalah :

  1. Bawang merah 250 gr kemudian rajang halus
  2. Kecap manis 250 ml
  3. Tomat ½ kg lalu dipotong kecil kotak
  4. Jeruk limau sebanyak 8 buah
  5. Cabe rawit 200 gr lalu potong panjang
  6. Daun jeruk 20 helai

Kambing Guling sebagai Menu Utama Daging Aqiqah.

 

Cara Membuat Kambing Guling :

  1. Untuk membuat bumbu olesan daging, campurkanlah semua bahan dan bumbu kemudian aduk hingga menjadi satu. Setelah itu masukan wadah dan sisihkan.
  2. Membuat kambing guling, bulu-bulu kambing harus dibersihkan terlebih dahulu,. Lalu potong bagian tubuh kambing yang tidak dibutuhkan dan bersihkan daging kambing dengan air bersih dan mengalir. Setelah daging bersih kemudian bagian tubuh yang akan dipanggang olesi dengan bahan olesan. Diamkan saja terlebih dahulu selama 2 jam agar bumbunya meresap.
  3. Setelah bumbu telah resap, gantungkan tubuh kambing yang telah memakai bumbu dengan bentuk horizontal di atas bara api atau di atas alat panggang dengan jarak sekitar 50 cm.

Nah, setelah kambing guling matang, maka potonglah daging sesuai porsi yang diinginkan. Tapi jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa juga memesan menu kambing guling di beberapa catering aqiqah.

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dengan menu kambing guling dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas.

Baca Juga:  Domba Jantan Tipe Spesial
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *