Aqiqah, Hukum dan Harga Kambing Aqiqah

  1. Pengertian Aqiqah

Jika mendengar kata Aqiqah tentu saja terbesit tentang seorang anak bayi yang baru lahir di benak kita. Bagaimana tidak karena pada umumnya anak yang baru lahir tentu akan di aqiqahkan oleh orangtuanya. Tidak memandang apakah berasal dari keluarga miskin, sederhana ataupun berkecukupan. Aqiqah memiliki arti memutus, namun juga ada yang mengartikan bahwa aqiqah ialah sebutan untuk hewan yang disembelih. Hal ini memiliki alasan karena leher hewan tersebut di potong. Selain itu aqiqah juga memiliki arti  rambut si bayi yang baru saja lahir. Makna Aqiqah menurut syariat ialah hewan disembelih sebagai tebusan bayi yang lahirkan ke dunia. Jadi Aqiqah ialah sesuatu sembelihan yang diperuntukan anak yang terlahir di dunia.

  1. Dasar Hukum Aqiqah

Dalam agama islam hukum aqiqah ialah sunnah muakkad yang artinya walaupun orang tua si bayi yang baru lahir berada di dalam kondisi yang kesulitan. Rasulullah saw dan para sahabat juga melakukan aqiqah untuk anak mereka yang baru lahir. Biasanya hewan yang dipersembahkan untuk disembelih ialah domba/kambing. Jumlah hewam aqiqah untuk anak perempuan dan anak laki-laki tentu saja berbeda. Untuk afdhalnya,anak laki-laki mestinya disembelihkan 2 ekor domba/kambing yang umurnya bersamaan dan juga mirip. Sementara aqiqah hewan untuk anak perempuan hanya 1 ekor kambing/domba saja.

Aqiqah Jogja
Aqiqah Jogja

Untuk waktu aqiqahnya sendiri haruslah dilakukan sesegera mungkin atau tidak boleh lama setelah bayi di lahirkan. Namun ada juga yang berpendapat jika orang tua si bayi belum bisa melaksanakan aqiqah untuk anaknya dalam waktu dekat dengan alasan belum mampu untuk aqiqahnya maka boleh dilakukan setelah orang tua si bayi sudah merasa mampu. Akan lebih baik jika pelaksanaan aqiqah tidak di tunda-tunda sehingga kita akan merasa lega jika sudah melaksanakan sunah dari Rasulullah saw yang juga diikuti oleh para sahabatnya karena sekarang ini sudah banyak harga kambing aqiqah yang murah dan terjangkau.

Oleh karena itu bagi orang tua yang baru saja melahirkan bayi kedunia ini, sangat dianjurkan untuk melakukan aqiqah sebagaimana sunah Rasulullah saw dan para sahabat yang telah diperintahkan kepada kita sebagai umat muslim.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *