Aqiqah Muhammad Aufar Ridhoni Sleman

Aqiqah Muhammad Aufar Ridhoni Sleman

aqiqah alkautsar jogja - m aufar ridhoni

 

Alhamdulillah telah terlakasana Aqiqah dari Muhammad Aufar Ridhoni  pada tanggal 22 November 2013. Yang merupakan anak dari Bapak Muhammad Aldo Ridhoni dan ibu Ainun Najmi, Lahir di Sleman pada tanggal 16 November 2013

Barokallohu laka fil-mauhubi wasyakarta Al-Wahib wabalagha asyuddahu wa ruziqta birrohu. U’idzukuma bikalimatillahi at-tammah min kulli syaithonin wa hammah wa min kulli ‘ainin lammah.

“Semoga keberkahan terlimpahkan kepadamu atas kelahiranmu ini, Bertambah Syukurnya kepada Alloh Yang Maha Pemberi Karunia. Bisa melihatnya hingga dewasa, dan dikaruniai kebaikan dan kebaktiannya. Aku memohonkan perlindungan atas keduanya dengan Kalimat-kalimat Alloh yang Sempurna dari godaan syaiton dan binatang buas, serta pandangan mata orang yang dengki”. Aamiin.

 

Hikmah Akikah

Akikah Menurut Syaikh Abdullah nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam sebagaimana dilansir di sebuah situs memiliki beberapa hikmah di antaranya:

  1. Menghidupkan sunah Nabi Muhammad S.A.W dalam meneladani Nabiyyullah Ibrahim alaihissalam tatkala Allah Subhanahu wa Ta’ala menebus putra Ibrahim yang tercinta Ismail alaihissalam.
  2. Dalam akikah ini mengandung unsur perlindungan dari syaitan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadis, yang artinya: “Setiap anak itu tergadai dengan akikahnya.” Sehingga Anak yang telah ditunaikan akikahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan syaithan yang sering mengganggu anak-anak. Hal inilah yang dimaksud oleh Al-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyah “bahwa lepasnya dia dari syaithan tergadai oleh akikahnya”.
  3. Akikah merupakan tebusan hutang anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari perhitungan. Sebagaimana Imam Ahmad mengatakan: “Dia tergadai dari memberikan Syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan akikahnya)”.
  4. Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan lahirnya sang anak.
  5. Akikah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam & bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.
  6. Akikah memperkuat ukhuwah (persaudaraan) di antara masyarakat.
Baca Juga:  Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *