3 Tips Mudah Mengajarkan Anak Berbusana Islami

3 Tips Mudah Mengajarkan Anak Berbusana Islami

Busana Anak Islami

 

Memakai busana merupakan sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan untuk manusia. Baik sejak dari kecil, remaja, dewasa bahkan saat meninggal. Manusia memakai busana. Ada banyak pilihan busana saat ini. Busana yang  di pakai haruslah sesuai dengan bentuk aktivitasnya. Seperti busana saat kerja, pakaian kantor, hingga baju tidur. Sebagai muslim yang baik, penting bagi kita untuk memakai busana yang sejalan dengan aturan dari Nya.

Sebagai orang tua, penting untuk mengajarkan anak memakai busana Islami. Karena orangtua lah yang bertanggung jawab atas keimanan dan keislaman anak-anak mereka. Maka akan lebih baik jika anak-anak mulai diajarkan untuk memakai busana Islami sejak dini, terutama busana Islami saat diluar rumah. Busana Islami untuk anak tidak hanya bagus dan trendi, tentu jauh lebih baik jika busana anak diluar rumah mengandung pesan kebaikan. Tentu ayah bunda tidak ingin kan jika anak memakai pakaian yang mengajak pada pacaran misalnya? Nah, untuk itu semoga tips mengajarkan anak berbusana Islami ini bisa bermanfaat untuk Ayah Bunda.

  1. Teladan Busana Dari Ayah Bunda

Menurut kami, inilah hal yang perlu ditekankan saat kita sebagai orang tua ingin mengajari anak berbusana islami. Sebelum memberikan nasihat hingga berbusa busa pada anak. Kita terlebih dahulu memberikan contoh yang nyata. Lagi pula, Allah tidak suka hamba Nya yang mengatakan sesuatu tetapi tidak melakukannya sendiri (Silahkan tadabburi Surat As Shaff). Teladan dari orang tua bisa membuat anak lebih percaya diri dalam memakai busana muslim karena merasa mendapatkan dukungan dan support dari orang tua.

     2. Pembiasaan Sejak Dini

Sebisa mungkin sebagai orangtua membiasakan anak memakai pakaian yang syar’i sejak dini. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman sejak dari kecil. Banyak kendala terjadi saat sudah dewasa dan baru mulai memakai busana muslim (terutama untuk wanita). Dengan sejak dari kecil berbusana islami, anak juga tidak akan canggung ketika sudah remaja.

  1. Memberikan Pemahaman
Baca Juga:  Contoh Kartu Ucapan Tasyakuran Kelahiran Anak dan Aqiqah

Memang benar, anak-anak yang masih kecil, balita misalnya, tidak akan paham disampaikan mengenai hukum berbusana Islami. Namun kami meyakini, dengan disampaikan terus menerus mengenai hukum berbusana Islami, kemuliaan memakainya, serta sering diajak diskusi kondisi sekitar yang tidak sesuai islam cara berbusananya secara terus menerus, tetap akan membekas pada anak. Yang pada gilirannya akan mempermudah anak menerima penjelasan saat anak sudah mulai bisa membedakan baik dan buruk.

 

Busana-Muslim-Anak-Perempuan-7-8-Tahun

Itulah 3 hal mudah yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk mengajari anak berbusana muslim. Jangan lupa mendoakan selalu buah hati kita agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Semoga bermanfaat.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *